Alasan Susah Move On Pakai Masker Meskipun Boleh Lepas

Akhirnya setelah beberapa tahun masyarakat mengikuti kebijakan pemakaian masker dalam beraktifitas demi keselamatan bersama dari ancaman virus covid-19, baru-baru ini pemerintah telah meberikan kelonggaran dalam penggunaannya. Alhamdulillah semoga keadaan semakin membaik, dan covid segera pergi dari muka bumi ini.

                                                                     image: pexels.com

Seiring dengan melandainya situasi pandemi pemerintah memutuskan pelonggaran pemakaian masker untuk aktivitas diluar ruangan atau ruangan terbuka, meski demikian pemerintah menekankan penggunaan masker tetap berlaku beberapa kondisi seperti 
  • Penggunaan masker tetap berlaku bagi warga yang berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik
  • Penggunaan masker juga tetap berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia atau memiliki penyakit bawaan atau komorbid.
  • Demikian juga masyarakat yang alami gejala batuk pilek maka tetap harus gunakan masker ketika melakukan aktivitas.
Namun  menurut saya kita tetap harus hati-hati dan menjaga diri saat beraktivitas karena pandemi belum dinyatakan berakhir.

Kita tentunya sangat bergembira dengan kebijakan ini sudah lama juga menanti pada akhirnya kita bisa melepas masker jika di inginkan ketika berada di luar ruangan.

Ada yang menyambut gembira ada pula yang kurang setuju dinilai keputusan pemerintah melonggarkan pemakain masker ini terlalu cepat.

Hal ini tentunya pemerintah bukan tanpa dasar mungkin ya, setelah selesainya libur lebaran 2022 dinilai meski ada peningkatan positif covid-19 tetapi masih tergolong melandai dan tidak ada ledakan kasus terpapar virus ini hingga mengakibatkan kematian seperti waktu sebelumnya.

Pemerintah juga disebut saat ini sedang mempersiapkan langkah-langkah dalam penanganan covid-19 di Indonesia dari pandemi menjadi endemi.

Dari sudut pandang saya alasan kadang tetap ingin menggunakan masker karena khawatir, dalam melihat kondisi saat ini yang belum tau kapan pandemi ini akan berakhir, selain itu ada baiknya kita mempertimbangkan sebenarnya dari manfaat menggunakan masker dibawah ini ;

1. Mencegah penularan berbagai penyakit 

Menurut sejumlah penelitian sudah tidak diragukan lagi bahwa menggunakan masker dapat mencegah penularan berbagai penyakit seperti flu dan batuk. Hal ini tentu saja masker akan menjadi tameng utama juga saat kita ingin beraktifitas. 

Tidak hanya itu bahwa diluar sana kita tidak akan tau akan bertemu dengan siapa dan apakah orang tersebut benar-benar sehat atau tidak, kita tetap harus berhati-hati tentunya. Apalagi di negara yang meiliki iklim tropis tingkat kelembapan yang tinggi memudahkan berabgai virus atau bakteri mudah berkembang atau menular. 

Seperti halnya TBC, ISPA, Malaria, Difteri dan masih banyak lagi penyakit yang bisa mengancam kita diluar sana.
Oleh karena itu memakai masker dapat menjadi alat ampuh dan merupakan langkah pertama untuk mencegah agar tidak mudah tertular atau menularkan berbagai penyakit.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Sebenarnya radikal bebas dapat terbentuk dari luar dan dalam tubuh kita, radikal bebas yang terbentuk dari dalam tubuh kita adalah bahan kimia yang dihasilkan dari hasil metabolisme, termasuk pencernaan dan penggunaan oksigen.

Sedangkan untuk radikal bebas yang terbentuk di luar tubuh bisa berasal dari seperti asap rokok, asap kendaraan, paparan radiasi, logam berat, zat kimia beracun seperti pestisida.

Untuk itu penggunaan masker juga sangat penting untuk mencegah racun masuk kedalam tubuh kita yang di akibatkan dari ancaman radikal bebas.

3.Melindungi wajah dari paparan langsung UV/ Sinar Matahari

Kita sudah mengetahui bahwasanya sinar matahari tidak seluruhnya baik untuk tubuh kita, karena paparan sinar matahari secara langsung dan terlalu lama akan mengancam kesehatan kita baik kulit resiko penyakit lainnya seperti eksim, jerawat, flek hitam, dan kanker kulit.

4. Trend Fashion

Tidak sedikit pula setelah mereka menggunakan masker menganggap tampilan mereka lebih Ok, bahkan beberapa oran melalui media sosialnya mengaku susah move on dari menggunakan makser. Bisa jadi masker sebagai pelengkap trend fashion saat ini.
Bagaimana menurut kalian?
Mungkin selain contoh manfaat menggunakan masker diatas masih ada, silahkan sebutkan di kolom komentar.
Salam.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter