Header Ads

Bunga Desember


   Ada yang kenal dengan nama bunga satu ini? Bunga ini cukup menarik indah dan terlihat sangat mempesona dengan warna merah merekahnya, di Indonesia bunga ini di sebut Bunga Desember. Kenapa ya bunga ini dinamakan bunga desember, tak lain karena bunga ini sebagai penanda perubahan musim yang dimana memasuki iklim musim penghujan diantara bulan Desember. Pada bulan Desember itulah biasanya bunga ini akan sering kita jumpai di daerah pegunungan, bunga desember merupakan jenis tanaman berumbi yang setelah tumbuh berupa daun maka tak lama lagi berselang akan tumbuh bunga berwarna merah indah dengan jaringan kecil berkesinambungan yang tampak membentuk bulat. 

    Image:memeflorist.com
   Tanaman bunga ini juga di sebut sebagai Scadocus atau dalam bahasa Inggris juga di sebut sebagai bunga "Blood Liliy". Tanaman ini sesungguhnya berasal dari Afrika dan Arab dalam keluarga Amarillis subfamili Amaryllidoideae dan masih ada kedekatan dengan jenis Haemanthus. Tanaman species scadocus di tanam sebagai tanaman hias untuk bunga-bunganya yang memiliki warna cerah. Berbagai bentuk media penanaman dapat digunakan untuk membudidayakan/merawat jenis tanaman bunga desember diantaranya seperti ditanam dalam pot, polibag, maupun di tanam di tanah bebas. Beberapa dari jenis tanaman ini juga dapat di gunakan dalam berbagai macam pengobatan tradisional, namun juga harus waspada karena beberapa mengandung alkaloid (kandungan beracun).
   Bunga desember mempunyai beberapa jenis dan warna, untuk spesies bulat pada umumnya memiliki rimpang yang berbeda dengan spesies yang non bulat tangkai daun tumpang tindih  memiliki warna ungu dan menghasilkan tangkai palsu, ada pula yang berbunga tanpa daun. Seperti dikutip wikipedia, genus ini diberi nama pada tahun 1838 oleh seorang ahli biologi dari Eropa bernama Constantine Samuel Rafinesque, Constantine menyebut bunga ini dengan sebutan "Umb.Glor" yang berarti [Umbella Gloriosa, Umbell Yang Mulia ]. Doxus yang berarti "kemuliaan"atau "kemegahan" {dalam bahasa Yunani}. Sedangkan dalam scadocus awalan sca mungkin berasal dari kata Skia (Yunani) yang berarti "Bayangan". Sciadon adalah persamaan (Yunani) dari umbella (latin) yang berarti "Payung", yang di gunakan semacam persamaan pada kepala bunga yang menyerupai semacam payung.

    Nordal dan Duncan (seorang professor botani Norwegia) mengeksplorasi hubungan antara delapan spesies dalam analisis pada tahun 1984 berdasarkan fitur morfologi (Scadoxus Longiflorus). Pembagian utama adalah antara kelompok yang tidak memiliki umbi, hanya rimpang, dan satu yang memiliki bohlam, biasanya dengan rimpang juga.
Hanya Rimpang : Scadoxus Cyrtanthiflorus
                             Scadoxus Nutans
                             Scadoxus Pseudocaulus
                             Scadoxus Cinnabarinus
Bohlam              : Scadoxus Multiflorus
                             Scadoxus Poleevansii
                             Scadoxus Puniceus
                             Scadoxus Membranaceus
  Bunga desember di Indonesia merupakan tumbuhan bunga yang mudah di tanam, dapat di tanam di dataran tinggi maupun rendah dengan suhu panas maupun dingin bunga ini dapat tumbuh secara optimal hingga berbunga dengan sempurna. Pada umumnya bunga desember ini tidak mengeluarkan bau harum namun keindahaan dengan warna merah yang kontras, bunga ini sangat memikat bagi yang melihatnya. Seperti disebutkan tadi bunga ini akan mudah ditemui pada saat awal memasuki musim hujan (bulan Desember), akan tetapi akhir akhir ini berbagai informasi menyampaikan bahwa karena pemanasan global yang berpengaruh pada iklim tidak menentunya perkiraan jatuhnya musim penghujan, maka bunga ini terkadang tumbuh bersemi sebelum maupun sesudah bulan Desember. 
  Untuk mencegah dari kepunahan maka melalui artikel ini saya merekomendasikan bunga desember ini untuk kita tanam sebagai tanaman hias. Cara penanamannya pun sangat mudah dapat kita tanam menggunakan pot untuk di letakkan diinterior rumah/kantor, sudut teras maupun ditanam bebas dikebun. 

Bagi Anda yang berminat untuk menanam bunga desember kami menyediakan bibitnya cukup dengan harga 1 pcs Rp. 15.000 (isi 3 biji) dan untuk area JABODETABEK bebas Ongkir di setiap pembelian 2 pcs.
Untuk pemesanan Anda dapat menghubungi Ibu Sari melalui telp/WA di 0821-1157-4383 

No comments

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu