Menu Malam Ini 'Pecel'

angintropis.com
By -
0
Selesai kerja langsung saja pulang, perut keroncongan pingin cepet sampai rumah.  Disore hari pertengahan bulan Juni 2021 kota Jakarta kadang-kadang masih saja turun hujan, jadi harus extra hati-hati dalam perjalanan licin dan lumayan macet.

Pemberlakuan PPKM area Jakarta dan sekitarnyapun juga masih di berlakukan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19, oleh karena itu jalanan masih agak mending tidak begitu parah macetnya. 

45 menit dari tempat kerja akhirnya sampai rumah juga, Alhamdulillah lancar. Bergegas menuju dapur dan cari sesuatu, sambil berfikir menu apa yang tepat untuk malam ini. Akhirnya istri dapet ide, karena melihat sayuran yang fresh malam ini kita  putuskan untuk membuat menu khas Jawa " Pecel ".

Makanan aneka sayuran yang direbus atau dikukus dengan kombinasi bumbu sambal kacang merupakan makanan Indonesia yang tetap menjadi primadona khusunya Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di Jawa Barat gado-gado merupakan makanan sejenisnya, hanya saja yang membedakan kemungkinan tekstur dan cara penyajiannya.

Asal nama dan asal daerah tentang pecel belum di ketahui scara pasti, namun menurut wikipedia pecel dapat dimaknai secara etimologi, dalam bahasa Jawa, bahwa pecel dapat diartikan sebagai "tumbuk" atau " dihancurkan dengan cara di tumbuk".

Ada anggapan bahwa pecel berasal dari Ponorogo, Jawa Timur karena sambel kacang yang digunakan dalam campuran pecel juga digunakan dalam bumbu sate Ponorogo.

Pecel juga dapat ditemukan di beberapa negara seperti Malaysia, Filipina, Thailand, dan Suriname dengan cita rasa yang mungin sedikit berbeda dari pecel Indonesia karena perbedaan jenis kacang yang digunakan.

Dalam penyajian pecel dihidangkan dengan alas yang berbeda beda misalnya piring lili atau disebu ingke, pincuk ataupu tampah bambu. Sayuran yang dihidangkan diantarnya seperti kacang panjang, taoge, daun singkong, kangkung, bayam, kobis, wortel, daun kemangi ataupun kombinasi dengan sayuran lainnya sesuai daerah masing masing.

Sedangkan untuk bumbunya merupakan sambal kacang yang disiramkan diatas sayuran tersebut dan dicampur. Bahanu ntuk membuat sambel pecel diantranya kacang tanah, gulai merah, garam, cabai daun jeruk purut dan kencur. 

Pecel sangat cocok dengan nasi hangat atau beberapa daerah juga biasa menggunakan mie kuning (mie goreng) ditambah pakai kerupuk. 

                 Menu anak rantau

Okay guys makan dulu biar tetap sehat, apa menu sederhana kalian malam ini? shear di kolom komen. 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!