Skip to main content

MicroChip untuk anjing [ KTP untuk Anjing Kebijakan Baru Pemprov DKI Jakarta ]

                                        
   Mulai sekarang tidak hanya warga negara Indonesia yang harus memiliki KTP akan tetapi untuk wilayah DKI Jakarta sendiri telah mengatur tentang pemasangan identitas untuk anjing piaraan [Pets]. Pemprov DKI Jakarta mulai tanggal 1 Oktober 2018 menargetkan melakukan pemasangan mikrochip untuk anjing, sekitar 500 microchip di bagikan secara cuma-cuma pada pemilik anjing hingga akhir tahun 2018. Seperti yang disampaikan oleh kepala KPKP (Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan , Pertanian dan Ketahanan Pangan) DKI Jakarta  Ibu Sri Hartati yang seperti penjelasannya di lansir kompas.com "dari 500 microchip yang di bagikan sudah 314 telah di suntikkan. 

   Apa tujuan dan mengapa Pemprov DKI Jakarta perlu mengatur melakukan pemasanggan identitas microchip ini kepada Anjing, mengenai hal ini ternyata sudah ada landasan hukumnya yang sebelumnya telah diatur dalam Pergub (Peraturan Gubernur) DKI Nomor. 199 Tahun 2016 "tentang petunjuk pengawasan hewan rentan rabies serta pencegahan dan penaggulangan rabies di Jakarta, pemilik atau pemelihara hewan penular rabies (HPR) berjenis anjing memang wajib memasang mikrochip. 
  Jika di lihat dari pergub tersebut pada intinya merupakan suatu langkah pencegahan penyebaran rabies yang di timbulkan dari anjing, selain itu menurut pendiri LSM Jakarta Animal Aid Network [JAAN] Karin Franken pemasangan microchip ini dapat melindungi hak binatang tersebut karena dapat mendorong rasa pemilik lebih bertanggung jawab terhadap binatang peliharaanya. 
Seperti yang di sampaikan kepala KPKP (Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Kelautan , Pertanian dan Ketahanan Pangan) DKI Jakarta, Ibu Sri Hartati bahwa microchip tersebut di pasang  dibawah jaringan kulit anjing pada bagian punggung antara bahu. Jenis microchip yang di tanam adalah semacam Radio Frequency Identification [RFI] yang berbentuk silinder kaca kecil ukuran 12-15 milimeter dengan standar ISO 11784 dan 11785. Fungsi dari microchip tersebut yaitu dapat merekam data nama, jenis kelamin dan ras anjing dan tidak hanya itu alat ini dapat menyimpan identitas nama, alamat, dan juga nomer handphone pemilik yang formatnya menyerupai KTP.

  Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, maka identitas anjing serta kepemilikannya tersebut dapat di ketahui melalui microchipnya. Mungkin contoh kasusnya seperti jika anjing itu hilang, pembuangan binatang sembarangan, atau bahkan menggigit dan lain sebagainya maka dapat di ketahui identitasnya.
Jika Anda memiliki binatang piaraan Anjing ada baiknya mendapatkan microchip ini mumpung masih geratis.
Semoga informasi ini membantu salam.
Sumber reference;
beritajakarta.id
kompas.com
cnn indonesia
tirto.id
image:www.homeagain.com

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi