Skip to main content

Kandungan Gizi Ikan Kembung Tak Kalah Dengan Ikan Salmon.

Kali ini saya akan berbagi tentang manfaat dari ikan, tapi tunggu dulu karena saking banyaknya jenis ikan maka disini saya sebutkan jenis ikan yang sudah sangat familiar yaitu Ikan Kembung . Jangan kaget ya, karena ikan yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang tak kalah baiknya dari ikan salmon, nah guys ikan kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang masuk dalam golongan marga Rastrellinger, suku Scombridae, wahh ternyata kehidupan ini sangat unik karena bukan hanya manusia saja yang mempunyai marga dan suku guys, ikan pun ternyata juga memilikinya, saya yakin ikan-ikan ini pasti senang jika hidup di Indonesia karena kita punya "Bhineka Tunggal Ika" begitulah kiranya.
Ok kita langsung saja, menurut hasil penelusuran tim eksplorasi National Geograpic bersama Mr. Dan Buetnerr salah satu penulis asal Amerika Serikat, mereka melakukan penelitian di wilayah-wilayah yang penduduknya berumur panjang yang mereka namakan Zona Biru atau [Blue Zones].  Negara manakah itu? negara tersebut di antaranya adalah;

1. Loma Linda, San Bernardino Country, Calif, U.S
2. Okinawa, Jepang
3. Nicoyo Peninsula, Costa Rica
4. Sardinia, Italy
5. Ikaria, Yunani

Setelah di lakukan penelitian seperti contohnya di Loma Linda, California, masyarakat setempat membiasakan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain menjaga pola makan yang baik dengan mengontrol makanan seperti mengurangi konsumsi daging, sedangkan makanan yang mereka konsumsi pada umumnya bergantung pada kacang-kacangan, sayuran, oatmeal, roti gandum, alpukat dan menambahkan ikan dalam konsumsi makanan mereka. Salah satunya adalah ikan Salmon.
Tidak hanya di Loma Linda akan tetapi contoh lainnya seperti negara yang tidak asing lagi dengan tingginya konsumsi ikan, yaitu negara Jepang dalam kesehariannya mereka dikenal banyak mengkonsumsi ikan. Contoh negara-negara diatas mempunyai kesempatan berumur panjang hingga rata rata 100 tahun atau lebih lama 4 s/d 7 tahun karena dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi ikan.
Memang ikan salmon sangat populer di beberapa negara yang disebutkan tadi karena  kandungan di dalamnya yang sangat special yaitu kandungan Omega3 nya, dengan omega3 kadar lemak di dalam tubuh dapat di perbaiki, sehingga terhindar dari sakit jantung koroner dan masih banyak lagi manfat lainnya dari omega3. Sayangnya jenis ikan ini sangatlah mahal di Indonesia jika di bandingkan dengan jenis ikan lainnya karena memang jenis ikan salmon di datangkan dari luar negri alias impor, keadaan geografis dan iklim yang kemungkinan Ikan salmon sulit di jumpai di perairan laut NKRI.
Tetapi berita gembiranya kita masih mempunyai Ikan kembung yang jenis ikan ini tidak kalahnya dengan ikan salmon, bahkan menurut DR. Ir. Diah M Utari M.Kes ahli gizi dari Universitas Indonesia fakultas kesehatan masyarakat, menyampaikan jenis Ikan Kembung mengandung 2,6 g Omega3 yang jauh lebih tinggi di bandingkan dengan ikan salmon yang memiliki kandungan omega3 1,4 g hanya saja kandungan pigmen karotenoid astaxanthin di ikan salmon yang berfungsi untuk antioksidan, meningkatkan kesehatan fisik ini lenih tinggi bila di bandingkan dengan ikan lainya. Meskipun demikian mengenai lemak tak jenuh rantai ganda PUFA/Omega9 dan lemak tidak jenuh tunggal Mufa/Omega6 ikan kembung lebih baik.
                                                             
Pufa dan Mufa ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh khususnya Jantung yang tentu saja akan menjaga tubuh kita dari serangan penyakit seperti stroke, serangan jantung, mengontrol kadar gula darah [penderita diabetes]. Dan masih banyak lagi kandungan vitamin yang terdapat di ikan kembung ini seperti diantaranya vitamin A dan Dyang akan membantu absorsi kalsium dalam pemeliharaan tulang di  tubuh kita. Dapat kita simak dari beberapa manfaat dari jenis ikan diatas ikan kembung tak kalah supernya dengan ikan salmon, memang dari segi harga dan citranya ikan salmon lebih tinggi.
Ikan salmon selain faktor harga juga akan susah di temukan di pasar atau warung di dekat rumah, nah guys supaya kita bisa hidup 100 tahun lagi kayanya kita perlu akali dengan mencari alternatifnya yang tak kalah bersaing dengan ikan salmon, yaitu dengan mengkonsumsi ikan kembung. 
Jangan sampai kehabisan, saatnya pergi ke pasar guys.
Reference : Bankapos.com 2018/05/19

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi