Skip to main content

Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Dengan Semangat Baru

Tepat hari ini Senin 17 Agustus 2020 Indonesia kembali memperingati hari kemerdekaan yang ke-75, dari masa kemasa kita sebagai rakyat Indonesia kembali merenungi betapa pentingnya bagaimana kita menyikapi rasa syukur atas kemerdekaan negeri ini.

Setiap mengikuti acara upacara bendera detik-detik proklamasi kemerdekan Republik Indonesia di televisi yang dilakukan dari seluruh plosok tanah air dari Sabang sampai Merauke, kita kembali dibangunkan rasa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia. 

Sebagai generasi penerus bangsa kita patut menghormati dan menghargai jasa para Pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan ini. Mensyukuri atas kemerdekaan yang kita peroleh mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif memelihara perdamaian, toleransi antar sesama dan melakukan apa yang dapat kita lakukan saat ini dengan kemampuan, keahlian dan keterampilan masing masing. 

Mengingat kembali sejarah dimana Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pada hari Jumat, tanggal 17 Agustus 1945 (tahun maseshi), atau tangaal 17 Agustus 2605 (menurut tahun Jepang). Dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta yang bertempat di sebuah rumah hibah dari Faradj Bin Said Bin Awadh Martak di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat saat itulah Indonesia menyatakan kemerdekaannya.


Berikut isi proklamasi tersebut;

                                                                 Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan

dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

                                                                          Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

                                                                                       Atas nama bangsa Indonesia

                                                                                       Soekarno/Hatta.

Keterangan yang tertulis tentang tahun '05 merupakan kependekan dari angka tahun "2605" tahun penanggalan yang digunakan pada zaman pemerintah pendudukan militer Jepang. 

Momentum perayaan hari kemerdekaan kali ini 17 Agustus 2020 sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena dampak dari wabah virus corona (Covid-19) yang masih terus meneror masyarakat Indonesia maupun dunia pada umumnya.

Acara yang sebelumnya dilakukan sangat meriah diberbagai daerah seperti tradisi lomba maupun hiburan untuk kali ini ditiadakan. Pelaksanaan upacara bendera 17 Agustus 2020 pun dilakukan dengan mentaati protokol seperti membatasi jumlah peserta, menggunakan masker dan menjaga jarak namun tetap berjalan dengan hikmat.

Hal tersebut sedikitpun tidak mengurangi semangat untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Dalam kondisi sulit seperti saat ini, justru ada nilai yang dapat kita petik yaitu menumbuhakan semangat baru dalam kondisi apapun untuk bangkit kembali lebih baik dalam mengisi kemerdekaan ini untuk Indonesia maju.

#merdeka!

#indonesiamaju


Comments

Post a Comment

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Download SK Tiga Menteri Tentang Perubahan Cuti Bersama Dan Libur Nasional 2020

Berkaitan dengan penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau yang sering di sebut Covid-19 dengan jumlah kasus dan jumlah meninggal yang masih terus meningkat dan meluas di wilayah Indonesia, pemerintah telah menerapkan berbagai antisipasi diantaranya telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Hal tersebut dilakukan untuk percepatan penanganan corona virus, disamping itu pula pemerintah telah mengupayakan penerapan pedoman bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam  melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020. Oleh karena itu perlu dilakukannya pergeseran cuti bersama yang sebelumnya telah di terbitkan. Melihat dari penerapan peraturan seperti peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan KEPRES Nomor.11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat  Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), yang menyatakan bahwa Covid-19 merupakan jenis penyakit ya

Daftar Isi