Joging Nyaman Di Lapangan Banteng Jakarta

Bagi teman-teman yang tinggal di Jakarta atau sekedar stay sementara di ibu kota jangan lewatkan untuk jalan pagi ke Monumen Pembebasan Irian Barat, yang terletak di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Ikonik sekali, penampakan patung dari monumen pembebasan Irian Barat yang bediri kokoh menjulang tinggi akan menyambut kedatangan teman-teman semua ketika memasuki area taman Lapangan Banteng. Pepohonan dan tanaman di area taman menyegarkan mata kita sembari joging ringan di tengah perkotaan Jakarta. Taman dengan suasana perkotaan tetap terjaga rapi dan bersih membuat saya betah berlama lama untuk sekedar olahraga pagi.  Monumen Pembebasan Irian Barat ini adalah monumen yang dibangun untuk mengenang para pejuang Trikora dan masyarakat  Irian Barat yang memilih dari bagian NKRI. Monumen yang memiliki tinggi 35 meter ini berdiri di tengah-tengah Lapangan Banteng. Bentuk monumen berupa patung yang terbuat dari perunggu. Patung tersebut dibutat oleh tim pematung keluarga Yogyakarta

Waspada Dan Hati - Hatilah Sudah Banyak Korban Akibat Separator Busway Seperti Ini

Hampir setiap hari melihat berita di televisi maupun internet kita dapati berita kecelakaan yang diakibatkan oleh separator busway, sering kita jumpai banyak separator yang tak penuhi standar keamanan.

Waspada dan hati hatilah sudah banyak korban pengendara mengalami kecelakaan mengerikan akibat menabrak atau nyangkut separator busway, ini bukan sekali atau dua kali tapi sering kali. Lengah sedikit entah itu diakibatkan dari kurangnya kehati-hatian dari pengendara lain atau kita sendiri hitungan detik bisa celaka. Amit amit ya..

Google search

Saya melihat melalui Twitter TMC Polda Metro banyaknya informasi tentang kecelakaan tersebut, kenapa ini bisa terjadi? tapi memang benar ternyata  menurut AKBP Budiyanto yang sempat saya baca di Kumparan menyampaikan "Kejadian kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan separator jalur busway masih sering terjadi, karena masih didapatkan pemasangan separator dari aspek keamanan dan keselamatan masih sangat kurang memadai" 

Jadi bukan hanya karena faktor kita kurang hati-hati, separator busway seperti menjadi ancaman tersendiri bagi pengguna jalan sangat menakutkan sekali, apalagi kondisi malam hari tentunya memiliki resiko jauh lebih besar karena kurangnya pencahayaan.

Banyak sekali korban pengendara mobil atau sepeda motor dari insiden menabrak separator tunggang langgang, jungkir balik rusak parah hingga tidak sedikit menelan korban jiwa, ini sangat mengerikan Pengendara mobil memiliki resiko yang lebih dibanding sepeda motor karena memiliki badan kendaraan yang jauh lebih besar.

Saya sendiri merasakan, dalam kondisi lenggang maupun macet keberadaan separator busway membuat saya kaget saat melintas. Keberadan separator tersebut tidak terlihat dengan jelas tidak ada tanda untuk mengamankan supaya tidak nabrak seperti contohnya diberi warna yang lebih mencolok.

Menurut AKBP Budiyanto merinci setidaknya ada tiga (3) faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh separator adalah ;

1.Tidak ada tanda atau marka yang memberikan petunjuk bahwa didepan terdapat separator

2.Desain dan pemasangan separator belum mampu meminimalkan dampak benturan

3.Tanda yang disebut '' Mata Kucing '' di beberapa tempat yang dipasang pada separator, mengalami pemudaran, sehingga tidak mampu memberikan tanda pantul yang maksimal. Terutama pada malam hari, bahkan penerangan jalan tidak ada/mati.

Namun selain dari tiga faktor diatas juga beberapa faktor seperti human error, dan kondisi kendaraan yang kurang memadai atau tidak layak jalan, kondisi jalan, serta faktor lingkungan.

Apakah kondisi saat ini tidak bisa di perbaiki lagi agar pengguna jalan merasa lebih aman dan tidak cemas dengan keberadaan separator ini?, kalau melihat dari seringnya insiden yang terjadi dan kedepannya tidak ada perbaikan jaminan keamanan, separator ini mirip seperti ranjau yang setiap saat bisa menghancurkan kita dalam hitungan detik dan ini nyawa taruhannya.

Siapakah yang bertanggung jawab disini, apakah hanya serta merta pengguna jalan? yang setiap saat dihantui resiko di jalan. Semoga Pemerintah, Pemprov memperhatikan hal ini untuk kedepannya jauh lebih aman.

Waspada Dan Hati - Hatilah Sudah Banyak Korban Akibat Separator Busway.


Comments

ABOUT