Skip to main content

Akhir Pekan, Luangkan Waktu Untuk Mencoba MRT Jakarta


Jika Anda memiliki waktu luang di akhir pekan saya merekomendasikan untuk mencoba traveling muter-muter Jakarta dengan kereta MRT yang baru saja di resmikan. Persisnya dari Bundaran HI hingga Lebak Bulus.

Pengalaman hari terakhir pemberlakuan tarif geratis masih diberlakukan Minggu 31 Maret 2019 yang lalu . Setelah mencoba ada kesan bangga juga, karena negara kita sudah memiliki kereta bawah tanah meskipun baru permulaan tapi ini sebuah langkah menuju era baru.

PT. Mass Rapid Transit Jakarta atau yang di singkat dengan PT MRT Jakarta telah berdiri sejak 17 Juni 2008, berbadan hukum Perseroan Terbatas sahamnya mayoritas dimiliki PEMPROV DKI Jakarta  hingga 99,98% PD Pasar Jaya 0,02%.

MRT Jakarta, singkatan dari Moda Raya Terpadu atau angkutan cepat terpadu Jakarta adalah sebuah sistem transportasi transit cepat menggunakan kereta rel listrik di Jakarta.

Menurut sejarah pembangunan MRT sebenarnya sudah dirintis sejak tahun 1985, namun saat itu belum dinyatakan sebagai proyek nasional. Ketika menginjak tahun 2005 Presiden Republik Indonesia pada masa itu menegaskan bahwa MRT Jakarta merupakan proyek nasional.

Darisitulah pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Jakarta menggerakkan  untuk mewujudkan, yang kelanjutannya dalam pendanaan pemerintah Jepang bersedia memberikan dana pinjaman.

Meski tergolong masih belum maksimal, dimasa depan saya kira alat transportasi ini akan terus berkembang, sehingga bisa jadi seperti di Tokyo yang seluruh kotanya terintegrasi dengan berbagai macam jenis kereta. Ini sebuah mimpi  besar rakyat Indonesia.

Dari usia selama masa terbentuk dan perencanaan mega proyek ini tentu saja membutuhkan perjuangan yang cukup panjang sehingga saat ini kita dapat merasakan manfaatnya.

Pada tanggal 28 November 2006 dilakukan penandatanganan persetujuan pembiayaan proyek MRT Jakarta yang dilakukan oleh Gubernur Japan Bank For International Coorporation (JBIC) yaitu Mr. Kyosuke Shinozawa dan duta besar Indonesia untuk Jepang yaitu Bp,Yusuf Anwar.

JBIC kemudian melakukan merger dengan Japan International Coorporation Agency (JICA). JICA bertindak sebagai tim penilai dari JBIC selaku pemberi pinjaman.

Sesuai rencana yang dibuat JICA dan MRT Jakarta , desain teknis dan pengadaan lahan dilakukan pada tahun 2008-2009, tender kontruksi dan tender peralatan elektrik serta mekanik pada tahun 2009-2010. Kemudian pekerjaan konstruk mulai dilakukan pada 2010-2014.

Uji coba operasional rencananya akan dilakukan pada 2014 namun hal itu tidak terpenuhi. desain proyek dilakukan mulai pada tahun 2008-2009, sedangkan tahap konstruksi mulai dilakukan pada tahun 2013 dan direncanakan selesai pada tahun 2018.

Proyek MRT Jakarta dimulai dengan  pembangunan jalur fase 1 sepanjang kurang lebih 16 kilometer dari terminal lebak bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia yang memiliki 13 stasiun berikut satu depo.

Pembangunan jalur MRT Fase 1 ini akan menjadi awal sejarah pengembangan jaringan terpadu dari system MRT yang merupakan bagian dari system transportasi masal DKI Jakarta masa depan.
Sedangkan pembangunan selanjutnya meneruskan jalur Sudirman menuju Ancol yang disebut sebagai jalur Utara-Selatan serta pengembangan jalur Timur-Barat.


Pemeliharaan, Tanggung jawab Dan Fungsi
  1. Tahap Engineering service, PT MRT Jakarta bertanggung jawab terhadap proses prakualifikasi dan pelelangan kontraktor.

  2. Tahap Konstruksi, PT MRT Jakarta sebagai atribusi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menandatangani kontrak dengan kontraktor pelaksana konstruksi, dan konsultan yang membantu proses pelelangan kontraktor, serta konsultan management dan operasional.

  3. Dalam tahap operasi pemeliharaan, PT MRT Jakarta bertanggung jawab terhadap pengoperasian dan perawatan, termasuk memastikan agar tercapainya jumlah penumpang yang cukup untuk memberikan pendapatan yang layak bagi perusahaan.
Bagi Anda yang belum mencoba naik kereta baru seperti video diatas,  selama bulan April 2019 MRT Jakarta memberikan  potongan hingga 50%  ayo coba MRT..

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; ใ‚คใ‚นใƒฉใƒ ๆ•™ใฏไธ€ๆ—ฅใซไบ”ๅ›žใŠ็ฅˆใ‚Šใ—ใพใ™  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   ๆ—ฅๆœฌไบบใฏ้ญšใ‚’้ฃŸในใ‚‹ใฎใŒๅฅฝใใงใ™ [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         ็งใฏใ‚ใชใŸใซใŠไผšใ„ใงใใฆๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™ [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             ็งใฏใƒ“ใƒผใƒซใฏ้ฃฒใฟใพใ›ใ‚“ใŒ、ใ‚ธใƒฅใƒผใ‚นใ‚’้ฃฒใฟใพใ™ [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Halo halo apa kabar semua selamat datang kembali di angintropis.com, hari ini saya akan shear tentang ungkapan simple bahasa Jepang yang bisa digunakan pada saat perpisahaan. Biasanya pada saat perpisahan kita ditunjuk untuk menyampaikan  kesan dan pesan ketika berada di tempat kerja tentang kondisi pengalaman kehidupan di sana.                                                                  Tentu saja kondisi masing masing pengalaman berbeda, untuk kali ini saya menggunakan kalimat yang biasa dan mungkin pas untuk digunakan untuk para pekerja, trainee di Jepang yang ingin kembali ke tanah air. Beda lagi jika ucapannya seperti berpidato sehingga memerlukan kalimat dan kosa kata yang banyak, namun ungkapan perpisahan dibawah ini hanya sekedar contoh simple saja, Anda semua tentu saja bisa menambahkan atau memodifikasi untuk menyesuaikan jika diperlukan. Berikut ungkapan kalimat dalam bahasa Jepang pada saat perpisahaan; Versi Hiragana, Kanji ; ใฟใ‚“ใชใ•ใ‚“、๏ผ‘ๅนด้–“ๅŒๅƒšใจใ—ใฆไธ€็ท’ใซไป•ไบ‹ใŒใงใใŸใ“ใจ、ๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™。ๅˆใ‚ใฆๆ—ฅๆœฌๆฅใŸ

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : ็—‡็Šถใ‚’ไผใˆใ‚‹:ใ—ใ‚‡ใ†ใ˜ใ‚‡ใ†ใ‚’ใคใŸใˆใ‚‹ : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : ็—…้™ขใง   :ใณใ‚‡ใ†ใ„ใ‚“ใง      : Biyouin de Pemeran Percakapan ใƒชใƒŠ : Rina (Nama Orang) ๅ—ไป˜ : Uketsuke : Resepsionis ๅŒป่€… : Isha         : Dokter {็—…้™ขใฎ็ช“ๅฃใง}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       ไผš่ฉฑ: Kaiwa  :Percakapan ใƒชใƒŠ :ใŠ้ก˜ใ„ใ—ใพใ™ : Onegaishimasu : Tolong ๅ—ไป˜ :ๅˆ่จบใงใ™ใ‹  : Shoshindesuka : Periksakah? ใƒชใƒŠ