Header Ads

Antisipasi Jika Terjadi Gempa Dalam Berbagai Situasi

                                                   

Kita tidak akan pernah tau kapan bencana gempa akan terjadi, sebisa mungkin kita berusaha untuk menyelamatkan diri dengan langkah yang tepat sehingga kita dapat menghindari dan keluar dari keadaan darurat tersebut. Akibat dari gempa bumi tidak hanya menyebabkan runtuhnya bangunan akan tetapi bisa mengakibatkan bencana kebakaran, dan tsunami. Beberapa tindakan yang sering dilakukan oleh masyarakat Jepang dibawah ini bila memungkinkan dapat juga dijadikan referensi, selain itu juga beberapa antisipasi bagaimana cara agar dapat mampu mempertahankan hidup dalam kondisi bencana gempa terjadi.

Bagaimana jika gempa bumi terjadi, anda dalam situasi seperti dibawah ini;

Gempa Terjadi Ketika Anda Berada Didalam Rumah

Ketika tiba-tiba getaran gempa terjadi, jangan panik yang pertama kali perlu dilakukan adalah mari amankan diri anda terlebih dahulu untuk menghindari benturan ataupun runtuhan barang barang yang ada diatas anda. Contohnya seperti dengan segera berlindung dibawah meja yang kuat, adabaiknya juga kita ambil barang pelindung kepala seperti helm, atau bantal yang akan berfungsi juga menahan dari reruntuhan benda keras. Sebelum anda berpindah ke lokasi yang lebih aman pastikan terlebih dahulu guncangan sudah reda atau setidaknya kondisi masih dalam keadaan aman.

Dalam kondisi seperti ini pastikan pintu rumah anda dapat diakses, untuk segera keluar dan mencari tempat yang luas, cari tempat evakuasi yang aman untuk menghindari bangunan runtuh.


  • Jika terjadi gempa pada saat kita dalam kondisi tidur
          Yang perlu diperhatikan pada saat gempa terjadi saat  kondisi anda tertidur pulas, tiba tiba anda merasakan getaran pada saat itu anda masih tersadar lalu membuka mata, jangan takut dan jangan panik berdoalah bergegaslah untuk langsung berlindung dikolong tempat tidur untuk mengamankan diri. Kondisi ini anda perlu tetap waspada dan hati hati karena mungkin pecahan dan runtuhan mulai terjadi.
      
  • Jika terjadi gempa pada saat anda berada di toilet/kamar mandi   
           Jika anda merasakan guncangan, hati hati buka pintu terlebih dahulu untuk mengamankan rute evakuasi dan tunggu hingga guncangan reda. Kondisi didalam toilet atau kamar mandi cukup berbahaya karena ubin yang licin keadaan yang sempit sangatlah mudah terpleset sehingga kepala dapat terbentur, untuk menghindari itu anda perlu melindungi kepala seperti dengan ember dan usahakan merunduk jika anda ingin bergerak pindah posisi.
      
  • Jika terjadi gempa pada saat anda berada di dapur
Jika anda merasakan getaran gempa dalam keadaan masak didapur maka jangan panik tergesa gesa untuk lari, yang pertama perlu anda lakukan adalah matikan kompor gas dan langsung hindari barang barang panas disekitar anda, menjauhlah dari masakan panas karena sangat memungkinkan jika tidak segera menjauh barang barang berbahaya dan barang panas akan tumpah mengenai anda karena goncangan gempa. Kompor atau sejenisnya wajib anda matikan untuk menghindari kebakaran atau hal fatal lainnya.

Jika Getaran Gempa Sudah Reda

Jika sudah anda lakukan beberapa langkah diatas selanjutnya pastikan kembali tidak ada gas yang menyala, dan sementara untuk menghindari konsleting listrik alangkah baiknya anda mematikan juga saklar utama/meteran listrik.Jika tetap terjadi getaran hindari bagian bagian yang sekiranya akan jatuh, seperti anda harus menjahui pintu/jendela kaca

Persiapan kebutuhan hidup dalam kondisi darurat;

Setelah anda mematikan gas dan saluran listrik, anda perlu mempersiapkan bahan makanan untuk bertahan hidup jika suatu saat gempa susulan terjadi. Makanan dan minuman yang telah di siapkan dan dikemas dalam suatu tempat khusus dapat menolong anda ketika dalam keadaan darurat.

Alangkah baiknya barang dibawah ini perlu disiapkan dalam satu set;
Diperlukan makanan dan minuman kurang lebih untuk 3 hari dalam kondisi darurat
1. Air minum 3 liter
2. Makanan (jangan lupa jika anda punya bayi, anda juga harus menyesuaiakan jenis makanannya)
3. Obat-obatan, tissue
4. Baterai cadangan (senter, handphone, radio)
5. Uang tunai, barang berharga
6. Kartu-kartu penting (ATM, buku tabungan, asuransi)
7. Pakaian ganti secukupnya

Barang-barang diatas seandainya terjadi bencana, dalam kondisi darurat anda dapat langsung membawanya. Ada baiknya dipersiapkan jauh- jauh hari.

1 comment:


  1. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    ReplyDelete

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu