Cuti Bersama 2021 Dikurangi, Ini SKBnya

Menjaga kelestarian air

                                                                       
    Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi seluruh makhluk di permukaan bumi ini, tanpa air semua akan binasa. Perlu kita sadari kurang lebih 75 % tubuh kita terdiri atas air , kondisi tubuh tetap akan terkendali jika kita minum air dengan cukup. Selain itu dalam presentasenya 71 % bumi ini hampir dikelilingi oleh  air. Kali ini sedikit mengulas tentang air salah satu senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan, dapat kita bayangkan bilamana bumi ini tanpa air tentu saja tanpa kehidupan.

[QS  Al-Mukminun : 18]
وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الْأَرْضِ ۖ وَإِنَّا عَلَىٰ ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ
Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.

     Mengutip dari firman Alloh SWT diatas dapat kita simpulkan bahwa Allah menurunkan air sesuai dengan ukuran yang telah di tentukan, dan air tersebut di tetapkan untuk tetap berada di bumi, hanya saja Alloh SWT dapat pula melenyapkan dengan kuasaNya.

Sang maha pencipta telah menjadikan air sebagai sumber energi bagi makhluknya, memahami dari firman Allah SWT tersebut tentunya air perlu kita jaga dengan sebaik baiknya, karena di ciptakan terukur air dapat juga habis. 

Bagaimana jika air ini dihilangkan dari bumi ini, tentunya sebuah malapetaka. Oleh sebab itu sepantasnya kita harus bersyukur karena dengan adanya air kita masih tetap bisa bertahan hidup sampai dengan saat ini. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjaga kelestarian air di sekitar kita ;


1. Gunakan air secukupnya
    Di perkotaan pada umumnya penggunaan air bersih tidak kita sadari dalam keadaan terancam, Dapat kita ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari, air bersih konsumsi yang kita minum saat ini kebanyakan air yang telah di kemas dan kita harus membeli. 

Berapa ribu liter saja kita harus memerlukan air untuk sumber kehidupan kita, sedangkan kita tanpa sadar kadang menggunakannya tanpa batas, tanpa kendali hingga kadang tebuang sia-sia, untuk itu kita perlu menyadarinya bahwa kita harus menggunakan air secukupnya. 

Selain itu pula kita harus tetap memperhatikan penggunaan air seperti mandi, mencuci, dan berbagai aktivitas lainnya tetap terukur, supaya tidak menimbulan dampak kerugian secara materi maupun ancaman kekurangan air di kemudian hari.

2. Menanam Pohon
    Gerakan menanam pohon satu orang satu pohon dewasa ini di galakkan, ini merupakan suatu langkah yang sangat penting bagi kehidupan di masa depan. Selain sebagai paru paru bumi, pohon sangat berperan penting bagi kelangsungan sumber mata air, kenapa begitu? pohon akan menyimpan dan mengatur air melalui akar-akarnya untuk tetap dapat tersimpan,  Dengan di tanamnya pepohonan maka air yang turun melalui hujan tidak akan langsung mengalir ke sungai melainkan akan tetap terserap dan tersimpan melalui akar pohon tersebut, sehingga air dapat memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya.

3. Membuang sampah pada tempatnya
    Kebiasaan buruk yang saat ini kadang masih kita lakukan seperti halnya membuang sampah sembarangan, ini akan membuat dampak buruk bagi kebersihan air selain itu semakin tingginya berbagai ancaman baik alam, maupun kesehatan bagi lingkungan hidup kita.

Sebagai makhluk yang mengerti tentang kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka perlunya kita sadar betapa pentingnya kita untuk memperhatikan menjaga lingkungan agar terlepas dari pencemaran sampah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Air dapat menjadikan sumber kehidupan akan tetapi, air juga dapat menjadi sumber bencana jika kita tidak menjaganya dengan baik. Oleh karena itu betapa pentingnya kita menjaga kelestarian air agar tetap terjaga ketersediaannya, bersih dan tidak tercemar, demi kelangsungan hidup kita semua.
Semoga bermanfaat salam.

Comments