Header Ads

Dongkrak stamina tubuh dengan Sayur khas Jepang ini

                                                               
Ingin hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur-mayur ala Jepang, mungkin tidak harus terbang ke Jepang dulu ya, karena sayuran Jepang sudah banyak di budidayakan oleh petani Indonesia. saat ini kita dapat dengan mudah mendapatkannya hampir di setiap mall, pasar maupun mini market yang telah menyediakan aneka macam sayuran tersebut.
   Selain rasanya enak, sayur khas Jepang memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Anda yang pernah berkunjung maupun tinggal di Jepang, mungkin disana ibarat surga bagi yang suka mengkonsumsi sayuran fresh dengan kualitas tidak di ragukan lagi, dengan rasa yang benar-benar terjaga. Tentunya proses penanaman dan perawatan yang mengutamakan hasil yang maksimal, petani Jepang sangat berhati hati dalam penggunaan pestisida untuk bercocok tanam. Oleh karena itu tak heran jika produk sayuran/hasil pertanian di Jepang jauh lebih berkualitas dan mahal jika dibandingkan barang impor dari beberapa negara tetangga. Bagi Anda yang sedang menjaga pola makan dengan memperbanyak konsumsi sayuran mungkin sayuran di bawah ini dapat menjadi referensi menu hari ini. Berikut saya rekomendasikan beberapa sayur mayur khas jepang yang sudah banyak di budidayakan oleh petani lokal kita, antara lain sebagai berikut:

1. Horenso

                                                    

       Horenso adalah sayuran yang dimakan daunnya dari golongan Genus Spanicia atau dalam bahasa inggris di sebut spinach. Jika dimasak struktur daun nya lembut seperti bayam, akan tetapi bukan        bayam [Amaranthus] yang pada umumnya. Di Jepang horenso biasa di masak dengan berbagai            cara dan penyajian nya bisa di sup, rebus dan lain lain. 

2. Daikon

                                                           
       Daikon atau di tempat kita di sebut lobak merupakan sayuran yang selalu di konsumsi orang Jepang. Lobak adalah tumbuhan yang masuk dalam famili cruciferare. Tanaman ini berasal dari Tiongkok, banyak sekali manfaat yang terdapat di lobak diantaranya memperkuat system jaringan metabolise pada tubuh, karena di perkaya dengan berbagai zat dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

3. Wasabi

                                                                   
       Wasabi adalah tanaman asli dari Jepang dari kubis-kubisan [wasabia japonica/eutrema japonica atau dalam bahaa inggris japanese horseradish], wasabi menyerupai wortel akan tetapi berwarna hijau. Penyajian wasabi biasa di haluskan/di parut sebagai penyedap makanan seperti sushi, sashimi, soba , ochazuke dan lain-lain. Rasanya yang khas tajam menyengat hingga ke rongga hidung tetapi bukan pedas. Wasabi sering di gunakan sebagai teman untuk menyantap ikan mentah karena kandungannya di percaya mampu menghambat pertumbuhan bakteri, namun tidak hanya itu pula berbagai kandungan positif dapat di temukan di wasabi.

4. Shiitake

                                                               
       Shitake adalah lentinula edodes atau jamur hioko, shiitake secara harafiah berarti jamur yang tumbuh dari pohon shii {castanopsis cuspidata}, karena batangnya yang lapuk biasanya untuk tumbuh hidup shiitake. Shiitake tidak hanya di sayur akan tetapi juga dapat di jadikan tempura, karena mengandung berbagai manfaat baik  untuk kesehatan tubuh, jamur yang berasal dari Asia timur ini sudah menyebar di berbagai penjuru dunia.

5. Myoga
                                                         

   Myoga adalah Japanese ginger golongan tanaman rumputan species Zingiber famili Zingiberaceae. tanaman ini di konsumsi kuncup bunganya biasanya di iris tipis maupun di parut. Di Indonesia sendiri cukup di kenal dengan sebutan bunga kecombrang

6. Syoga
                                                                  

                                                                     
    Syoga adalah Jahe (Zingiber officinale) tanaman jenis temu-temuan zingiberaceae yang sudah tidak asing lagi di tempat kita, namun agak sedikit ada perbedaan dengan jahe yang berada di Indonesia. Jika di bedakan struktur jahe Jepang halus dan tidak begitu banyak serat sedangkan jika jahe lokal sedikit berserat akan tetapi memiliki rasa yang khas. Di jepang sangat populer penyajian dengan di parut diletakkan di atas tofu (tahu jepang) lalu hidangkan dalam keadaan mentah dan dingin, masih banyak lagi cara penyajian misalya dengan di iris tipis setelah itu di letakkan di atas gyudon (semangkuk nasi dan daging sapi khas Jepang).

7. Edamame
                

   Edamame adalah kedelai yang disajikan masih dalam polongnya pengolahannya cukup di kukus atau di rebus tidak terlalu lama. memasak edamame seperti ini tidak akan merusak kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya, biasanya penyajian ala Jepang di sajikan sebagai pembuka makanan utama atau  sebagai cemilan di saat acara minum teh/sake.

8. Gobo

                                                                           
   Gobo adalah sjenis sayur dari akar tanaman burdock (Acrtium Lappa), bentuknya panjang kulitnya agak kecoklatan seperti singkong. Dijadikan sayur dengan penyajian di tumis, sup, tempura dan sebagainya.

10. Chingensai
                                              

   Chingensai adalah sawi putih cina (Brasica Rappa) biasa di masak onabe, syabu syabu.

Bagaimana dengan referensi sayur sehat diatas, menurut anda mana yang anda sukai? saatnya kepasar dan belanja sayur sekarang juga.
Karena berbagai kandungan positif yang terdapat di sayur cukup banyak, pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran setiap hari sangat diperlukan oleh tubuh, secara garis besar selain sumber serat, sayuran merupakan sumber vitamin, mineral dan sebagai antibodi untuk melawan sel-sel jahat yang akan merusak tubuh kita. Sehingga hal ini membuat sistem metabolisme akan tetap berjalan dengan baik, oleh karena itu konsumsi sayuran perlu kita perhatikan.
Demikian semoga bermanfaat,  salam sehat selalu.