Mencatat Agenda Khas Jepang Dengan Techo (1)

angintropis.com
By -
0

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Jepang dalam mengatur schedule sehari-hari dengan menggunakan buku agenda (Techo). Meskipun Jepang terkenal akan kemajuan teknologinya, kebiasaan mengatur segala aktivitas, dan menulis jadwal di buku agenda telah menjadi rutinitas yang turun temurun. 

Mereka lebih suka menggunakan buku dan alat tulis  bolpoint, pensil atau sejenisnya untuk mengatur rencana yang akan di jalankan. Karena dengan langsung menulis maka kegiatan yang akan dilakukan menjadi mudah di ingat, selain itu juga kebiasaan mengatur rencana menggunakan tulisan tangan akan lebih memiliki nilai tersendiri baik seni menjernihkan fikiran maupun keindaan, sehingga mereka dapat menemukan ide ataupun dapat memastikan rencaana kegiatan sesuai dengan schedule pasti yang telah di tetapkan.

Semua kegiatan yang telah di rencanakan, harus di lakukan dengan tepat sesuai dengan waktu jam, tanggal, dan hari yang telah di tentukan. Bagi mereka schedule yang telah di buat benar-benar merupakan sebuah janji yang harus ditepati [やくそく」oleh karena itu mereka tidak akan sembarangan merubah rencana yang telah di tetapkannya. 

Jika kita berkunjung ke Jepang maka kita akan banyak mendapati berbagai design buku agenda di toko toko buku, buku agenda atau dalam bahasa Jepang di sebut Techo ini dapat kita temukan dengan mudah pada saat pergantian tahun/menyambut tahun baru. Toko-toko buku akan menjual berbagai macam techo dengan sampul, warna dan design yang menarik.

Sebenarnya tidak hanya di negara Jepang, di negara kitapun seseorang biasa menggunakan buku agenda untuk mengatur rencana kerja maupun aktivitas lainnya, hanya saja yang saya rasakan sampai dengan saat ini saya merasa kagum dengan kebiasaan mereka menulis dengan tangan, mereka sangat menjiwai, menyukai dan menikmati hal ini, cara penulisan antara satu dengan yang lain tentunya orang Jepang pun berbeda-beda akan tetapi saya selalu mendapati mereka menggunakan buku ini dengan tulisan yang sangat rapi dan cantik.

Selain alasan yang di sampaikan diatas kenapa mereka lebih suka mencatat menggunakan buku agenda, sebagian menjawab bahwa ini merupakan hal yang menyenangkan di setiap harinya, kita akan selalu bersemangat karena kita dapat langsung mengetahui berbagai rencana baru yang akan dilakukan. Bagi Anda yang mempunyai aktifvitas padat jangan lupa menyiapkan buku agenda terbaik tahun selanjutnya, agar kita tetap termotivasi dengan jadwal kita.

Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!