Akhirnya Dapat Kalender Jadul Full Nama - Nama Bulan Kalender Islam


Kalender Islam adalah kalender Hijriah merupakan kalender sebagai penentuan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah dan hari-hari penting umat islam. Kenapa dinamakan kalender Hijriah ? Karena pada tahun pertama kalender terjadi peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makah ke Madinah, yaitu pada tahun 622 Masehi.

Di negara berpenduduk mayoritas agama Islam, kalender Hijriah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya untuk menentukan berbagai penanggalan. Sedangkan kalender biasa (Kalender Masehi) menggunakan peredaran matahari.

Penetapan kalender hijriah dilakukan pada masa Khalifah bin Khatab, yang menetapkan peristiwa Hijrahnya Rasullullah SAW dari Makah ke Madinah. Kalender Islam (Hijriah) ini juga terdiri dari 12 bulan, dengan jumlah hari berkisar 29-30 hari. 

Berikut ini nama-nama bulan dalam kalender Hijriah yang terdiri dari 12 bulan;

1. Muharam                                Lama hari  30

2. Safar                                                            29

3. Rabiul awal                                                 30

4. Rabiul akhir / Rabiúts tsany                     29

5. Jumadil awal                                              30

6. Jumadil akhir / Jumadits tsany               29

7. Rajab                                                          29

8. Syakban                                                     30

9. Ramadan                                                   30

10. Syawal                                                      29

11. Zulkaidah                                                30

12. Zulhijah                                                   29/30

Dan perlu di ketahui bahwa penetapan 12 bulan diatas sesuai dengan firman Allah Subhana Wataála dalam Al-Quran Surat At-Taubah (9);36 yang artinya adalah sebagai berikut ;

" Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah diwaktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta oran-orang yang betaqwa.

Para ahli tafsir berpendapat empat bulan haram itu yang dimaksud merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, dimana pada empat bulan itu dialarang untuk berperang. Keempat bulan tersebut ialah : Muharram, Zulkaidah, Zulhijah dan Rajab.  

Lengkap dengan nama nama hari dalam kalender Hijriah

Kalender Hijriah terdiri dari 7 hari, permulaan sebuah hari diawali dengan terbenamnya matahari (tibanya waktu Maghrib), berbeda dengan kalender Masehi yang mengawali harinya pada saat tengah malam. Berikut adalah nama-nama hari dalam Hijriah;

Minggu      = al-Ahad              artinya : Pertama      

Senin         = al-Itsnain                           Kedua

Selasa        = ats-Tsulatsa                       Ketiga

Rabu          = al-Arbiá                            Keempat

Kamis        = al-Khami's                        Kelima

Jumat         = aj-Jumuáh                       Perkumpulan

Sabtu         = as-Sabt                              Istirahat

Sebelumnya orang Arab pra- Kerasulan Rasulullah SAW telah menggunakan bulan bulan dalam kalender hijriah ini, hanya saja mereka tidak menetapkan ini tahun berapa, tetapi tahun apa. 

Misalnya saja kita mengetahui bahwa kelahiran Rasulullah SAW adalah pada tahun gajah. Abu Musa Al-Asyári sebagai salah satu gubernur pada zaman Khalifah Umar r.a menulis surat kepada Amirul Mukminin. Dalam surat tersebut berisi menanyakan surat-surat dari khalifah yang tidak ada tahunnya, hanya tanggal dan bulan saja, sehingga membingungkan.

Khalifah Umar lalu mengumpulkan beberapa sohabat senior waktu itu untuk melakukan musyawarah, mereka adalah; Utsman bin Affan r.a, Ali bin Abi Thalib r.a, Abdurrahman bin Auf r.a, Sa'ad bin Abi Waqqas r.a, Zubair bin Awwam r.a, dan Thalhah bin Ubaidillah r.a. 

Mereka bermusyawarah terkait kalender Islam, ada yang mengusulkan berdasarkan milad Nabi Muhammad SAW dan ada juga yang mengusulkan berdasarkan pengangkatan nabi Muhammad SAW sebagai rasul Allah SWT. Dan yang diterima adalah usul dari Ali bin Abi Thalib r.a yaitu berdasarkan momentum hijrah Rasulullah SAW dari Makkah ke (Yatstrib) Madinah, yang pada akhirnya semua setuju dengan usulan Ali r.a.

Sedangkan nama-nama bulan dalam kalender hijriah ini diambil dari nama-nama bulan yang sudah ada dan berlaku pada masa itu di wilayah arab.

Semoga bermanfaat, terima kasih.


Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    ReplyDelete

Post a Comment

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

ABOUT