Tips Agar Kopi Rumahan Anda Tetap Nikmat

angintropis.com
By -
0


Peralatan

Pertama yang perlu diperhatikan pastikan alat yang ingin dipakai semua dalam kondisi steril, bersih dan terhindar dari kontaminasi bau menyengat lainnya. Sehingga nanti tidak akan merusak rasa dan aroma alami kopi yang diseduh.

Alat tersebut diatas bisa berupa cagkir, sendok pengaduk, mesin/ceret yang biasa Anda gunakan dalam kondisi steril. Jika ada beberapa bagian yang berkerak dari dampak penggunaan sebelunya, cobalah hilangkan terlebih dulu.

Penyimpanan Bubuk/Biji Kopi

Tempatkanlah kopi pilihan Anda di toples kedap udara hindarkan dari tempat yang terlalu panas/lembab, dan tidak disarankan menyimpan kopi di dalam freezer. Pastikan tutup kembali dengan rapat setelah Anda gunakan.

Air Yang Di Gunakan 

Menurut beberapa ahli air yang Anda gunakan mempengaruhi rasa kopi, untuk mengekstrak dengan hasil yang nikmat pastikan juga air yang anda gunakan  bersih dan bebas dari kontaminasi zat lainnya.

Sedangkan kunci cita rasa yang lain merupakan di suhu air panas yang Anda masak, suhu air panas juga merupakan salah satu variable kunci saat membuat kopi.

Suhu air panas yang Anda gunakan akan berbeda, antara light roasting dan deep roasting (tingkat suhu sedang dan tinggi).

Untuk membuat kopi yang diseduh dengan benar, beberapa ahli merekomendasikan untuk  menggunakan air panas pada suhu 198-202 derajat Fahrenheit (sekitar 92-94 derajat Celcius).

Lebih baik menggunakan air panas yang lebih tinggi (sekitar 202 derajat Fahrenheit), sedangkan untuk kopi panggang ringan dengan suhu air lebih rendah (sekitar 198 derajat Fahrenheit).

Jika Anda suka menikmati kopi panas, menghangatkan cangkir yang ingin digunakan merupakan tehnik di cafe berkelas karena dengan menuangkan kopi panas kedalam kopi cangkir dingin kopi akan lebih cepat menjadi dingin.

Dan yang terakhir dapatkan perbandingan kopi, air dan toping agar sesuai atau balance, ketidak sesuaian akan merusak cita rasa kopi alami yang Anda buat.

Anda pengemar kopi, dan ingin sekali pergi ke cafe favorite namun mungkin kurang bersahabat dengan dompet Anda saat tanggal tua. Membuat kopi original sendiri dirumah tentu saja menyelamatkan isi dompet Anda.

Bagaimana dengan tips kopi original rumahan Anda, bagi tips dikolom komentar ya, terima kasih.

Image : pexels.com


Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!