Skip to main content

5 S Metode Memelihara Dan Menata Khas Jepang


    Menjaga dan memelihara tempat kerja dengan menerapkan metode kebiasaan dari negara Jepang dengan 5S. 5S adalah suatu metode menata dan memelihara area kerja secara intensif dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di area kerja sekaligus untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh.

  Penerapan 5S ini umumnya di lakukan bersamaan dengan pelaksanaan KAIZEN [akan kita pelajari di artikel selanjutnya] bertujuan agar dapat mendorong/melengkapi pelaksanaan 5S. 

Pelaksanaan 5S yang berasal dari budaya/kebiasaan Jepang ini tidak hanya di lakukan atau di pelajari di Negeri Sakura sendiri melainkan di negara negara maju lainnya seperti Amerika dan Eropa pun 5S menjadi metode edukasi dalam menerapkan kebiasaan dalam memelihara ketertiban lokasi kerjanya. 

Penerapan metode tersebut juga di terapkan beberapa perusahaan di Indonesia, khususnya di perusahaan-perusahaan Jepang.
Berikut rincian arti dari 5S tersebut;
                                                                   


                                                        image;consultsourcing.jp
1.   SEIRI    


     せいりとはいるものといらないものにくべつしていらないものをしょぶんする。
Seiri towa irumono to iranaimono ni kubetsushite iranaimono wo syobunsuru


Seiri adalah membedakan antara apa yang Anda butuhkan dan apa yang tidak Anda butuhkan dan buang apa yang tidak Anda Butuhkan.


2.   SEITON


     せいとんはいるものをつかいやすいばしょに、つかいやすいようにきちんとおくこと。
Seiton wa irumono wo tsukaiyasuibasyo ni, tsukaiyasuiyouni kichin to okukoto

Seiton adalah menempatkan barang yang Anda butuhkan di tempat yang mudah[dijangkau], dengan rapi untuk kemudahan Penggunaan.

3.   SEISOU


      せいそうはみのまわりのものやしょくばをきれいにそうじしていつでもつかえるようにすること.
Seisou wa minomawari no mono ya syokuba wo kirei ni soujishite itsudemo tsukaeru youni surukoto


Seisou adalah membersihkan benda-benda di sekeliling,  tempat kerja dan membuatnya selalu tersedia , siap  digunakan setiap saat.


4.   SEIKETSU


          せいけつはせいり、せいとん、せいそういじし、だれかみてもきれいで、わかりやすいじょうたいにたもち、きれいなたもとうをというきもちにさせることです。
Seiketsu wa seiri, seiton, seisouijishi, dareka mitemo kireide wakariyasui jyoutai ni tamochi kireina tamoto wo toiukimochi ni saiserukotodesu.


Seiketsu berarti , mempertahankan ( Seiri,Seiton,Seisou), siapa pun yang melihatnya dalam keadaan bersih, mudah  dimengerti, dan  menanamkan dalam perasaan untuk selalu dalam kondisi bersih/rapi.


5.   SHITSUKE


        しつけとはしょくばのルールやきりつをまもり、しゅうかんつずけることです。
Shitsuke to wa syokuba no ruru ya kiritsu wo mamori, syukan tsuzukerukotodesu.


Shitsuke adalah disiplin ditempat kerja mengikuti,mentaati peraturan dan mendisiplinkan untuk menjadikannya sebuah kebiasaan. 



Bagaimana dengan tempat kerja Anda? Semoga ulasan kali ini bermanfaat.



Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi