Yuk ! Mengenal Asal Usul Hari Pelanggan 4 September

Hari pelanggan nasional atau sering disebut Harpelnas adalah hari peringatan untuk mengapresiasi pembeli yang diperingati setiap tanggal 4 November.  Awal mula munculnya hari peringatan ini ternyata di cetuskan oleh seorang pengusaha yang berasal dari kota Solo, Jawa Tengah. Pengusaha tersebut adalah bernama Bapak Handi Irawan. Handi Irawan merupakan pemilik Frontier Consulting Group salah satu perusahaan yang bergerak di bidang riset dan marketing yang telah didirikan sejak tahun 1997. Pada tahun 2003, ketika masa pemerintahan Ibu Megawati Soekarnoputri bapak Handi Irawan memiliki Ide untuk dicetuskan adanya Hari Pelanggan Nasional. Idenya tersebut kemudian diajukan kepada Ibu Presiden Megawati Soekarnoputri, alhasil ternyata gagasan Pak Handi Irawan tersebut disambut dengan baik sehingga bisa di terima oleh pemerintah pada saat itu. Setelah sah diresmikan bahwa tanggal 4 November sebagai hari pelanggan nasional, Harpelnas pun disambut antusias oleh berbagai pihak baik dari perusahaan

Tanggal Perayaan Hari Besar di Jepang

                                                                 
Hari libur besar dalam setahun menurut kalender Jepang yang di sahkan dalam undang-undang negara Jepang cukup banyak, belum lagi jika ada libur pergantian musim. Bagi yang ingin melakukan kunjungan ke negeri matahari terbit mungkin artikel ini dapat menjadi acuan menentukan agenda perjalanan, supaya setelah sampai di Jepang bisa menikmati dengan melihat secara langsung perayaan hari besar tersebut. Dalam mengisi hari besar tersebut beberapa ivent festival perayaan atau yang sering di sebut [Matsuri] diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai wilayah Jepang.
Berikut tanggal perayaan hari besar di Jepang;
TanggalNama hari libur dalam Bahasa IndonesiaNama hari libur dalam Bahasa JepangKeterangan dan tradisi yang terkait
1 JanuariTahun Baru元日 (Ganjitsu)Di hari-hari awal tahun baru terdapat tradisi melakukan hatsumode (kunjungan pertama ke kuil).
Senin minggu ke-2 bulan JanuariHari Kedewasaan成人の日 (Seijin no hiComing of Age DayUpacara bernama Seijin shiki diadakan di seluruh Jepang untuk menyambut pendudukyang mencapai usia 20 tahun.
11 FebruariHari Pembentukan Negara建国記念の日 (Kenkoku kinen no hiNational Foundation DayHari untuk memperingati penobatan Kaisar Jepang yang pertama.
20 atau 21 MaretHari Ekuinoks Musim Semi春分の日 (Shunbun no hiVernal Equinox DayHari untuk melakukan ziarah ke makam.
29 AprilHari Shōwa昭和の日 (Shōwa no hi)Hari libur untuk memperingati ulang tahun Kaisar Shōwa menurut keputusan Parlemen Jepang tertanggal 13 Mei 2005.
3 MeiHari Peringatan Konstitusi憲法記念日 (Kenpo kinenbi)Hari mulai berlakunya Konstitusi Jepang.
4 MeiHari Hijauみどりの日 (Midori no hiGreenery DayHari libur untuk mencintai tumbuhan dan berterima kasih atas hasil alam.
5 MeiHari Anak-anakこどもの日 (Kodomo no hi)Hari kesehatan dan kesejahteraan anak-anak, dan sering disebut Hari Anak Laki-laki.
Senin minggu ke-3 bulan JuliHari Laut海の日 (Umi no hi)Hari berterima kasih pada lautan dan samudra.
Senin minggu ke-3 bulan SeptemberHari Penghormatan Orang Lanjut Usia敬老の日 (Keirō no hiRespect for the Aged DayHari memperhatikan kesejahteraan orang lanjut usia.
23 SeptemberHari Ekuinoks Musim Gugur秋分の日 (Shūbun no hiAutumnal Equinox DayHari untuk melakukan ziarah ke makam.
Senin minggu ke-2 bulan OktoberHari Olahraga dan Kesehatan体育の日 (Taiiku no hi)Hari libur untuk memperingati hari pembukaan Olimpiade Tokyo 1964.
3 NovemberHari Kebudayaan文化の日 (Bunka no hi)Dulunya merupakan hari libur untuk memperingati hari ulang tahun Kaisar Meiji, tetapi kemudian dijadikan hari libur untuk mempromosikan kebudayaan Jepang.
23 NovemberHari Berterimakasih pada Pekerja/Buruh勤労感謝の日 (Kinro kansha no hiLabor Thanksgiving DayHari libur untuk menghormati kaum buruh dan merayakan hasil produksi.
23 DesemberHari Ulang Tahun Kaisar天皇誕生日 (Tennō tanjōbi)Hari libur untuk merayakan ulang tahun Kaisar Jepang yang sekarang.

Untuk lebih terperinci bisa mengunjungi di sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Jepang
Semoga artikel ini membantu, terima kasih sudah berkunjung di angintropis.

Comments

ABOUT