Header Ads

Pilih Kopi Atau Teh


Sama-sama mengandung kafein, minuman kopi dan teh merupakan minuman sehari hari kita. Jenis minuman ini juga memiliki banyak manfaat yang di perlukan oleh tubuh, namun minuman berkafein juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebih. Entah mitos atau fakta misalkan saja seseorang setelah minum kopi kepala terasa pening, pusing ataupun perasaan gelisah sehingga susah tidur. Namun sebagian orang pecandu kopi, konsumsi minum kopi sudah menjadi rutinitas. Bahkan minum kopi hampir mirip aktifitas ritual yang harus dilakukan, jika mereka tidak meminumnya diwaktu tertentu, misalnya pagi hari mereka tidak meminum kopi bisa jadi kurang bersemangat masih ngantuk dan kurang berstamina untuk menjalankan aktifitas.

Keasyikan minum teh juga tak kalah dengan meminum kopi, berbagai jenis teh dan cara penyajian dapat kita dapatkan dipasaran. Teh memiliki sejumlah kandungan didalamnya yaitu kafein dan antioksidan, kandungan tersebut baik untuk kesehatan. Tumbuhan teh dan tradisi minum teh memiliki sejarah yang sangat panjang selama ribuan tahun silam, tradisi dan ditemukannya minum teh berawal dari negri China (Dinasti Shang).

Menurut beberapa cerita teh ditemukan secara tidak sengaja pada tahun 2737 sebelum masehi, (sedikit dongeng ya) dahulu kala hiduplah seorang raja dari China yang pada masanya melakukan perjalanan naik gunung turuni lembah dan hutan. Pada suatu ketika si Raja itu merasa lelah dan berhenti untuk beristirahat untuk merebus air yang akan diminumnya, pada saat itulah berhebus angin yang tanpa sengaja menjatuhkan dedaunan. Diantara daun yang jatuh masuklah ke dalam panci rebusan air yang  mendidih sang raja itu, namun sang raja tidak membuangnya malah justru ikut menyedunya. Singkat cerita sang raja mengetahui rasa dan khasiatnya sangat kaget, menganggap teh merupakan minuman seduhan dari langit. Akhirnya sampai dengan saat ini teh menjadi tradisi minum yang sangat di jaga kelangsungannya, bahkan dibeberapa negara seperti Jepang memiliki cara khusus dalam penyajian teh atau yang dikenal sebagai "Chanoyu". 


Minuman kopi maupun teh memiliki cara penyajian beraneka ragam, jika kita singgah di kafe aneka macam penyajian dengan racikan yang sedap pun sangat mudah kita temukan. Di Indonesia mungkin untuk minuman teh dalam penyajiannya belum pernah saya menemukan cara yang amat sakral seperti chanoyu. Mungkin karena pengaruh budaya dan iklim juga, cuaca di Indonesia tergolong panas oleh karena itu kebanyakan bahkan saya sendiripun jika makan siang di luar tidak jauh jauh minuman yang saya order adalah Ës Teh dan ini nikmat sekali.

Dalam waktu tertentu kadang kala kopi menjadi teman yang pas dalam beraktifitas, karena memiliki rasa dan aroma yang khas. Tetapi teh juga tetap menjadi teman setia yang tidak bisa dilepas.
Bagi saya Kopi dan Teh adalah teman sejati, tinggal pilih kopi atau teh ya.
Bagaimana dengan Anda mana yang lebih mantap Kopi atau Teh ?

No comments

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu