Skip to main content

Tips Mencegah Kebakaran Pada Kendaraan


Musim panas seperti saat ini perlu menjadi perhatian khusus bagi pengendara agar tetap waspada mencegah terjadinya kebakaran pada kendaraan.

Amit-amit jangan sampai terjadi musibah seperti itu guys, oleh karena itu kita perlu antisipasi.


Kita tidak tau secara persis faktor apa saja  penyebab kebakaran yang terjadi pada kendaraan, apakah dari dalam kendaraan/komponen kelistrikan kendaraan atau dampak dari cuaca ekstrim diluar seperti saat ini.

Langsung saja 

Damkar Kota Yogyakarta dalam lamannya memberikan beberapa tips untuk mencegah terjadinya kebakaran pada kendaraan.


Tips-tips tersebut diantaranya;

1. Memastikan mobil diservis secara rutin oleh mekanik profesional, jika pemilik kendaraan menemui kebocoran atau mobil tidak berfungsi dengan baik, segera cek mobilnya.


Mobil yang terawat dengan baik akan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami kebakaran.


2.  Jika kendaraan mengangkut bensin atau bahan bakar dan sejenisnya, hanya bawa dalam jumlah kecil dan dalam wadah tertutup rapat, dan buka jendela untuk ventilasi.


Selain itu, wadah bahan bakar atau siliner propana tidak seharusnya dibawa dalam kursi penumpang.


3. Hindari memarkir mobil di atas bahan yang mudah terbakar seperti rumput kering, persentuhan dengan knalpot dapat menimbulkan api.


4. Kemudikan mobil secara aman seperti jangan merokok saat berkendara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


5. Perhatikan tanda-tanda bahaya yang muncul pada mobil seperti kabel yang rusak atau terkelupas dan lepas, kebocoran oli, bahan bakar, atau cairan, termasuk sekering yang sering mati.

Tambahan tips pribadi

1. Sedia handuk/kain tebal

 
    Untuk mengantisipasi api yang lebih besar handuk yang dibasahi bisa digunakan untuk menutupi/memadamkan percikan api kecil.

2. Sedia APAR Ringan

   APAR portable bisa juga di bawa pada saat anda ingin melakukan perjalanan menggunakan mobil, sekarang sudah banyak APAR portable dijual secara onloine dengan harga yang cukup terjangkau.


Agar lebih aman silahkan simpan nomor darurat 
Berikut ini nomor nomor Damkar yang ada di wilayah DIY :

Damkar Kota Yogyakarta

0274 587101 / 0274 2922848 

(WA 08112828113)

Damkar Bantul

0274 6462100

Damkar Sleman

0274 868351

Damkar UGM

0274 6491234

Damkar Kulon Progo

0274 775113

Damkar Gunungkidul

0274 391113

Damkar DI.Yogyakarta siap siaga 24 jam dan pelayanan geratis.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; ใ‚คใ‚นใƒฉใƒ ๆ•™ใฏไธ€ๆ—ฅใซไบ”ๅ›žใŠ็ฅˆใ‚Šใ—ใพใ™  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   ๆ—ฅๆœฌไบบใฏ้ญšใ‚’้ฃŸในใ‚‹ใฎใŒๅฅฝใใงใ™ [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         ็งใฏใ‚ใชใŸใซใŠไผšใ„ใงใใฆๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™ [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             ็งใฏใƒ“ใƒผใƒซใฏ้ฃฒใฟใพใ›ใ‚“ใŒ、ใ‚ธใƒฅใƒผใ‚นใ‚’้ฃฒใฟใพใ™ [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Halo halo apa kabar semua selamat datang kembali di angintropis.com, hari ini saya akan shear tentang ungkapan simple bahasa Jepang yang bisa digunakan pada saat perpisahaan. Biasanya pada saat perpisahan kita ditunjuk untuk menyampaikan  kesan dan pesan ketika berada di tempat kerja tentang kondisi pengalaman kehidupan di sana.                                                                  Tentu saja kondisi masing masing pengalaman berbeda, untuk kali ini saya menggunakan kalimat yang biasa dan mungkin pas untuk digunakan untuk para pekerja, trainee di Jepang yang ingin kembali ke tanah air. Beda lagi jika ucapannya seperti berpidato sehingga memerlukan kalimat dan kosa kata yang banyak, namun ungkapan perpisahan dibawah ini hanya sekedar contoh simple saja, Anda semua tentu saja bisa menambahkan atau memodifikasi untuk menyesuaikan jika diperlukan. Berikut ungkapan kalimat dalam bahasa Jepang pada saat perpisahaan; Versi Hiragana, Kanji ; ใฟใ‚“ใชใ•ใ‚“、๏ผ‘ๅนด้–“ๅŒๅƒšใจใ—ใฆไธ€็ท’ใซไป•ไบ‹ใŒใงใใŸใ“ใจ、ๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™。ๅˆใ‚ใฆๆ—ฅๆœฌๆฅใŸ

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : ็—‡็Šถใ‚’ไผใˆใ‚‹:ใ—ใ‚‡ใ†ใ˜ใ‚‡ใ†ใ‚’ใคใŸใˆใ‚‹ : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : ็—…้™ขใง   :ใณใ‚‡ใ†ใ„ใ‚“ใง      : Biyouin de Pemeran Percakapan ใƒชใƒŠ : Rina (Nama Orang) ๅ—ไป˜ : Uketsuke : Resepsionis ๅŒป่€… : Isha         : Dokter {็—…้™ขใฎ็ช“ๅฃใง}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       ไผš่ฉฑ: Kaiwa  :Percakapan ใƒชใƒŠ :ใŠ้ก˜ใ„ใ—ใพใ™ : Onegaishimasu : Tolong ๅ—ไป˜ :ๅˆ่จบใงใ™ใ‹  : Shoshindesuka : Periksakah? ใƒชใƒŠ