Skip to main content

Antisipasi Jika Terjadi Gempa Dalam Berbagai Situasi

                                                   

Kita tidak akan pernah tau kapan bencana gempa akan terjadi, sebisa mungkin kita berusaha untuk menyelamatkan diri dengan langkah yang tepat sehingga kita dapat menghindari dan keluar dari keadaan darurat tersebut. Akibat dari gempa bumi tidak hanya menyebabkan runtuhnya bangunan akan tetapi bisa mengakibatkan bencana kebakaran, dan tsunami. Beberapa tindakan yang sering dilakukan oleh masyarakat Jepang dibawah ini bila memungkinkan dapat juga dijadikan referensi, selain itu juga beberapa antisipasi bagaimana cara agar dapat mampu mempertahankan hidup dalam kondisi bencana gempa terjadi.

Bagaimana jika gempa bumi terjadi, anda dalam situasi seperti dibawah ini;

Gempa Terjadi Ketika Anda Berada Didalam Rumah

Ketika tiba-tiba getaran gempa terjadi, jangan panik yang pertama kali perlu dilakukan adalah mari amankan diri anda terlebih dahulu untuk menghindari benturan ataupun runtuhan barang barang yang ada diatas anda. Contohnya seperti dengan segera berlindung dibawah meja yang kuat, adabaiknya juga kita ambil barang pelindung kepala seperti helm, atau bantal yang akan berfungsi juga menahan dari reruntuhan benda keras. Sebelum anda berpindah ke lokasi yang lebih aman pastikan terlebih dahulu guncangan sudah reda atau setidaknya kondisi masih dalam keadaan aman.

Dalam kondisi seperti ini pastikan pintu rumah anda dapat diakses, untuk segera keluar dan mencari tempat yang luas, cari tempat evakuasi yang aman untuk menghindari bangunan runtuh.


  • Jika terjadi gempa pada saat kita dalam kondisi tidur
          Yang perlu diperhatikan pada saat gempa terjadi saat  kondisi anda tertidur pulas, tiba tiba anda merasakan getaran pada saat itu anda masih tersadar lalu membuka mata, jangan takut dan jangan panik berdoalah bergegaslah untuk langsung berlindung dikolong tempat tidur untuk mengamankan diri. Kondisi ini anda perlu tetap waspada dan hati hati karena mungkin pecahan dan runtuhan mulai terjadi.
      
  • Jika terjadi gempa pada saat anda berada di toilet/kamar mandi   
           Jika anda merasakan guncangan, hati hati buka pintu terlebih dahulu untuk mengamankan rute evakuasi dan tunggu hingga guncangan reda. Kondisi didalam toilet atau kamar mandi cukup berbahaya karena ubin yang licin keadaan yang sempit sangatlah mudah terpleset sehingga kepala dapat terbentur, untuk menghindari itu anda perlu melindungi kepala seperti dengan ember dan usahakan merunduk jika anda ingin bergerak pindah posisi.
      
  • Jika terjadi gempa pada saat anda berada di dapur
Jika anda merasakan getaran gempa dalam keadaan masak didapur maka jangan panik tergesa gesa untuk lari, yang pertama perlu anda lakukan adalah matikan kompor gas dan langsung hindari barang barang panas disekitar anda, menjauhlah dari masakan panas karena sangat memungkinkan jika tidak segera menjauh barang barang berbahaya dan barang panas akan tumpah mengenai anda karena goncangan gempa. Kompor atau sejenisnya wajib anda matikan untuk menghindari kebakaran atau hal fatal lainnya.

Jika Getaran Gempa Sudah Reda

Jika sudah anda lakukan beberapa langkah diatas selanjutnya pastikan kembali tidak ada gas yang menyala, dan sementara untuk menghindari konsleting listrik alangkah baiknya anda mematikan juga saklar utama/meteran listrik.Jika tetap terjadi getaran hindari bagian bagian yang sekiranya akan jatuh, seperti anda harus menjahui pintu/jendela kaca

Persiapan kebutuhan hidup dalam kondisi darurat;

Setelah anda mematikan gas dan saluran listrik, anda perlu mempersiapkan bahan makanan untuk bertahan hidup jika suatu saat gempa susulan terjadi. Makanan dan minuman yang telah di siapkan dan dikemas dalam suatu tempat khusus dapat menolong anda ketika dalam keadaan darurat.

Alangkah baiknya barang dibawah ini perlu disiapkan dalam satu set;
Diperlukan makanan dan minuman kurang lebih untuk 3 hari dalam kondisi darurat
1. Air minum 3 liter
2. Makanan (jangan lupa jika anda punya bayi, anda juga harus menyesuaiakan jenis makanannya)
3. Obat-obatan, tissue
4. Baterai cadangan (senter, handphone, radio)
5. Uang tunai, barang berharga
6. Kartu-kartu penting (ATM, buku tabungan, asuransi)
7. Pakaian ganti secukupnya

Barang-barang diatas seandainya terjadi bencana, dalam kondisi darurat anda dapat langsung membawanya. Ada baiknya dipersiapkan jauh- jauh hari.

Comments


  1. bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...

    ReplyDelete

Post a Comment

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Download SK Tiga Menteri Tentang Perubahan Cuti Bersama Dan Libur Nasional 2020

Berkaitan dengan penyebaran Corona Virus Desease 2019 atau yang sering di sebut Covid-19 dengan jumlah kasus dan jumlah meninggal yang masih terus meningkat dan meluas di wilayah Indonesia, pemerintah telah menerapkan berbagai antisipasi diantaranya telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar. Hal tersebut dilakukan untuk percepatan penanganan corona virus, disamping itu pula pemerintah telah mengupayakan penerapan pedoman bagi instansi pemerintah maupun swasta dalam  melaksanakan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2020. Oleh karena itu perlu dilakukannya pergeseran cuti bersama yang sebelumnya telah di terbitkan. Melihat dari penerapan peraturan seperti peraturan Pemerintah Nomer 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dan KEPRES Nomor.11 tahun 2020 tentang penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat  Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), yang menyatakan bahwa Covid-19 merupakan jenis penyakit ya

Daftar Isi