Skip to main content

Temukan Segudang Manfaat Dari Sereh Untuk Kesehatan

Indonesia kaya akan aneka macam rempah, negara lain pun menganggap bahwa surga rempah itu adalah bernama Indonesia. Fakta sejarah Indonesia menjadi rebutan berbagai bangsa untuk menguasai hasil bumi maupun rempah-rempah yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.



Dari sekian banyak rempah-rempah, diartikel kali ini mengulas tentang tumbuhan rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu ketika memasak, yaitu Sereh. Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Sereh dalam bahasa inggrisnya juga disebut lemongrass.

Sereh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, sereh juga dapat menghasilkan minyak yaitu minyak sereh atau yang disebut dengan minyak atsiri juga dapat menjadi obat ampuh mengusir dan mencegah dari gigitan nyamuk maupun serangga lainnya, karena sereh memiliki kandungan sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk. Minyak atsiri ini diperoleh dengan cara menyuling dari sereh tersebut.

Berikut ini manfaat sereh bagi tubuh kita;


1. Melawan Radikal Bebas

Antioksidan yang terdapat dalam sereh meliputi asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin 
dalam suatu penelitian kandungan antioksidan tersebut mampu melawan radikal bebas.

2. Meningkatkan metabolisme

Sereh yang di sedu dihidangkan menyerupai teh membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu lebih banyak membakar kalori. American Journal  Of Clinical Nutrition dalam laporannya di 2013 bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

3. Menyembuhkan flu dan gejalanya

Ramuan sereh rebus yang dicampur dengan sedikit jahe dan madu akan menyembuhkan flu dan gejalanya seperti tenggorokan sakit, batuk, hidung tersumbat kepala pening. Selain vitamin C yang terdapat pada sereh, sereh juga memiliki anti bakteri dan anti jamur yang mampu menanggulangi gejala gejala sakit flu. [Berdasarkan pengalaman pribadi].

4. Antioksidan

Sereh diyakini juga sebagai antioksidan dalam tubuh, dengan menyeduh atau mersebus dan menyajikan seperti teh, cairan sereh yang kita minum mampu bekerja dari dalam tubuh untuk melakukan detosifikasi yaitu menghilangkan racun atau zat jahat jahat dalam tubuh.

5.Baik untuk pencernaan

Komponen citral yang terdapat dalam sereh mampu membantu dan menjaga fungsi pencernaan agar tetap terkendali sehingga mencegah perut kembung, sembelit maupun mencegah ganguan penceranaan lainnya.

6. Sebagi vitamin untuk kulit dan rambut

Vitamin A dan C yang terdapat pada sereh menjadikan nutrisi yang akan menyuplai ke sel kulit dan rambut. Vitamin ini akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit akan terjaga kelembabanya dan mencegah eurupsi seperti timbulnya jerawat.

7. Menyetabilkan tekanan darah tinggi

Kalium yang terdapat pada sereh dipercayai mampu menjinakkan tekanan darah tinggi, kalium meningkatkan produksi urin dalam tubuh yang merangsang sirkulasi darah sehingga akan menurunkan tekanan darah. 

8. Menyehatkan Jantung

Kandungan yang terdapat pada sereh membatasi penyerapan kolestrol dari usus, sehingga dapat menjaga keseimbangan kesehatan jantung.

Sedangkan manfaat lainnya yang terdapat pada sereh adalah 
Meringankan demam, meringankan sakit kepala, menjaga kesehatan mulut, meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh), mencegah obesitas, mengobati insomnia, aroma terapi, mengobati rematik, memperlancar haid, mengobati asam urat, mencegah kanker dan masih banyak manfaat lainnya.

Berikut ini berdasarkan USDA Natinal Nutrien Database dalam 100 gram sereh mengandung ;



Kalori 99 Kkalvit A 6 mg
Karbohidrat 25.31 gramvit C 2.6 mg
Protein 1.82 gramSodium 6 mg
Lemak 0.49 gramKalium 723 mg
Asam Folat 70 mikrogramKalsium 65 mg
Niasin (vit.B3) 1.101 mgTembaga 0.266 mg
Piridoksin (vit.B6) 0.80 mgBesi 8.17 mg
Riboflavin (vit.B2) 0.135 mgMagnesium 60 mg
Thiamin (vit.B1) 0.065 mgMangan 5.244 mg
Selenium 0.7 mgZinc 2.23 mg
Dahsyat juga ya manfaat dari sereh, semoga informasi ini bermanfaat salam sehat.

Comments

  1. banyak sekali manfaatnya ya, makanya ga salah sereh seding dijadikan campuran olahan minuman kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas Sabda Awal, apalagi dalam kondisi seperti saat ini pasti banyak yang cari. Terima kasih sudah mampir di blog saya, #blogsabda.com memang mantapp saya suka baca✅✈

      Delete

Post a Comment

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi