Header Ads

Macam-macam Sate selain di Indonesia



  Apakah Anda termasuk penggemar makanan yang satu ini, SATE khas dengan cita rasa dan penyajiannya yang melegenda. Sate atau satay adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil kecil setelah itu di tusukkan ke lidi yang terbuat dari bambu atau sejenisnya lalu di panggang dengan bara api arang kayu. Sate di Indonesia sendiri merupakan makanan favorite dan merakyat dengan harga yang tidak terlalu mahal, beberapa jenis sate Indonesia dapat kita nikmati dengan mudah. Sate di tanah air memiliki ciri khas rasa, maupun dalam penyajiannya, misalnya saja Sate Padang, Sate Madura, Sate Bali, Sate Jawa dan masih banyak sate sate di daerah lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu mereka memiliki daya tarik yang berbeda beda..
Akan tetapi tidak hanya di Indonesia saja, beberapa negara mempunyai makanan sejenis sate yang tak kalah kelezatannya. Mari kita intip beberapa negara yang mempunyai sate juga dan tentunya dengan penyebutan masing masing negara akan berbeda. 

1. Yakitori


    Yakitori mungkin sudah tidak asing lagi, Yakitori merupakan sate ayam nya orang Jepang yang mempunyai cita rasa khas dan dengan berbagai kombinasi penyajian. Daging yang di iris kecil kecil, ditusuk dan  dan di bakar ini proses pembakarannya hampir sama dengan sate di Indonesia. Yakitori di jepang sudah ada sejak lama, mendengar dari ceritanya jaman dahulu mereka berfikir bagaimana cara masak agar cepat dan tidak memakai peralatan apapun, maka jadilah yakitori ini. Tidak hanya daging ayam tetapi sapi, sayuran seperti daun bawang, lainnya di jadikan tambahan untuk di bakar.

                                             
 2. Satti

     Untuk yang keduanya yaitu dari negara tetangga Philipina, Satti adalah sebutan sate di Philipina, hanya saja ada sedikit perbedaan cara penyajiannnya dengan di Indonesia. Satti di Philipina masih ada pengaruh barat , kebanyakan menggunakan daging b2, setelah di bakar diletakkan di mangkuk yang ada kuah kental merah, Sebenarnya hampir mirip dengan sate Padang akan tetapi rasa tentu saja berbeda. Penyajian dengan cara ini merupakan pengaruh dari negara Amerika Serikat.
Sedangkan untuk suku Moro, Philipina sate khas mereka hampir mirip dengan yang ada di Indonesia.
                                                 
3.Shish Kebab

   Shish kebab adalah potongan daging kecil ditusuk dan di panggang identik dengan hidangan yang di sebut shashlik. Hidangan yang kalau di indonesia sama dengan sate ini dapat kita temukan di wilayah Kaukasus, Turki. Shish kebab biasanya di buat dari daging domba, sapi ayam pun saat ini juga dapat di gunaan. Biasanya penyajian shish kebab dihidangkan dengan sayur salad disampingnya dan tidak dibakar bersamaan, namun ada juga berbagai kombinasi pembuatan shish kebab saat ini. 
                                                      
4. Dakkochi

   Dakkochi merupakan sate nya Korea Selatan, daging yang sudah di iris pipih kemudian di tusuk lalu dimasukkan ke dalam bumbu untuk di rendam sementara, lalu di bakar. Bumbunya terdiri dari jahe yang di haluskan, bawang bombay, gula coklat (brown sugar), pir digunakan sebagai bumbu, bumbu bumbu tersebut yang akan menentukkan khas , citarasa manis yang pas dan lezat. Untuk mendapatkan rasa yang sempurna biasanya daging direndam degan campuran bumbu di atas selama kurang lebih 15 menit, dimasukkan kulkas setelah itu baru tahap di bakar.
                                                      
5. Chuan

  Chuan berasal dari wilayah Xinjiang, Tiongkok. Jenis Sate ini telah polular di berbagai wilayah di China, bisa dibilang hampir seperti shish kebab ya, hanya saja di China Chuan ini selain daging domba, sapi, dan ayam bahan olahanya mereka meggunakan ikan laut, burung dan hewan lainnya. Sedangkan mengenai rempah rempah yang di gunakan secara umum yaitu biji cumin, lada merah, dan lada hitam kering, minyak, garam, dan wijen untuk menaburi. 
Cara menyantapnya setelah di bakar mereka menggunakan pasta kacang atau juga kue di belah lalu diisi dengan chuan yang sudah matang tadi.
                                                      
6. Suya
  Suya adalah sejenis sate yang dapat kita temukan di wilayah atau bagian negara Nigeria, bahan utamanya yaitu daging ayam, ada juga udang. Suya di sajikan dengan rasa sedikit pedas yang merupakan makanan populer kha Afrika bagian Barat, suya ini secara tradisional disiapkan oleh orang-orang dari Hausa, Nigeria Utara, Kamerun, Ghana.
Secara umumnya suya juga di buat dengan daging domba, sapi, jeroan , hati, ginjal, dan babat juga di gunakan.
                                                      

7. Spiedini

  Spiedini adalah sejenis makanan yang menyerupai sate dengan bahan daging sapi yang di potong kecil tipis. Rempah rempah yang digunakan terdiri dari minyak zaitun, rosemary, anggur putih, merica, dan garam. Cara panggangnya sama seperti sate Indonesia pada umumnya.

8. Espetada

  Espetada adalah kudapan/makanan ringan asal porugal yang menyerupai sate, bahan utama dari espetada ini dari daging sapi namun ada juga yang menggunakan daging b2. Daging yang telah di potong kecil lalu di tusukkan bersamaan dengan beberapa sayuran seperti paprika, daun bawang, bawang putih ke tusuk yang terbuat dari metal anti karat lalu di panggang. Sebagai pengganti daging espetada mereka juga menggunakan bahan utama dari laut seperti ikan, cumi untuk alternatif bagi yang tidak makan daging.

9. Banderillas 

  Banderillas merupakan sate yang berasal dari Meksiko, hanya saja selain daging dan sayuran sebagai bahan utama sate ini mereka menambahkan seperti burung puyuh, ikan laut, udang dan lainnya.

10. Espetinho

  Untuk yang terakhir yaitu sate dari Brasil yang disebut Espetinho, espetinho di ambil dari bahasa Portugis yang berarti daging kecil yang di iris, ditusuk menyerupai kebab. Hampir sama dengan beberapa sate portugal, hanya saja ada beberapa kombinasi sate espetinho yang di bumbui dan menggunakan sosis, udang, ikan  laut, untuk di sajikan seperti hot dog.
Penyajian dari sate espetinho di beri bumbu, saus, dan keju Brasil.

Ngomongin sate jadi laper, menurut kamu mana yang paling memikat lidah nih?