Skip to main content

Rajio Taiso

          
                                                 
 Sudah saatnya kita harus benar-benar menyadari tentang pentingnya berolahraga, agar tubuh tetap bugar dan sehat. Akan tetapi dengan aktifitas sehari hari yang padat terkadang membuat kita lupa bahkan sengaja tidak berolahraga, jika hal ini terjadi terus menerus di keseharian kita maka tentu saja ini tidak baik dampaknya bagi kelangsungan kesehatan tubuh. Sebenarnya tidak membutuhkan waktu ber jam jam untuk olahraga sehingga kita bisa mendapatkan kualitas tubuh yang sehat dan bugar, mungkin kita bisa atur menyisihkan waktu 30 menit atau 1 jam seminggu sekali, tiga kali.
  Kali ini saya sedikit berbagi tentang pengalaman bekerja di Jepang, di salah satu perusahaan tempat saya bekerja memberikan pengalaman tersendiri tentang betapa pentingnya memelihara kesehatan bersama dengan melakukan senam singkat. Sebelum jam kerja dimulai kami meluangkan waktu kurang lebih 15 menit untuk melakukan senam atau yang di sebut "TAISO" mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ini,,yah hampir sama seperti senam kalau di tempat kita. Mengulas tentang taiso atau juga sering disebut dengan "Rajio Taisoラジオ体操 " adalah senam pemanasan populer di Jepang yang biasanya diiringi dengan alunan  musik/kaset radio.
  Rajio taiso mulai di perkenalkan sejak tahun1928 yang di kreasikan oleh sistem asuransi pos kampo dengan bantuan para ahli untuk memperingati penobatan kaisar Hirohito yang bergelar kaisar Showa. Saat ini rajio taiso masih sangat popular dan terus di praktekkan baik di sekolah sekolah maupun dalam kehidupan sehari hari.
          
 Taiso seperti di atas biasanya di lakukan pagi hari, berbagai penelitian atau berdasarkan Federasi Senam Radio Nasional jepang, olahraga di pagi hari memiliki  efek untuk membangunkan system tubuh, melancarakan urat saraf dan peredaran darah di dalam tubuh. Tentu saja selain badan kita terasa segar tubuh kita tentunya tidak akan kaget untuk menjalankan aktifitas selanjutnya, menurut saya melakukan hal ini sangat rekomendasi agar kita memiliki kualitas hidup sehat.
 Pelaksanaan taiso sangat populer setelah perang dunia 2, taiso sendiri memiliki banyak manfaat selain dari segi kesehatan dengan melakukan olahraga ringan ini, taiso merupakan alat komunikasi baik di sekolah maupun rekan kerja jika dilakukan di tempat kerja selain itu sebagai sarana untuk mempererat hubungan yang harmonis, saling mengenal antar sesama di tempat tinggal. Untuk itu senam seperti ini sangatlah bagus menurut saya segudang manfaat dapat kita peroleh, dengan berolahraga tubuh kita akan tetap terjaga, tidak mudah sakit dan menurut penelitan juga membuat kita panjang umur. 
           
Setelah membaca artikel ini bagaimana menutut Anda, sepertinya kita harus menyisakan waktu untuk memulainya. 体操しようよ。。。Taisoshiyoyo..Ayo senam!
Semoga bermanfaat dan sehat selalu buat Anda semua.
Referencipic.NHK http://www.town.kawai.nara.jp

Comments

Post a Comment

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi