Ancaman Serius Penggunaan Gadget Berlebihan Pada Anak

angintropis.com
By -
2
Kehadiran gadget dimasyarakat dewasa ini perlu disikapi oleh orang tua guna mencegah dampak negatif pada anak. Telepon genggam atau hand phone (HP) yang dulunya hanya sekedar untuk menelphone dan SMS, di era sekarang ini hand phone telah berubah fungsi bukan hanya menelphone dan berkirim pesan singkat lagi, melainkan sudah menjadi barang yang multi fungsi. Dengan perubahan fungsi pada hand phone atau biasa masyarakat menyebutnya dengan smart phone (telphone pintar), berbagai fitur canggih melengkapi smart phone yang ditawarkan oleh masing-masing produsen.


Smart phone yang memiliki manfaat multi fungsi, tentu saja menjadi daya tarik masyarakat pada umumnya. Seperti halnya berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk menunjang kehidupan sehari hari baik berbelanja online maupun melakukan aktifitas bisnis dan masih banyak lagi kegunaan smart phone dewasa ini. Dapat kita saksikan dilingkungan kita saat ini hampir setiap orang memiliki perangkat smart phone, perkembangan yang begitu pesat mempengaruhi perilaku penggunaanya, tidak jarang kita temui anak anakpun sudah terbiasa mengakses berbagai fitur yang terdapat di smart phoe tersebut baik bermain game maupun hanya sekedar menonton video. 

TheAsianparent Indonesia melansir bahaya gadget bagi anak jika digunakan berlebihan, Dr. Rawat Sichangsirikarn (seorang Associate Professor Of Paediatrics di Bangkok) mengatakan bahwa ponsel memang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dengan bantuan gadget, selain untuk komunikasi saat ini kita dapat memperoleh informasi baru dan terus update perkembangan diluar dengan sangat cepat. Namun perlu kita perhatikan pula bahwa disisi lain penggunaan gadget merupakan ancaman tersendiri bagi kesehatan, dan perlu kita sadari hal ini memiliki efek samping yang berbahaya jika kita tidak dapat mengendalikannya.

Dampak negatif sangat serius bagi anak-anak kita yang orang tua membiarkan anaknya bermain gadget tanpa adanya batasan waktu tertentu ataupun tanpa pengawasan. Resiko yang terjadi akan mengancam segi kesehatan baik fisik, emosional maupun mental dari anak. Berikut ini contoh dampak serius penggunaan gadget berlebihan pada anak yang bilamana tidak diantisipasi mulai dari sekarang ;


  1. Risiko gangguan mata seperti miobia atau mata lelah
  2. Kurang tidur dan tidak bisa konsentrasi 
  3. Menghambat perkembangan otak anak ( Malas belajar )
  4. Gangguan keterlambatan bicara
  5. Gangguan mental dan depresi
  6. Isolasi diri (tidak respect terhadap keadaan lingkungan)
  7. Kecelakaan 
  8. Mempengaruhi emosional, mudah marah, mudah nangis
Anak anak yang sudah kecanduan tentang penggunaan gadget akan kehilangan potensi, ketrampilan yang ada pada dirinya. Karena mereka telah kehilangan kesempatan belajar dan berinteraksi langsung dengan lingkungan.Oleh karena itu selaku orang tua perlu penanganan serius, namun dengan perkembangan fungsi yang sangat pesat gadget pintar juga tidak boleh dipandang dari sisi negatifnya saja asalkan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan pengawasan.

Penggunaan gadget juga akan mempengaruhi kehidupan sehari hari hingga dari waktu ke waktu hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan dan masa depan anak. Banyak alternatif lain sebagai pengganti kecanduan penggunaan gadget seperti halnya bermain dengan media edukasi anak, menggambar, puzzle, atau dengan mengenalkan mainan tempo dulu seperti yang terdapat pada foto dibawah ini dan bisa dibeli di akun instagram @suwitobatik




Mulai sekarang perlu kita perhatikan mengenai penggunaan gadget pada anak, supaya tidak terjadi hal hal yang berdampak negatif pada buah hati kita sebelum terlambat.
Tags:

Post a Comment

2Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!