3R ; Reduce, Reuse, Recycle

Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Dengan Semangat Baru

Tepat hari ini Senin 17 Agustus 2020 Indonesia kembali memperingati hari kemerdekaan yang ke-75, dari masa kemasa kita sebagai rakyat Indonesia kembali merenungi betapa pentingnya bagaimana kita menyikapi rasa syukur atas kemerdekaan negeri ini.

Setiap mengikuti acara upacara bendera detik-detik proklamasi kemerdekan Republik Indonesia di televisi yang dilakukan dari seluruh plosok tanah air dari Sabang sampai Merauke, kita kembali dibangunkan rasa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia. 

Sebagai generasi penerus bangsa kita patut menghormati dan menghargai jasa para Pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan ini. Mensyukuri atas kemerdekaan yang kita peroleh mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif memelihara perdamaian, toleransi antar sesama dan melakukan apa yang dapat kita lakukan saat ini dengan kemampuan, keahlian dan keterampilan masing masing. 

Mengingat kembali sejarah dimana Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 (tahun maseshi), atau tangaal 17 Agustus 2605 (menurut tahun Jepang). Dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta yang bertempat di sebuah rumah hibah dari Faradj Bin Said Bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat saat itulah Indonesia menyatakan kemerdekaannya.


Berikut isi proklamasi tersebut;

                                                                 Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

                                                                          Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

                                                                                       Atas nama bangsa Indonesia

                                                                                       Soekarno/Hatta.

Keterangan yang tertulis tentang tahun '05 merupakan kependekan dari angka tahun "2605" tahun penanggalan yang digunakan pada zaman pemerintah pendudukan militer Jepang. 

Momentum perayaan hari kemerdekaan kali ini 17 Agustus 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) yang masih terus meneror masyarakat Indonesia maupun dunia pada umumnya.

Acara yang sebelumnya dilakukan sangat meriah diberbagai daerah seperti tradisi lomba maupun hiburan untuk kali ini ditiadakan. Pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus 2020 pun dilakukan dengan mentaati protokol seperti membatasi jumlah peserta, menggunakan masker dan menjaga jarak namun tetap berjalan dengan hikmat.

Hal tersebut sedikitpun tidak mengurangi semangat untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Dalam kondisi sulit seperti saat ini, justru ada nilai yang dapat kita petik yaitu menumbuhakan semangat baru dalam kondisi apapun untuk bangkit kembali lebih baik dalam mengisi kemerdekaan ini untuk Indonesia maju.

#merdeka!

#indonesiamaju


Comments

Post a Comment