Skip to main content

Menjaga kelestarian air

                                                                       
    Air merupakan sumber kehidupan yang sangat penting bagi seluruh makhluk di permukaan bumi ini, tanpa air semua akan binasa. Perlu kita sadari kurang lebih 75 % tubuh kita terdiri atas air , kondisi tubuh tetap akan terkendali jika kita minum air dengan cukup. Selain itu dalam presentasenya 71 % bumi ini hampir dikelilingi oleh  air. Kali ini sedikit mengulas tentang air salah satu senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan, dapat kita bayangkan bilamana bumi ini tanpa air tentu saja tanpa kehidupan.

[QS  Al-Mukminun : 18]
وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَسْكَنَّاهُ فِي الْأَرْضِ ۖ وَإِنَّا عَلَىٰ ذَهَابٍ بِهِ لَقَادِرُونَ
Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi, dan sesungguhnya Kami benar-benar berkuasa menghilangkannya.

     Mengutip dari firman Alloh SWT diatas dapat kita simpulkan bahwa Allah menurunkan air sesuai dengan ukuran yang telah di tentukan, dan air tersebut di tetapkan untuk tetap berada di bumi, hanya saja Alloh SWT dapat pula melenyapkan dengan kuasaNya.

Sang maha pencipta telah menjadikan air sebagai sumber energi bagi makhluknya, memahami dari firman Allah SWT tersebut tentunya air perlu kita jaga dengan sebaik baiknya, karena di ciptakan terukur air dapat juga habis. 

Bagaimana jika air ini dihilangkan dari bumi ini, tentunya sebuah malapetaka. Oleh sebab itu sepantasnya kita harus bersyukur karena dengan adanya air kita masih tetap bisa bertahan hidup sampai dengan saat ini. Apa saja yang perlu kita lakukan untuk menjaga kelestarian air di sekitar kita ;

1. Gunakan air secukupnya
    Di perkotaan pada umumnya penggunaan air bersih tidak kita sadari dalam keadaan terancam, Dapat kita ambil contoh dalam kehidupan sehari-hari, air bersih konsumsi yang kita minum saat ini kebanyakan air yang telah di kemas dan kita harus membeli. 

Berapa ribu liter saja kita harus memerlukan air untuk sumber kehidupan kita, sedangkan kita tanpa sadar kadang menggunakannya tanpa batas, tanpa kendali hingga kadang tebuang sia-sia, untuk itu kita perlu menyadarinya bahwa kita harus menggunakan air secukupnya. 

Selain itu pula kita harus tetap memperhatikan penggunaan air seperti mandi, mencuci, dan berbagai aktivitas lainnya tetap terukur, supaya tidak menimbulan dampak kerugian secara materi maupun ancaman kekurangan air di kemudian hari.

2. Menanam Pohon
    Gerakan menanam pohon satu orang satu pohon dewasa ini di galakkan, ini merupakan suatu langkah yang sangat penting bagi kehidupan di masa depan. Selain sebagai paru paru bumi, pohon sangat berperan penting bagi kelangsungan sumber mata air, kenapa begitu? pohon akan menyimpan dan mengatur air melalui akar-akarnya untuk tetap dapat tersimpan,  Dengan di tanamnya pepohonan maka air yang turun melalui hujan tidak akan langsung mengalir ke sungai melainkan akan tetap terserap dan tersimpan melalui akar pohon tersebut, sehingga air dapat memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya.

3. Membuang sampah pada tempatnya
    Kebiasaan buruk yang saat ini kadang masih kita lakukan seperti halnya membuang sampah sembarangan, ini akan membuat dampak buruk bagi kebersihan air selain itu semakin tingginya berbagai ancaman baik alam, maupun kesehatan bagi lingkungan hidup kita.

Sebagai makhluk yang mengerti tentang kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka perlunya kita sadar betapa pentingnya kita untuk memperhatikan menjaga lingkungan agar terlepas dari pencemaran sampah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Air dapat menjadikan sumber kehidupan akan tetapi, air juga dapat menjadi sumber bencana jika kita tidak menjaganya dengan baik. Oleh karena itu betapa pentingnya kita menjaga kelestarian air agar tetap terjaga ketersediaannya, bersih dan tidak tercemar, demi kelangsungan hidup kita semua.
Semoga bermanfaat salam.

  

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

ZuttoRide Indonesia #For All Riders

ZuttoRide Indonesia merupakan perusahaan Jepang yang berpusat di Nagoya, Jepang bergerak di bidang pelayanan konsultasi untuk sepeda motor, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 bertujuan untuk memberikan pelayanan nomer 1 bagi pengendara yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Seperti dengan motonya "For All Riders" PT ZuttoRide Indonesia memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengendara sepeda motor yang telah masuk ke dalam keikutsertaan [member].

      ZuttoRide  membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai merek sepeda motor dan dealer. Selain di Indonesia ZuttoRide juga hadir di Vietnam untuk membuat dan menyediakan layanan keanggotaan kepada seluruh pengendara. Melalui berbagai program layanan yang di sediakan, produsen dan delaer memungkinkan untuk meningkatkan citra merek masing-masing merek sepeda motor. Di Indonesia sendiri  pengendara sepeda motor yang telah dalam keikutsertaan/member dapat menerima pelayanaan selama 24 jam di bebe…

Referensi Kata Saat Membuang Sampah Dalam Bahasa Jepang

Sebelumnya kita sudah pernah mengulas tentang Membuang Sampah Seperti Di Jepang Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Bersih Dan Nyaman, kita ketahui bahwa di Jepang, sampah di bedakan atau dibagi menjadi beberapa jenis dalam pembuangannya pun dilakukan pada hari yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan  terhindar dari sampah.
Selain menjaga lingkungan tetap sehat bersih bebas dari sampah, hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pilah daur ulang. Mari mengenal beberapa contoh kata yang berkaitan dalam membuang sampah dalam bahasa Jepang dibawah ini;




可燃ごみ(燃えるごみ):Kanen Gomi (Moeru Gomi) :Sampah yang dapat dibakar
紙くず:Kamikuzu :Sampah kertas (Misalnya;sampah kertas pembungkus,tissue dan lain-lain 生ごみ:Namagomi :Sampah sisa makanan/sampah dapur
不燃ごみ (燃えないごみ):Funen Gomi (Moenaigomi) :Sampah yang tidak dapat dibakar
ガラス製品 :Garasuseihin: Barang-barang yang terbuat dari kaca (sisa pecah belah) プラスチック製品 :Puraschikkuseihin :Barang-barang yang ter…

Daftar Isi