Skip to main content

5 S Metode Memelihara Dan Menata Khas Jepang


    Menjaga dan memelihara tempat kerja dengan menerapkan metode kebiasaan dari negara Jepang dengan 5S. 5S adalah suatu metode menata dan memelihara area kerja secara intensif dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di area kerja sekaligus untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh.

  Penerapan 5S ini umumnya di lakukan bersamaan dengan pelaksanaan KAIZEN [akan kita pelajari di artikel selanjutnya] bertujuan agar dapat mendorong/melengkapi pelaksanaan 5S. 

Pelaksanaan 5S yang berasal dari budaya/kebiasaan Jepang ini tidak hanya di lakukan atau di pelajari di Negeri Sakura sendiri melainkan di negara negara maju lainnya seperti Amerika dan Eropa pun 5S menjadi metode edukasi dalam menerapkan kebiasaan dalam memelihara ketertiban lokasi kerjanya. 

Penerapan metode tersebut juga di terapkan beberapa perusahaan di Indonesia, khususnya di perusahaan-perusahaan Jepang.
Berikut rincian arti dari 5S tersebut;
                                                                   


                                                        image;consultsourcing.jp
1.   SEIRI    


     せいりとはいるものといらないものにくべつしていらないものをしょぶんする。
Seiri towa irumono to iranaimono ni kubetsushite iranaimono wo syobunsuru


Seiri adalah membedakan antara apa yang Anda butuhkan dan apa yang tidak Anda butuhkan dan buang apa yang tidak Anda Butuhkan.


2.   SEITON


     せいとんはいるものをつかいやすいばしょに、つかいやすいようにきちんとおくこと。
Seiton wa irumono wo tsukaiyasuibasyo ni, tsukaiyasuiyouni kichin to okukoto

Seiton adalah menempatkan barang yang Anda butuhkan di tempat yang mudah[dijangkau], dengan rapi untuk kemudahan Penggunaan.

3.   SEISOU


      せいそうはみのまわりのものやしょくばをきれいにそうじしていつでもつかえるようにすること.
Seisou wa minomawari no mono ya syokuba wo kirei ni soujishite itsudemo tsukaeru youni surukoto


Seisou adalah membersihkan benda-benda di sekeliling,  tempat kerja dan membuatnya selalu tersedia , siap  digunakan setiap saat.


4.   SEIKETSU


          せいけつはせいり、せいとん、せいそういじし、だれかみてもきれいで、わかりやすいじょうたいにたもち、きれいなたもとうをというきもちにさせることです。
Seiketsu wa seiri, seiton, seisouijishi, dareka mitemo kireide wakariyasui jyoutai ni tamochi kireina tamoto wo toiukimochi ni saiserukotodesu.


Seiketsu berarti , mempertahankan ( Seiri,Seiton,Seisou), siapa pun yang melihatnya dalam keadaan bersih, mudah  dimengerti, dan  menanamkan dalam perasaan untuk selalu dalam kondisi bersih/rapi.


5.   SHITSUKE


        しつけとはしょくばのルールやきりつをまもり、しゅうかんつずけることです。
Shitsuke to wa syokuba no ruru ya kiritsu wo mamori, syukan tsuzukerukotodesu.


Shitsuke adalah disiplin ditempat kerja mengikuti,mentaati peraturan dan mendisiplinkan untuk menjadikannya sebuah kebiasaan. 



Bagaimana dengan tempat kerja Anda? Semoga ulasan kali ini bermanfaat.



Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

ZuttoRide Indonesia #For All Riders

ZuttoRide Indonesia merupakan perusahaan Jepang yang berpusat di Nagoya, Jepang bergerak di bidang pelayanan konsultasi untuk sepeda motor, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 bertujuan untuk memberikan pelayanan nomer 1 bagi pengendara yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Seperti dengan motonya "For All Riders" PT ZuttoRide Indonesia memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengendara sepeda motor yang telah masuk ke dalam keikutsertaan [member].

      ZuttoRide  membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai merek sepeda motor dan dealer. Selain di Indonesia ZuttoRide juga hadir di Vietnam untuk membuat dan menyediakan layanan keanggotaan kepada seluruh pengendara. Melalui berbagai program layanan yang di sediakan, produsen dan delaer memungkinkan untuk meningkatkan citra merek masing-masing merek sepeda motor. Di Indonesia sendiri  pengendara sepeda motor yang telah dalam keikutsertaan/member dapat menerima pelayanaan selama 24 jam di bebe…

Tanggal Perayaan Hari Besar di Jepang

Hari libur besar dalam setahun menurut kalender Jepang yang di sahkan dalam undang-undang negara Jepang cukup banyak, belum lagi jika ada libur pergantian musim. Bagi yang ingin melakukan kunjungan ke negeri matahari terbit mungkin artikel ini dapat menjadi acuan menentukan agenda perjalanan, supaya setelah sampai di Jepang bisa menikmati dengan melihat secara langsung perayaan hari besar tersebut. Dalam mengisi hari besar tersebut beberapa ivent festival perayaan atau yang sering di sebut [Matsuri] diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai wilayah Jepang. Berikut tanggal perayaan hari besar di Jepang; TanggalNama hari libur dalam Bahasa IndonesiaNama hari libur dalam Bahasa JepangKeterangan dan tradisi yang terkait1 JanuariTahun Baru元日 (Ganjitsu)Di hari-hari awal tahun baru terdapat tradisi melakukan hatsumode (kunjungan pertama ke kuil).Senin minggu ke-2 bulan JanuariHari Kedewasaan成人の日 (Seijin no hiComing of Age DayUpacara bernama Seijin shiki diadakan di seluruh Jepang untuk men…

Daftar Isi