Header Ads

Rajio Taiso

          
                                                 
 Sudah saatnya kita harus benar-benar menyadari tentang pentingnya berolahraga, agar tubuh tetap bugar dan sehat. Akan tetapi dengan aktifitas sehari hari yang padat terkadang membuat kita lupa bahkan sengaja tidak berolahraga, jika hal ini terjadi terus menerus di keseharian kita maka tentu saja ini tidak baik dampaknya bagi kelangsungan kesehatan tubuh. Sebenarnya tidak membutuhkan waktu ber jam jam untuk olahraga sehingga kita bisa mendapatkan kualitas tubuh yang sehat dan bugar, mungkin kita bisa atur menyisihkan waktu 30 menit atau 1 jam seminggu sekali, tiga kali.
  Kali ini saya sedikit berbagi tentang pengalaman bekerja di Jepang, di salah satu perusahaan tempat saya bekerja memberikan pengalaman tersendiri tentang betapa pentingnya memelihara kesehatan bersama dengan melakukan senam singkat. Sebelum jam kerja dimulai kami meluangkan waktu kurang lebih 15 menit untuk melakukan senam atau yang di sebut "TAISO" mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ini,,yah hampir sama seperti senam kalau di tempat kita. Mengulas tentang taiso atau juga sering disebut dengan "Rajio Taisoラジオ体操 " adalah senam pemanasan populer di Jepang yang biasanya diiringi dengan alunan  musik/kaset radio.
  Rajio taiso mulai di perkenalkan sejak tahun1928 yang di kreasikan oleh sistem asuransi pos kampo dengan bantuan para ahli untuk memperingati penobatan kaisar Hirohito yang bergelar kaisar Showa. Saat ini rajio taiso masih sangat popular dan terus di praktekkan baik di sekolah sekolah maupun dalam kehidupan sehari hari.
          
 Taiso seperti di atas biasanya di lakukan pagi hari, berbagai penelitian atau berdasarkan Federasi Senam Radio Nasional jepang, olahraga di pagi hari memiliki  efek untuk membangunkan system tubuh, melancarakan urat saraf dan peredaran darah di dalam tubuh. Tentu saja selain badan kita terasa segar tubuh kita tentunya tidak akan kaget untuk menjalankan aktifitas selanjutnya, menurut saya melakukan hal ini sangat rekomendasi agar kita memiliki kualitas hidup sehat.
 Pelaksanaan taiso sangat populer setelah perang dunia 2, taiso sendiri memiliki banyak manfaat selain dari segi kesehatan dengan melakukan olahraga ringan ini, taiso merupakan alat komunikasi baik di sekolah maupun rekan kerja jika dilakukan di tempat kerja selain itu sebagai sarana untuk mempererat hubungan yang harmonis, saling mengenal antar sesama di tempat tinggal. Untuk itu senam seperti ini sangatlah bagus menurut saya segudang manfaat dapat kita peroleh, dengan berolahraga tubuh kita akan tetap terjaga, tidak mudah sakit dan menurut penelitan juga membuat kita panjang umur. 
           
Setelah membaca artikel ini bagaimana menutut Anda, sepertinya kita harus menyisakan waktu untuk memulainya. 体操しようよ。。。Taisoshiyoyo..Ayo senam!
Semoga bermanfaat dan sehat selalu buat Anda semua.
Referencipic.NHK http://www.town.kawai.nara.jp

No comments

#Mari berkomentar berbagi ilmu dan bersilaturahmi