3R ; Reduce, Reuse, Recycle

angintropis.com
By -
0

Permasalahan lingkungan yang diakibatkan pembuangan sampah dan pengelolaan yang kurang tepat hingga saat ini masih menjadi permasalahan di Indonesia. Pengaruh dari dampak limbah sampah terhadap lingkungan sudah menjadi sorotan dalam maupun luar negeri, bahwa kenyataanya kondisi tata kelola sampah di negara kita memang bermasalah.

Sampah bisa kita temukaan diberbagai sudut, meskipun saat ini masing-masing pemerintah kota tengah berusaha memperbaiki berbagai sarana agar pembuangan sampah lebih baik. Namun tidak sedikit kita jumpai beberapa sarana seperti tempat sampah tidak terawat, rusak atau dalam penggunaanya tidak sesuai.

Tidak bisa dianggap sepele bahwa dari dampak negatif pembuangan sampah yang sembarangan akan merusak lingkungan dan kelangsungan hidup bersama. Timbulnya berbagai penyakit, banjir dan lain sebagainya tentunya akan menjadi ancaman serius dilingkungan, apakah kita sudah benar-benar menyadari bahwa kita hidup di tempat yang sama yaitu "Bumi" dimana perlu menjaga bersama-sama agar tetap lestari dan tidak rusak gara gara kecerobohan dan menyepelekan tentang sampah. 

Sudah menjadi keharusan menjaga lingkungan agar bebas dari sampah berceceran untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan nyaman. Hal itu kita lakukan demi kelangsungan hidup yang lebih baik dalam jangka panjang untuk generasi dan anak cucu kita kedepan agar memiliki alam yang bersih dan sehat sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Tidak ada habisnya jika saat ini saling tunjuk menyalahkan, mari bersama sama kita memulai dari hal yang kecil dalam menyikapi sampah agar lingkungan kita perlahan menjadi lebih baik. Setidaknya akan mengurangi dampak banjir yang lebih parah, bau tidak sedap disudut jalan maupun ancaman berbagai penyakit.

Dengan contoh simple berusaha sebisa mungkin menerapkan tidak nyampah disembarang tempat, karena lingkungan bersih impian bagi setiap orang, kecuali tikus. Selain itu kita juga bisa mencoba menerapkan 3R ; Reduce (mengurangi pemakaian); Reuse (menggunakan kembali),dan Recycle (Mendaur Ulang).

Mari kita gunakan budi pekerti kita, kedua tangan kita untuk bersama sama menyikapi sampah dengan bijak sehingga dijauhkan dari malapetaka, dan bencana. 

Salam sehat.

Artikel Terkait

Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!