Skip to main content

Tanggal Perayaan Hari Besar di Jepang

                                                                 
Hari libur besar dalam setahun menurut kalender Jepang yang di sahkan dalam undang-undang negara Jepang cukup banyak, belum lagi jika ada libur pergantian musim. Bagi yang ingin melakukan kunjungan ke negeri matahari terbit mungkin artikel ini dapat menjadi acuan menentukan agenda perjalanan, supaya setelah sampai di Jepang bisa menikmati dengan melihat secara langsung perayaan hari besar tersebut. Dalam mengisi hari besar tersebut beberapa ivent festival perayaan atau yang sering di sebut [Matsuri] diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai wilayah Jepang.
Berikut tanggal perayaan hari besar di Jepang;
TanggalNama hari libur dalam Bahasa IndonesiaNama hari libur dalam Bahasa JepangKeterangan dan tradisi yang terkait
1 JanuariTahun Baru元日 (Ganjitsu)Di hari-hari awal tahun baru terdapat tradisi melakukan hatsumode (kunjungan pertama ke kuil).
Senin minggu ke-2 bulan JanuariHari Kedewasaan成人の日 (Seijin no hiComing of Age DayUpacara bernama Seijin shiki diadakan di seluruh Jepang untuk menyambut pendudukyang mencapai usia 20 tahun.
11 FebruariHari Pembentukan Negara建国記念の日 (Kenkoku kinen no hiNational Foundation DayHari untuk memperingati penobatan Kaisar Jepang yang pertama.
20 atau 21 MaretHari Ekuinoks Musim Semi春分の日 (Shunbun no hiVernal Equinox DayHari untuk melakukan ziarah ke makam.
29 AprilHari Shōwa昭和の日 (Shōwa no hi)Hari libur untuk memperingati ulang tahun Kaisar Shōwa menurut keputusan Parlemen Jepang tertanggal 13 Mei 2005.
3 MeiHari Peringatan Konstitusi憲法記念日 (Kenpo kinenbi)Hari mulai berlakunya Konstitusi Jepang.
4 MeiHari Hijauみどりの日 (Midori no hiGreenery DayHari libur untuk mencintai tumbuhan dan berterima kasih atas hasil alam.
5 MeiHari Anak-anakこどもの日 (Kodomo no hi)Hari kesehatan dan kesejahteraan anak-anak, dan sering disebut Hari Anak Laki-laki.
Senin minggu ke-3 bulan JuliHari Laut海の日 (Umi no hi)Hari berterima kasih pada lautan dan samudra.
Senin minggu ke-3 bulan SeptemberHari Penghormatan Orang Lanjut Usia敬老の日 (Keirō no hiRespect for the Aged DayHari memperhatikan kesejahteraan orang lanjut usia.
23 SeptemberHari Ekuinoks Musim Gugur秋分の日 (Shūbun no hiAutumnal Equinox DayHari untuk melakukan ziarah ke makam.
Senin minggu ke-2 bulan OktoberHari Olahraga dan Kesehatan体育の日 (Taiiku no hi)Hari libur untuk memperingati hari pembukaan Olimpiade Tokyo 1964.
3 NovemberHari Kebudayaan文化の日 (Bunka no hi)Dulunya merupakan hari libur untuk memperingati hari ulang tahun Kaisar Meiji, tetapi kemudian dijadikan hari libur untuk mempromosikan kebudayaan Jepang.
23 NovemberHari Berterimakasih pada Pekerja/Buruh勤労感謝の日 (Kinro kansha no hiLabor Thanksgiving DayHari libur untuk menghormati kaum buruh dan merayakan hasil produksi.
23 DesemberHari Ulang Tahun Kaisar天皇誕生日 (Tennō tanjōbi)Hari libur untuk merayakan ulang tahun Kaisar Jepang yang sekarang.

Untuk lebih terperinci bisa mengunjungi di sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Jepang
Semoga artikel ini membantu, terima kasih sudah berkunjung di angintropis.

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

ZuttoRide Indonesia #For All Riders

ZuttoRide Indonesia merupakan perusahaan Jepang yang berpusat di Nagoya, Jepang bergerak di bidang pelayanan konsultasi untuk sepeda motor, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 bertujuan untuk memberikan pelayanan nomer 1 bagi pengendara yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Seperti dengan motonya "For All Riders" PT ZuttoRide Indonesia memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengendara sepeda motor yang telah masuk ke dalam keikutsertaan [member].

      ZuttoRide  membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai merek sepeda motor dan dealer. Selain di Indonesia ZuttoRide juga hadir di Vietnam untuk membuat dan menyediakan layanan keanggotaan kepada seluruh pengendara. Melalui berbagai program layanan yang di sediakan, produsen dan delaer memungkinkan untuk meningkatkan citra merek masing-masing merek sepeda motor. Di Indonesia sendiri  pengendara sepeda motor yang telah dalam keikutsertaan/member dapat menerima pelayanaan selama 24 jam di bebe…

Hanko atau juga disebut Inkan "Cap Stempel Ala Jepang"

Kali ini saya akan berbagi kembali tentang budaya Jepang, bagaimana orang Jepang menggunakan stempel sebagai alat pengganti tanda tangan, ya orang Jepang jika melakukan tanda tangan biasanya mereka akan lebih sering menggunakan HANKO atau bisa di sebut juga dengan INKAN. Apa itu hanko? Hanko adalah stempel pribadi yang berfungsi sebagai alat pengganti tanda tangan dalam pengesahan berbagai dokumen. Hangko digunakan untuk menyetempel berbagai bukti pengakuan legalitas dokumen, contohnya seperti dokumen pribadi, dokumen kantor, kontrak perjanjian, hasil karya seni, surat nikah, dan lain sebagainya. Meskipun beberapa tetap menggunakan tanda tangan huruf kanji, tetapi penggunaan hanko juga sering di gunakan oleh orang Jepang. 


Secara historis hanko/stempel khas Jepang ini sudah di gunakan untuk mengidentifikasi individu/orang yang terlibat dalam pemerintahan dan perdagangan dari zaman kuno. Dahulu kala para petinggi jepang seperti kaisar, shogun, samurai, masing-masing memiliki segel/ste…

Daftar Isi