Mudik ngak nih ?

Setelah setahun lebih  Covid-19 meneror kita semua, semakin hari dampaknya semakin sangat terasa, tidak hanya dalam perekonomian melainkan dalam cara kita beraktivitas sehari-hari. Sudah terasa jenuh juga mungkin dengan kondisi ini tapi harus bagaimana lagi. Ditambah beberapa kebijakan untuk menekan pertumbuhan virus ini, kembali di perayaan hari lebaran tahun 2021 pemerintah melarang kita untuk mudik. Dampaknya pro dan kontra yang luar biasa dalam masyarakat. Dokumentasi pribadi Larangan ini sangat terasa untuk para perantau seperti saya yang masih punya kampung halaman, bisa jadi bukan hanya kita yang menginginkan kita untuk pulang tetapi keluarga di kampung sana pasti banyak orang tua, keluarga dan kerabat menunggu untuk kita pulang kampung. Sebenarnya tujuan pemerintah ada benarnya juga, demi keselamatan kita bersama dan keluarga, cuman mungkin ini memiliki dampak yang cukup serius juga untuk masyarakat ditanah rantau maupun keluarga didesa yang benar benar ingin bertemu keluarga.

3R ; Reduce, Reuse, Recycle

Permasalahan lingkungan yang diakibatkan pembuangan sampah dan pengelolaan yang kurang tepat hingga saat ini masih menjadi permasalahan di Indonesia. Pengaruh dari dampak limbah sampah terhadap lingkungan sudah menjadi sorotan dalam maupun luar negeri, bahwa kenyataanya kondisi tata kelola sampah di negara kita memang bermasalah.

Sampah bisa kita temukaan diberbagai sudut, meskipun saat ini masing-masing pemerintah kota tengah berusaha memperbaiki berbagai sarana agar pembuangan sampah lebih baik. Namun tidak sedikit kita jumpai beberapa sarana seperti tempat sampah tidak terawat, rusak atau dalam penggunaanya tidak sesuai.

Tidak bisa dianggap sepele bahwa dari dampak negatif pembuangan sampah yang sembarangan akan merusak lingkungan dan kelangsungan hidup bersama. Timbulnya berbagai penyakit, banjir dan lain sebagainya tentunya akan menjadi ancaman serius dilingkungan, apakah kita sudah benar-benar menyadari bahwa kita hidup di tempat yang sama yaitu "Bumi" dimana perlu menjaga bersama-sama agar tetap lestari dan tidak rusak gara gara kecerobohan dan menyepelekan tentang sampah. 

Sudah menjadi keharusan menjaga lingkungan agar bebas dari sampah berceceran untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan nyaman. Hal itu kita lakukan demi kelangsungan hidup yang lebih baik dalam jangka panjang untuk generasi dan anak cucu kita kedepan agar memiliki alam yang bersih dan sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Tidak ada habisnya jika saat ini saling tunjuk menyalahkan, mari bersama sama kita memulai dari hal yang kecil dalam menyikapi sampah agar lingkungan kita perlahan menjadi lebih baik. Setidaknya akan mengurangi dampak banjir yang lebih parah, bau tidak sedap disudut jalan maupun ancaman berbagai penyakit.

Dengan contoh simple berusaha sebisa mungkin menerapkan tidak nyampah disembarang tempat, karena lingkungan bersih impian bagi setiap orang, kecuali tikus. Selain itu kita juga bisa mencoba menerapkan 3R ; Reduce (mengurangi pemakaian); Reuse (menggunakan kembali),dan Recycle (Mendaur Ulang).

Mari kita gunakan budi pekerti kita, kedua tangan kita untuk bersama sama menyikapi sampah dengan bijak sehingga dijauhkan dari malapetaka, dan bencana. 

Salam sehat.

Artikel Terkait

Comments

ABOUT