Meniru Kebiasaan Positif Orang Sukses

angintropis.com
By -
0

Tentunya semua orang ingin bisa menggapai kesuksesan dalam hidupnya, tetapi untuk menuju puncak kesuksesan dibutuhkan perjuangan yang bisa jadi tidak mudah untuk di lalui. Meskipun masing masing memiliki definisi tersendiri ketika mengartikan sebuah kesuksesan pada intinya kita menginginkan hidup yang lebih baik dan berkualitas.

Di era sekarang banyak kesadaran luar biasa yang timbul disetiap orang dalam menyikapi tantangan untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Dengan mengikuti berbagai seminar, menjalankan berbagai usaha dengan menemukan peluang yang ada saat ini.

Tidak sedikit kita mencoba bermacam resep tentang kebiasaan yang dilakukan oleh orang yang sudah meraih kesuksesan. Seperti yang disampaikan oleh banyak motivator.

Beberapa kebiasaan orang sukses dibawah ini setidaknya akan menjadi jembatan untuk saya dan kita semua yang sedang berusaha mencapai kesuksesan itu, mari kita simak;

1. Bertanggung jawab.

Tanggung jawab dalam konteks ini memiliki makna yang luas dan tidak terbatas, agar seseorang mampu dinilai memiliki rasa mempertanggung jawabkan sesuatu yang telah dilakukan. Tanggung jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya. 

Dengan adanya rasa taggung jawab kita akan berfikir lebih untuk melakukan sesuatu yang akan berdampak negatif atau positif terhadap apa yang kita lakukan. 

2. Memprioritaskan dan Melakukan Tugas Yang Paling Penting Terlebih Dahulu.

Membuat rencana dalam berativitas akan mempermudah kita dalam menganalisa sesuatu yang ingin kita lakukan. Membuat daftar prioritas seperti to do list, meskipun dengan cara yang simple akan membantu kita dalam menyelesaikan maupun membuat target yang kita inginkan. 

3. Buat Rutinitas Pagi Yang Dapat Meningkatkan Semangatmu
 
Seperti olahraga ringan, sarapan dan sedikit bersantai bisa dijadikan rutinitas pagi yang bisa meningkatkan semangat. Rutinitas semacam ini bisa kita lakukan sesuai dengan ciri khas masing-masing, atau ada juga yang hanya cukup mendengarkan music dan secangkir kopi. 

4. Meditasi Harian 

Pilih meditasi yang cocok untuk menemukan keseimbangan tubuh dalam hidup, hal ini juga bisa dilakukan sesuai dengan kebiasaan yang menurut kita sesuai. 

5. Menjaga Kesehatan Dan Berolahraga

"Mens Sana in Corpore Sano" sebuah kalimat dalam bahasa latin tentunya pernah kita dengar, yang memiliki arti "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Banyak kebiasaan yang perlu kita terapkan untuk menjaga kesehatan dan diimbangi dengan olahraga secukupnya. Kebiasaan menjaga kesehatan akan mengarahkan tubuh agar fikiran tetap positif dan produktif.

6. Membaca Dan Belajar Terus Menerus

Tidak sedikit orang yang berhasil dalam karirnya mereka memiliki minat yang tinggi membaca buku, kita sebut saja seperti Waren Buffet, Bill Gates, Elon Musk dan masih banyak lainnya mereka mengawali kesuksesannya dengan banyak membaca buku disini saya sepakat bahwa buku adalah jendela dunia untuk menambah wawasan.

Dengan membaca buku akan meningkatkan keinginan kita untuk terus belajar, karena bentuk belajar tidak dalam bentuk sekolah saja. 

7. Disiplin & Kontrol Diri

Seperti terlihat simple tetapi dalam pelaksanaanya disiplin dan kontrol diri ini membutuhkan tindakan yang tidak mudah. Berbicara tentang disiplin dan kontrol diri dalam konteks luas memerlukan perjuangan untuk dipertanggung jawabkan dari diri sendiri seperti menaati sebuah rule secara terus menerus sehingga mendapatkan nilai nilai baik dalam kehidupan. 

8. Konsistensi

Dalam kamus KBBI konsistensi memiliki arti sebuah ketetapan dan kemantapan (dalam bertindak). Konsisten merupakan tindakan dalam hal yang positif/benar melakukan sesuatu berulang ulang sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan. 

9. Tidak Takut Gagal

Kegagalan seolah menjadi momok yang terus menghantui setiap langkah dalam meiniti karier kita, baik seorang pegawai, pelajar, maupun entrepreneur. Keinginan untuk tumbuh menjadi lebih baik tentunya banyak proses yang harus kita lalui dan itu pun terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, kita akan menemui suatu kegagalan yang harus kita hadapi. Di titik inilah kita di uji untuk menyelesaikan tantangan ini sebagai kunci menuju langkah selanjutnya. Orang yang telah sukses sering menyampaikan jangan takut gagal karena gagal adalah jalan menuju kesuksesan.

10. Terima kasih 

Ungkapan "Terima kasih" dibilang sangat sederhana namun sebenarnaya memiliki makna dan dampak luarbiasa dalam kehidupan kita sehari-hari. Terima kasih juga dapat diartikan rasa syukur terhadap kepuasan apa yang telah didapatkan, dalam praktiknya ungkapan ini memiliki kekuatan untuk menjalin hubungan baik dari ruang lingkup keluarga, teman, maupun di lingkungan kerja. 

11. Kesadaran Diri

Kesadaran diri adalah keadaan yang timbul dari diri seseorang untuk memahami dirinya melakukan tindakan yang memiliki nilai nilai positif. Siapa sangka sadar diri merupakan suatu norma yang diterapkan orang orang yang sukses. Kenyataanya dalam kehidupan sehari hari, masih ada pula manusia yang masih memilki rasa "sadar diri" rendah atau bahkan tidak memiliki "kesadaran diri". 

Sikap rasa "sadar diri" yang kita miliki akan berpengaruh terhadap hubungan kita di masyarakat maupun dimana lingkungan kita berada.

12. Mengelilingi Diri Dengan Orang-Orang Berprestasi

Dalam hal ini sebenarnya bukan masalah pilih pilih teman dalam bermasyarakat, tetapi tentang bagaimana cara kita membentuk circle atau lingkaran dasar yang dimana kedepannya akan mendapatkan ilmu, seperti mental, mindset, pengetahuan sehingga dapat membawa kita kejalan kesuksesan pula seperti mereka.

13. Goal Oriented

Singkatnya tentang hal ini orang yang lebih sukses, mereka memiliki orientasi yang mengacu pada tujuan yang dapat diperoleh. "Goal Oriented" adalah kecenderungan individu untuk mengembangkan atau memvalidasi kemampuan seseorang dalam pengaturan pencapaian. Hal ini menjadi kunci orang sukses menjalani setiap yang dilakukan agar tujuan dapat tercapai.

14. Mengelola Emosi

Emosi adalah ekspresi normal manusia atas berbagai masalah yang mengahmpirinya, tetapi berfikir jenih ketika dalam keadaan emosi akan menghindari keputusan yang merugikan pribadi maupun orang lain perlu kita pertimbangakan agar tidak menyesal dikemudian hari. Buang fikiran prasangka buruk jauh-jauh terhadap orang lain ketika mendapati masalah atau keadaan yang tidak sesuai dengan keingingan kita.

Orang yang bisa mengelola emosi cenderung mudah menerima kekurangan orang lain dan bisa saling menghargai antara satu dengan yang lainnya. Hal ini menjadi membentuk pola pikir yang positif untuk menjalin hubungan komunikasi yang sehat dan tebuka dengan sesama. Meskipun demikian  penerapan dalam kehidupan sehari-hari terkadang tidak mudah untuk menjadi orang yang mampu mengelola emosi.

15. Berkomunikasi Dengan Baik Dan Jelas

Bagaimana komunikasi dengan baik dan jelas terhadap lawan bicara? Tentunya masing masing mempunyai cara tersendiri tentang cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, namun tidak sedikit orang menyimpulkan berkomunikasi yang baik dengan orang lain yaitu bagaimana cara mengahargai pembicaraan orang lain dengan tetap menjaga etika, empati, mendengarkan dan merespon dengan bahasa yang jelas dan sikap yang baik pula. Jika hal ini ada dalam komunikasi, maka akan menjadi jembatan kelancaran hubungan dengan sesama.

16. Pendengar Yang Baik

Menjadi pendengar yang baik bukan berarti sama sekali tidak mengerti, melainkan bentuk respon empatik menciptakan komunikasi yang baik dengan lawan bicara. Menjadi sesorang pendengar yang baik akan berpengaruh besar terhadap hidup kita, sikap ini menjadikan kita memiliki potensi dan kesempatan untuk sukses lebih besar pula.

Seseorang yang memiliki sikap "pendengar yang baik" cenderung akan menerima masukan (input) dari orang lain meskipun sebenarnya hal yang dibicarakan telah dimengerti. Lawan bicara akan merasa dihargai, kondisi ini akan menjadikan komunikasi yang sehat dengan lawan bicara.

17. Mengelola Waktu Dengan Baik

Banyak motivator sering mengatakan setiap orang memiliki jatah waktu atau jam yang sama dalam 1 (satu) hari yaitu 24 jam. Semua memiliki kesempatan untuk sukses yang sama pula, hanya saja bagaimana seseorang menggunakan waktunya dengan sebaik mungkin sehingga akan mendapatkan kualitas hari yang produktif. 

Artikel ini hanya sekedar ulasan bagaimana orang sukses menerapkan kebiasaan positifnya, tidak menjamin juga anda akan langsung sukses setelah menerapkannya. Pada dasarnya kesuksesan ada di tangan kita masing-masing, sejauh mana kita berusaha untuk mewujudkannya. Semoga bermanfaat dan salam sukses. 


Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!