Skip to main content

Animo Bersepeda Semakin Tinggi, Perhatikan Point Penting Ini Agar Tetap Aman Dan Nyaman Saat Gowes

Selamat pagi gowes mania, sudah putar kemana saja dengan sepeda kesayangan kamu hari ini. Bersepeda di hari libur memang mengasikkan, siapa sih yang gak pingin sehat? tentu saja kita semua ingin memiliki badan yang selalu dalam kondisi sehat dan prima. Animo masyarakat tentang bersepeda disaat pandemi covid-19 ini menjadi alternative olahraga memang sangat menyita perhatian, sepeda yang dulunya sempat redup namun akhir akhir ini kembali menjadi tren.



Banyak kita temui apalagi disaat weekend, antusias masyarakat untuk menggayuh sepedanya memuncak, hampir disetiap sudut di pinggiran jalan bisa kita jumpai. Tidak diragukan lagi manfaat berolahraga dengan bersepeda seperti menghancukan lemak sehingga dapat mengontrol keseimbangan berat badan tubuh, menjaga kesehatan jantung, menghilangkan stress dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Akan tetapi ada pula resiko yang perlu kita perhatikan mengingat bersepeda memerlukan tenaga dan kehati hatian yang ekstra. Selain resiko ringan bersepeda juga memiliki resiko yang fatal pula jika kita tidak mempersiapkan atau memperhatikan keadaan disekitar dengan baik. Yaah hampir seperti kita menggendarai sepeda motor.

Oleh karena itu ada baiknya, sebelum gowes dengan sepeda kesayangan kamu, yuk kita simak beberapa tips dibawah ini agar tetap nyaman dan aman saat bersepeda.

1. Cek Dan Pastikan Kondisi Tubuh Sehat

Sebelum cek sepeda kamu dan yang lainnya, sebaiknya pastikan kamu dalam kondisi sehat dan mampu untuk menggayuh sepeda. Kondisi tubuh yang kurang sehat tidak stabil dan cenderung dipaksakan akan berdampak tidak baik saat kalian bersepeda nantinya, bahkan bisa jadi memperburuk kesehatan kamu, tunda sementara jika mengalami hal tersebut. Pastikan tubuh siap dalam keadaan prima untuk memulai gowes.

2. Tentukan Road Yang Akan Dilalui

Kondisikan jarak tempuh dengan kemampuan tubuh agar tidak terlalu capek  dan kehabisan tenaga, beberapa para gowes mania kurang mempertimbangkan jarak tempuh yang akan berpengaruh pada stamina. Kadang setelah mulai menggayuh sepeda tanpa menentukan tujuan (maping area) yang akan dilalui, tanpa kita sadari bisa jadi kita akan kehilangan arah dan tujuan sehingga akan memakan waktu dan energi yang lebih. Jika hal ini dilakukan oleh seseorang yang belum terbiasa tentu saja akan berdampak serius pada tubuh seperti kelelahan dan bisa berakibat fatal.

3. Beri Tubuh Asupan Energi Sebelum Berangkat

Bagaimanapun juga bersepeda tergolong olahraga yang mengeluarkan banyak tenaga, perlunya asupan energi yang cukup untuk tubuh sebelum memulai gowes harus kita perhatikan. Hal ini untuk tetap mempertahankan tenaga hingga finish nantinya. Terutama mineral, persediaan cairan ditubuh harus seimbang dengan jarak dan tenaga yang akan kita keluarkan. 

4. Bawa Perlengkapan Penting

Seperti identitas pribadi menurut saya perlu untuk dibawa, terlihat hal yang sepele tapi ini tidak bisa disepelekan. Mungkin kita sudah terbiasa ketika naik sepeda motor lengkap dengan SIM dan identitas lainnya, karena sepeda tak pelru menggunakan SIM alangkah baiknya anda membawa tas rangsel kecil yang berisi KTP dan barang penting lainnya seperti ponsel, dan mini pack P3K untuk mengantisipasi jika terjadi trouble hingga mengakibatkan luka. Selain itu uang cash juga perlu untuk jaga-jaga apabila ingin membeli sesuatu ketika nanti istirahat disuatu tempat, karena tidak menutup kemungkinan area yang akan kita lalui sulit untuk menemukan ATM dan banyak pedagang kecil kecilan menjajakan dagangan untuk kita mampir sekedar membeli minuman.

5. Pastikan Sepeda Kamu Layak Jalan

Yang satu ini tentu saja sama pentingnya jika persiapan diatas sudah selesai pastikan bahwa sepeda kamu layak jalan sebelum mulai gowes. Pastikan semua panel berfungsi dengan baik rem, kaki-kaki (ban), rantai dan lampu menurut saya ini juga penting (serem juga kalau bersepeda malam tidak ada lampu). Body protector seperti helm, kaos tangan jangan sampai lupa, selain aman body protector juga akan menunjang kenyamanan kamu saat bersepeda. 

7. Hati-Hati Di Jalan

Bersepeda bergerombol sambil ngobrol sangat tidak dianjurkan selain akan menggangu pengguna jalan lainnya, jika dilakukan hal ini bisa mengakibatkan kecelakaan dan akan berakibat fatal yang akan mengancam diri sendiri maupun orang lain. Tetap konsentrasi saat bersepeda, dengan memperhatikan keamanan di jalan apalagi di jalan raya yang banyak dilalui sepeda motor maupun mobil, sudah banyak kejadian kecelakaan yang merengut nyawa hanya dengan bersepeda "waspadalah". Jangan menyepelekan hanya sekedar bersepeda sebaiknya kita harus tetap fokus dan hati-hati saat bersepeda.

Bagaimana dengan pengalaman kamu saat gowes, boleh bagi-bagi pengalaman dong..
Sementara cukup ini dulu gowes mania, dan mungkin masih ada lagi yang perlu diperhatikan. Rangkuman ini hanya asumsi pribadi  silahkan koment dan shear jika bermanfaat. Semoga bermanfaat salam sehat gowes!

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Download SK Tiga Menteri Tentang Perubahan Cuti Bersama Dan Libur Nasional 2020

Berkaitan dengan penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau yang sering di sebut Covid-19 dengan jumlah kasus dan jumlah meninggal yang masih terus meningkat dan meluas di wilayah Indonesia, pemerintah telah menerapkan berbagai antisipasi diantaranya telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Hal tersebut dilakukan untuk percepatan penanganan corona virus, disamping itu pula pemerintah telah mengupayakan penerapan pedoman bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam  melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020. Oleh karena itu perlu dilakukannya pergeseran cuti bersama yang sebelumnya telah di terbitkan. Melihat dari penerapan peraturan seperti peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan KEPRES Nomor.11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat  Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), yang menyatakan bahwa Covid-19 merupakan jenis penyakit ya

Daftar Isi