Header Ads

Kandungan Gizi Ikan Kembung Tak Kalah Dengan Ikan Salmon.

Kali ini saya akan berbagi tentang manfaat dari ikan, tapi tunggu dulu karena saking banyaknya jenis ikan maka disini saya sebutkan jenis ikan yang sudah sangat familiar yaitu Ikan Kembung . Jangan kaget ya, karena ikan yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang tak kalah baiknya dari ikan salmon, nah guys ikan kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang masuk dalam golongan marga Rastrellinger, suku Scombridae, wahh ternyata kehidupan ini sangat unik karena bukan hanya manusia saja yang mempunyai marga dan suku guys, ikan pun ternyata juga memilikinya, saya yakin ikan-ikan ini pasti senang jika hidup di Indonesia karena kita punya "Bhineka Tunggal Ika" begitulah kiranya.
Ok kita langsung saja, menurut hasil penelusuran tim eksplorasi National Geograpic bersama Mr. Dan Buetnerr salah satu penulis asal Amerika Serikat, mereka melakukan penelitian di wilayah-wilayah yang penduduknya berumur panjang yang mereka namakan Zona Biru atau [Blue Zones].  Negara manakah itu? negara tersebut di antaranya adalah;

1. Loma Linda, San Bernardino Country, Calif, U.S
2. Okinawa, Jepang
3. Nicoyo Peninsula, Costa Rica
4. Sardinia, Italy
5. Ikaria, Yunani

Setelah di lakukan penelitian seperti contohnya di Loma Linda, California, masyarakat setempat membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain menjaga pola makan yang baik dengan mengontrol makanan seperti mengurangi konsumsi daging, sedangkan makanan yang mereka konsumsi pada umumnya bergantung pada kacang-kacangan, sayuran, oatmeal, roti gandum, alpukat dan menambahkan ikan dalam konsumsi makanan mereka. Salah satunya adalah ikan Salmon.
Tidak hanya di Loma Linda akan tetapi contoh lainnya seperti negara yang tidak asing lagi dengan tingginya konsumsi ikan, yaitu negara Jepang dalam kesehariannya mereka dikenal banyak mengkonsumsi ikan. Contoh negara-negara diatas mempunyai kesempatan berumur panjang hingga rata rata 100 tahun atau lebih lama 4 s/d 7 tahun karena dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi ikan.
Memang ikan salmon sangat populer di beberapa negara yang disebutkan tadi karena  kandungan di dalamnya yang sangat special yaitu kandungan Omega3 nya, dengan omega3 kadar lemak di dalam tubuh dapat di perbaiki, sehingga terhindar dari sakit jantung koroner dan masih banyak lagi manfat lainnya dari omega3. Sayangnya jenis ikan ini sangatlah mahal di Indonesia jika di bandingkan dengan jenis ikan lainnya karena memang jenis ikan salmon di datangkan dari luar negri alias impor, keadaan geografis dan iklim yang kemungkinan Ikan salmon sulit di jumpai di perairan laut NKRI.
Tetapi berita gembiranya kita masih mempunyai Ikan kembung yang jenis ikan ini tidak kalahnya dengan ikan salmon, bahkan menurut DR. Ir. Diah M Utari M.Kes ahli gizi dari Universitas Indonesia fakultas kesehatan masyarakat, menyampaikan jenis Ikan Kembung mengandung 2,6 g Omega3 yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan ikan salmon yang memiliki kandungan omega3 1,4 g hanya saja kandungan pigmen karotenoid astaxanthin di ikan salmon yang berfungsi untuk antioksidan, meningkatkan kesehatan fisik ini lenih tinggi bila di bandingkan dengan ikan lainya. Meskipun demikian mengenai lemak tak jenuh rantai ganda PUFA/Omega9 dan lemak tidak jenuh tunggal Mufa/Omega6 ikan kembung lebih baik.
                                                             
Pufa dan Mufa ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya Jantung yang tentu saja akan menjaga tubuh kita dari serangan penyakit seperti stroke, serangan jantung, mengontrol kadar gula darah [penderita diabetes]. Dan masih banyak lagi kandungan vitamin yang terdapat di ikan kembung ini seperti diantaranya vitamin A dan Dyang akan membantu absorsi kalsium dalam pemeliharaan tulang di  tubuh kita. Dapat kita simak dari beberapa manfaat dari jenis ikan diatas ikan kembung tak kalah supernya dengan ikan salmon, memang dari segi harga dan citranya ikan salmon lebih tinggi.
Ikan salmon selain faktor harga juga akan susah di temukan di pasar atau warung di dekat rumah, nah guys supaya kita bisa hidup 100 tahun lagi kayanya kita perlu akali dengan mencari alternatifnya yang tak kalah bersaing dengan ikan salmon, yaitu dengan mengkonsumsi ikan kembung. 
Jangan sampai kehabisan, saatnya pergi ke pasar guys.
Reference : Bankapos.com 2018/05/19

No comments

#Mari berkomentar dan berbagi ilmu