Joging Nyaman Di Lapangan Banteng Jakarta

angintropis.com
By -
0
Bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta atau sekedar stay sementara di ibu kota jangan lewatkan untuk jalan pagi ke Monumen Pembebasan Irian Barat, yang terletak di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat.



Ikonik sekali, penampakan patung dari monumen pembebasan Irian Barat yang bediri kokoh menjulang tinggi akan menyambut kedatangan teman-teman semua ketika memasuki area taman Lapangan Banteng. Pepohonan dan tanaman di area taman menyegarkan mata kita sembari joging ringan di tengah perkotaan Jakarta.

Taman dengan suasana perkotaan tetap terjaga rapi dan bersih membuat kami betah berlama lama untuk sekedar olahraga pagi. 

Monumen Pembebasan Irian Barat ini adalah monumen yang dibangun untuk mengenang para pejuang Trikora dan masyarakat  Irian Barat yang memilih dari bagian NKRI.

Monumen yang memiliki tinggi 35 meter ini berdiri di tengah-tengah Lapangan Banteng. Bentuk monumen berupa patung yang terbuat dari perunggu. Patung tersebut dibuat oleh tim pematung keluarga Yogyakarta dibawah pimpinan Edhi Sunarso (adalah seorang maestro pematung Indonesia).

Selain karya monumen di Lapangan Banteng tersebut, Edhi Sunarso juga dikenal sebagai pencipta Monumen Selamat Datang (Bundaran Hotel Indonesia), Patung Dirgantara (Tugu Pancoran).

Sedangkan untuk arsitektur monumen dirancang oleh  Friedrich Silaban (adalah opzichter/arsitek generasi awal di negeri Indonesia. Peresmian monumen pembebasan Irian Barat ini dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1963.



Pada tahun 2017, Lapangan Banteng di revitalisasi oleh Dinas Kehutanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Proyek tersebut menonjolkan Monumen Pembebasan Irian Barat yang sebelumnya tertutup pepohonan. Pengerjaannya memakan waktu kurang lebih satu tahun, setelah selesai dilakukan revitalisasi persemian dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada tanggal 25 Juli 2018.

Nah untuk kalian yang penasaran dan ada waktu luang, yuk segera tancap gas menuju lokasi ingat selama pandemi tetap ikuti protokol dan pastikan kalian sudah divakin untuk bisa mengakses ke dalam taman karena ada pengecekan menggunakan aplikasi Pedulilindungi so pastikan kalian semua sudah menginstal ya.

Untuk masuk free tanpa ada biaya geratis masuk ya, di dalam juga tidak ada penjual minuman sebelum masuk pastikan kalian bawa minum dari rumah atau beli minum dulu diarea sekeliling taman biasanya ada pedagang minuman. 




Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!