Skip to main content

Tradisi Berbagai Festival Di Setiap Musim Masyarakat Jepang


Negara Jepang memiliki 4 musim diantaranya ;
  1. Musim Semi ( Maret- Mei )
  2. Musim Panas ( Juni- Agustus )
  3. Musim Gugur ( September-November)
  4. Musim Dingin ( Desember-Februari )  
Di Jepang pada setiap musimnya memiliki acara festival yang menarik, dalam kehidupan sehari-hari bagaimana mereka mengisi kegiatan dalam pergantian musimnya agar tetap meriah merupakan agenda rutin yang terus dilestarikan hingga saat ini, mereka menyebutnya dengan "Matsuri".

Mungkin anda dapat membayangkan, kebanyakan seperti yang terdapat diberbagai media, perayaan berbagai festival diJepang sangat meriah dan menarik. Seluruh masyarakat berpartisipasi, bahkan orang asing yang berada di Jepang pun merasa tertarik untuk ikut mengisi dalam acara festival itu.

Beberapa contoh festival/matsuri diJepang  :

  • Ohanami

Ohanami merupakan salah satu festival yang paling identik pada saat musim semi Jepang, hanami atau juga Ohanami adalah tradisi Jepang dalam menikmati untuk melihat keindahan bunga, khususnya bunga sakura secara langsung. Mekarnya bunga sakura merupakan lambang kebahagiaan telah tibanya musim semi. Acara ini masyarakat di Jepang akan pergi keluar atau piknik dengan menggelar tikar untuk makan dan minum di bawah pohon sakura.

  •  Aoi Matsuri

Sedangkan di Kyoto ada perayaan matsuri musim semi yang di sebut Aoi Matsuri, festival ini di adakan secara rutin setiap tahunnya pada bulan mei. Iring iringan yang disebut dengan Rotonogi akan pawai dijalan raya, para pejabat istana akan di iring menuju kuil Kimigamo dan kuil Shimogamo.

  • Mitama Matsuri   
Mitama matsuri adalah salah satu festival besar yang berada di Tokyo, tepatnya pelaksanaan matsuri ini berada di kuil Yasukuni. Dalam matsuri ini menampilkan hampir 30.000 lentera yang memiliki arti mendedikasikan untuk pahlawan yang gugur pada saat perang dunia ke II.  Mitama matsuri diadakan pada saat musim panas.

  • Sumidagawa Matsuri
Pelaksanaan festival musim panas juga identik dengan perayaan festival kembang api, salah satunya Sumidagawa Matsuri adalah festival kembang api tertua di dunia karena festival kembang api ini pertama kali diadakan pada tahun 1732 dengan menampilkan berbagai kompetisi kembang api hingga 22,000 kembang api. Matsuri ini diadakan di sekitar sungai Sumida, Tokyo.

  • Nagoya Matsuri
Sesuai dengan namanya Nagoya matsuri adalah salah satu perayaan festival di kota Nagoya pada saat musim gudur. Festival ini merupakan matsuri terbesar di Nagoya yang dilaksanakan selama 2 hari sekitar pertengahan bulan Oktober. Para pria dan wanita yang berpakaian adat zaman dulu atau arakan Mikoshi yang diiringi dengan musik Kagura. Matsuri ini dikena sebuah acara untuk menghormati laki laki terkuat pada masa pertengahan yaitu Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Leyasu.

  • Takayama Matsuri 
Takayama mastsuri adalah perayaan festival di kota Takayama, Gifu. Festival Takayama diadakan dua kali dalam setahun musim semi dan musim gugur. Dalam pelaksanaanya Takayama Matsuri dipusatkan dua lokasi yang berbeda, diantaranya di kuil Hie pada saat musim Semi, sedangkan di musim gugur atau pertengahan bulan April di selatan kota Takayama. Festival Takayama ini sudah dimulai sejak abad 16 hingga 17, diyakini telah dimulai selama pemerintahan keluarga Kanamori.

  • Yokote Kamakura Matsuri (Festival Salju) 
Yokote Kamakura diadakan pada saat puncak musim dingin sekitar pertengahan bulan Februari, di perfektur Akita. Mereka membuat Igloo (rumah rumah salju khas suku Eskimo, Antartika), dengan menyajikan sejenis kue beras dan mochi yang dipanggang. Rumah rumah kecil dari salju itu ada yang berukuran kecil maupun sedang sehingga kita dapat masuk kedalamnya.
Rumah Igloo yang dibangun memberi kesan hangat sehingga pengunjung merasa nyaman sambil menikmati kue khas Kamakura Festival.

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

ZuttoRide Indonesia #For All Riders

ZuttoRide Indonesia merupakan perusahaan Jepang yang berpusat di Nagoya, Jepang bergerak di bidang pelayanan konsultasi untuk sepeda motor, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 bertujuan untuk memberikan pelayanan nomer 1 bagi pengendara yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Seperti dengan motonya "For All Riders" PT ZuttoRide Indonesia memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengendara sepeda motor yang telah masuk ke dalam keikutsertaan [member].

      ZuttoRide  membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai merek sepeda motor dan dealer. Selain di Indonesia ZuttoRide juga hadir di Vietnam untuk membuat dan menyediakan layanan keanggotaan kepada seluruh pengendara. Melalui berbagai program layanan yang di sediakan, produsen dan delaer memungkinkan untuk meningkatkan citra merek masing-masing merek sepeda motor. Di Indonesia sendiri  pengendara sepeda motor yang telah dalam keikutsertaan/member dapat menerima pelayanaan selama 24 jam di bebe…

Referensi Kata Saat Membuang Sampah Dalam Bahasa Jepang

Sebelumnya kita sudah pernah mengulas tentang Membuang Sampah Seperti Di Jepang Untuk Menciptakan Lingkungan Yang Bersih Dan Nyaman, kita ketahui bahwa di Jepang, sampah di bedakan atau dibagi menjadi beberapa jenis dalam pembuangannya pun dilakukan pada hari yang sudah ditentukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga lingkungan sekitar tetap bersih dan  terhindar dari sampah.
Selain menjaga lingkungan tetap sehat bersih bebas dari sampah, hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pilah daur ulang. Mari mengenal beberapa contoh kata yang berkaitan dalam membuang sampah dalam bahasa Jepang dibawah ini;




可燃ごみ(燃えるごみ):Kanen Gomi (Moeru Gomi) :Sampah yang dapat dibakar
紙くず:Kamikuzu :Sampah kertas (Misalnya;sampah kertas pembungkus,tissue dan lain-lain 生ごみ:Namagomi :Sampah sisa makanan/sampah dapur
不燃ごみ (燃えないごみ):Funen Gomi (Moenaigomi) :Sampah yang tidak dapat dibakar
ガラス製品 :Garasuseihin: Barang-barang yang terbuat dari kaca (sisa pecah belah) プラスチック製品 :Puraschikkuseihin :Barang-barang yang ter…

Daftar Isi