Skip to main content

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Halo halo apa kabar semua selamat datang kembali di angintropis.com, hari ini saya akan shear tentang ungkapan simple bahasa Jepang yang bisa digunakan pada saat perpisahaan. Biasanya pada saat perpisahan kita ditunjuk untuk menyampaikan  kesan dan pesan ketika berada di tempat kerja tentang kondisi pengalaman kehidupan di sana. 

                                                               

Tentu saja kondisi masing masing pengalaman berbeda, untuk kali ini saya menggunakan kalimat yang biasa dan mungkin pas untuk digunakan untuk para pekerja, trainee di Jepang yang ingin kembali ke tanah air.

Beda lagi jika ucapannya seperti berpidato sehingga memerlukan kalimat dan kosa kata yang banyak, namun ungkapan perpisahan dibawah ini hanya sekedar contoh simple saja, Anda semua tentu saja bisa menambahkan atau memodifikasi untuk menyesuaikan jika diperlukan.

Berikut ungkapan kalimat dalam bahasa Jepang pada saat perpisahaan;

Versi Hiragana, Kanji ;

みんなさん、1年間同僚として一緒に仕事ができたこと、嬉しく思います。初めて日本来た時に心配でした、自分自身は色んなことをわからなくて大丈夫かなとずっと考えています。しかし職場でみんなさんが教えてくれたり注意をして頂きましたので安心しました。この一年間で日本の方との文通をとおして日本人の考え方や習慣などを学びました、まだまだこれからたくさん学びたいことを頑張り続きたいと思います。日本語もまだまだ分からないですけれどみんなさんの優しさで教えて頂きました感謝申し上げます。みんなさんお世話になっております、一年間本当にありがとうございました。

Versi Romaji ;

Min'na-san ichi nenkan doryo to shite issho ni shigoto ga dekita koto, ureshiku omoimasu. Hajimete Nihon kita toki ni shinpaideshita, jibun jishin wa iron'na koto o wakaranakute daijobukana to zutto kangaeteimasu. Shikasi shokuba de min'na san ga oshiete kuretari cuhi o shite itadakimashitanode anshin shimashita. kono ichi-nenkan de Nihon no kata to no buntsu o toshite nihonjin no kangaekata ya shukan nado o manabimashita, mada mada korekara takusan manabitai koto o ganbari tsuzukitai to omoimasu. Nihon go mo mada mada wakaranai desu keredo min'na san no yasashisa de oshiete itadakimashita kansha moshi agemasu. Min'na san osewani natte orimasu, ichinenkan hontoni arigatogozaimsu.

Bahasa Indonesianya;

Semuanya, saya senang sekali dapat kerja bersama sebagai rekan selama satu tahun. Pada saat pertama kali datang di Jepang saya merasa khawatir, saya selalu berfikir apakah saya tidak apa-apa karena masih banyak hal yang belum saya ketahui. Namun ditempat kerja ini, saya merasa lega karena semua orang membantu mengajari dan memperhatikan saya. Selama setahun terakhir saya telah mempelajari cara berfikir dan belajar tentang (kebiasaan) adat istiadat Jepang melalui komunikasi dengan orang Jepang. Saya berfikir masih banyak hal yang belum saya mengerti, mulai saat ini juga saya akan terus semangat belajar.  Bahasa Jepang pun masih belum saya mengerti, tetapi saya sangat berterima kasih kepada semuanya atas kebaikan yang telah mengajari saya. Semuanya terima kasih atas bantuan dan dukungannya. Sungguh dalam satu tahun ini saya sangat berterima kasih.
---------------------------------------------------------------

Ungkapan di atas hanya sekedar referensi, dan tentu saja Anda bisa kembangkan lagi. Nahh,  Anda pasti memiliki pengalaman yang jauh lebih bagus lagi, bagi pengalamanya. Semoga bermanfaat.

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Download SK Tiga Menteri Tentang Perubahan Cuti Bersama Dan Libur Nasional 2020

Berkaitan dengan penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau yang sering di sebut Covid-19 dengan jumlah kasus dan jumlah meninggal yang masih terus meningkat dan meluas di wilayah Indonesia, pemerintah telah menerapkan berbagai antisipasi diantaranya telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Hal tersebut dilakukan untuk percepatan penanganan corona virus, disamping itu pula pemerintah telah mengupayakan penerapan pedoman bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam  melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020. Oleh karena itu perlu dilakukannya pergeseran cuti bersama yang sebelumnya telah di terbitkan. Melihat dari penerapan peraturan seperti peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan KEPRES Nomor.11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat  Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), yang menyatakan bahwa Covid-19 merupakan jenis penyakit ya

Daftar Isi