Mudik ngak nih ?

Setelah setahun lebih  Covid-19 meneror kita semua, semakin hari dampaknya semakin sangat terasa, tidak hanya dalam perekonomian melainkan dalam cara kita beraktivitas sehari-hari. Sudah terasa jenuh juga mungkin dengan kondisi ini tapi harus bagaimana lagi. Ditambah beberapa kebijakan untuk menekan pertumbuhan virus ini, kembali di perayaan hari lebaran tahun 2021 pemerintah melarang kita untuk mudik. Dampaknya pro dan kontra yang luar biasa dalam masyarakat. Dokumentasi pribadi Larangan ini sangat terasa untuk para perantau seperti saya yang masih punya kampung halaman, bisa jadi bukan hanya kita yang menginginkan kita untuk pulang tetapi keluarga di kampung sana pasti banyak orang tua, keluarga dan kerabat menunggu untuk kita pulang kampung. Sebenarnya tujuan pemerintah ada benarnya juga, demi keselamatan kita bersama dan keluarga, cuman mungkin ini memiliki dampak yang cukup serius juga untuk masyarakat ditanah rantau maupun keluarga didesa yang benar benar ingin bertemu keluarga.

Waspada, Ini Prediksi Puncak Musim Hujan Tahun 2021 Menurut BMKG

Di Indonesia memasuki awal tahun ini hujan sudah mulai sering terjadi, perlu persiapan juga untuk jaga-jaga agar aktivitas sehari hari bisa berjalan dengan lancar. Meskipun kita rasa sudah terbiasa dengan musim hujan jika tidak siap kadang kita dibikin repot juga dengan kehadiran musim hujan di Indonesia yang tergolong memiliki intensitas tinggi.

Musim di Indonesia tidak banyak jika dibandingkan dengan negara lain, karena terletak di daerah tropis, maka Indonesia hanya dibagi menjadi dua musim saja yakni ; musim hujan dan musim kemarau.
Sedangkan di beberapa negara lain (non tropis) dalam satu tahun memiliki empat musim yaitu; musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika menyampaikan beberapa prediksi dalam beberapa bulan kedepan, sebagian besar daerah di Indonesia akan memasuki puncak musim hujan di 2021 pada bulan Januari, Februari. Curah hujan tinggi akan melanda sebagian besar di beberapa wilayah dalam rentang waktu tersebut.

Prakiraan Hujan Januari 2021



Prakiraan Hujan Februari 2021

                              

Prakiraan Hujan Maret 2021

                                  

Hujan merupakan anugrah dalam kehidupan kita,  namun tentunya kita tetap perlu waspada dari dampak musim hujan dengan curah yang tinggi tersebut. Apalagi masyarakat yang hidup diperkotaan dengan  mobilitasnya sangat padat, banjir, hujan tiba-tiba saat dalam perjalanan kalau tidak hati-hati tentunya bisa mengancam keselamatan.

Tetap waspada sebelum bepergian saat musim hujan sedia payung, dan tetap memperhatikan ancaman di sekitar dari dampak musim hujan seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang bisa saja datang tiba tiba. 

Comments

ABOUT