Cuti Bersama 2021 Dikurangi, Ini SKBnya

Temukan Segudang Manfaat Dari Sereh Untuk Kesehatan

Indonesia kaya akan aneka macam rempah, negara lain pun menganggap bahwa surga rempah itu adalah bernama Indonesia. Fakta sejarah Indonesia menjadi rebutan berbagai bangsa untuk menguasai hasil bumi maupun rempah-rempah yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.



Dari sekian banyak rempah-rempah, diartikel kali ini mengulas tentang tumbuhan rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu ketika memasak, yaitu Sereh. Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Sereh dalam bahasa inggrisnya juga disebut lemongrass.

Sereh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, sereh juga dapat menghasilkan minyak yaitu minyak sereh atau yang disebut dengan minyak atsiri juga dapat menjadi obat ampuh mengusir dan mencegah dari gigitan nyamuk maupun serangga lainnya, karena sereh memiliki kandungan sitronela yang tidak disukai oleh nyamuk. Minyak atsiri ini diperoleh dengan cara menyuling dari sereh tersebut.

Berikut ini manfaat sereh bagi tubuh kita;


1. Melawan Radikal Bebas

Antioksidan yang terdapat dalam sereh meliputi asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin 
dalam suatu penelitian kandungan antioksidan tersebut mampu melawan radikal bebas.

2. Meningkatkan metabolisme

Sereh yang di sedu dihidangkan menyerupai teh membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat dan membantu lebih banyak membakar kalori. American Journal  Of Clinical Nutrition dalam laporannya di 2013 bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami dan kandungan kafein dalam teh meningkatkan penggunaan energi dan meningkatkan oksidasi asam lemak dalam tubuh.

3. Menyembuhkan flu dan gejalanya

Ramuan sereh rebus yang dicampur dengan sedikit jahe dan madu akan menyembuhkan flu dan gejalanya seperti tenggorokan sakit, batuk, hidung tersumbat kepala pening. Selain vitamin C yang terdapat pada sereh, sereh juga memiliki anti bakteri dan anti jamur yang mampu menanggulangi gejala gejala sakit flu. [Berdasarkan pengalaman pribadi].

4. Antioksidan

Sereh diyakini juga sebagai antioksidan dalam tubuh, dengan menyeduh atau mersebus dan menyajikan seperti teh, cairan sereh yang kita minum mampu bekerja dari dalam tubuh untuk melakukan detosifikasi yaitu menghilangkan racun atau zat jahat jahat dalam tubuh.

5.Baik untuk pencernaan

Komponen citral yang terdapat dalam sereh mampu membantu dan menjaga fungsi pencernaan agar tetap terkendali sehingga mencegah perut kembung, sembelit maupun mencegah ganguan penceranaan lainnya.

6. Sebagi vitamin untuk kulit dan rambut

Vitamin A dan C yang terdapat pada sereh menjadikan nutrisi yang akan menyuplai ke sel kulit dan rambut. Vitamin ini akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit akan terjaga kelembabanya dan mencegah eurupsi seperti timbulnya jerawat.

7. Menyetabilkan tekanan darah tinggi

Kalium yang terdapat pada sereh dipercayai mampu menjinakkan tekanan darah tinggi, kalium meningkatkan produksi urin dalam tubuh yang merangsang sirkulasi darah sehingga akan menurunkan tekanan darah. 

8. Menyehatkan Jantung

Kandungan yang terdapat pada sereh membatasi penyerapan kolestrol dari usus, sehingga dapat menjaga keseimbangan kesehatan jantung.

Sedangkan manfaat lainnya yang terdapat pada sereh adalah 
Meringankan demam, meringankan sakit kepala, menjaga kesehatan mulut, meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh), mencegah obesitas, mengobati insomnia, aroma terapi, mengobati rematik, memperlancar haid, mengobati asam urat, mencegah kanker dan masih banyak manfaat lainnya.

Berikut ini berdasarkan USDA Natinal Nutrien Database dalam 100 gram sereh mengandung ;



Kalori 99 Kkalvit A 6 mg
Karbohidrat 25.31 gramvit C 2.6 mg
Protein 1.82 gramSodium 6 mg
Lemak 0.49 gramKalium 723 mg
Asam Folat 70 mikrogramKalsium 65 mg
Niasin (vit.B3) 1.101 mgTembaga 0.266 mg
Piridoksin (vit.B6) 0.80 mgBesi 8.17 mg
Riboflavin (vit.B2) 0.135 mgMagnesium 60 mg
Thiamin (vit.B1) 0.065 mgMangan 5.244 mg
Selenium 0.7 mgZinc 2.23 mg
Dahsyat juga ya manfaat dari sereh, semoga informasi ini bermanfaat salam sehat.

Comments

  1. banyak sekali manfaatnya ya, makanya ga salah sereh seding dijadikan campuran olahan minuman kesehatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas Sabda Awal, apalagi dalam kondisi seperti saat ini pasti banyak yang cari. Terima kasih sudah mampir di blog saya, #blogsabda.com memang mantapp saya suka baca✅✈

      Delete

Post a Comment