Skip to main content

Misoshiru (味噌汁), Sup Jepang Yang Enak Dan Bikin Nagih

Mengenal makanan Jepang yang tentunya sudah tak asing lagi bagi beberapa pecinta masakan/makanan Jepang, sup misoshiru (味噌汁) adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dasi katsuobushi (serutan ikan cakalang) kacang kedelai, beras atau biji-bijian seperti gandum yang difermentasi dengan menambah garam dan ragi [koji]. 




Tambahan atau isi topping yang digunakan untuk menyajikan misoshiru ini beraneka macam, namun yang paling sering di gunakan yaitu rumput laut atau ワカメ (wakame) dan tahu 豆腐 (tofu). Misoshiru memiliki rasa yang khas segar dan nikmat dihidangkan panas, sangat cocok pula untuk lauk makan dengan nasi panas. 

Selain wakame, ada pula seperti kerang あさり (asari), lobak 大根 (daikon)、ataupun ikan laut juga sering di gunakan sebagai tambahan isi/topping dalam menyajikan sup misoshiru ini. Di Jepang misoshiru memiliki rasa yang khas dan ada pula misoshiru yang dibuat secara khas mewakili dari citarasa beberapa daerah di Jepang.

Penyajian sup ini sangat sederhana dan simple, ini akan menjadi menu yang pasti di setiap rumah, restaurant jepang sehingga dimanapun misoshiru dapat dengan mudah ditemui. Pada umumnya sup ini sudah menjadi menu utama dengan nasi sejak jaman dulu atau yang disebut Ichiju isshai  hidangan satu set berupa nasi, sup miso, dan satu jenis lauk.

Aroma dari misoshiru yang khas bagi orang jepang akan menambah selera nafsu makan, begitu pula orang asing yang memang banyak peminatnya. Dasi yang menjadi bahan utama racikan misoshiru ini terasa asin jika langsung dicicipi, maka memasaknya dengan air mendidih secukupnya setelah itu  beberapa isi/topping yang disebutkan diatas seperti rumput laut dimasukkan.

Di Indonesia beberapa toko telah banyak yang menjajakan, impor langsung dari Jepang sehingga dapat dengan mudah kita temui. Apalagi bagi mereka yang tinggal dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali ataupun dikota besar lainnya dengan mudah untuk mendapatkan sup misoshiru. 

Toko-toko biasanya menjual misoshiru instan sehingga memudahkan untuk membuatnya, tinggal disedu dengan air panas lalu siap dihidangkan, rasanya pun tentu saja terjamin sesuai dengan seperti yang ada di Jepang. Dalam satu bungkus biasanya terdapat beberapa sachet (satu sachet sekali sedu).

Bagaimana, apakah kamu pecinta sup misoshiru? Sebagai pengganti musim dingin, silahkan kamu mencicipi sup misoshiru pada saat musim hujan di Indonesia bikin nagih lohh.., selain simple dan praktis sup ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.
では今日はここまで終わりにしましょう。
ありがとうございます。



Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

ZuttoRide Indonesia #For All Riders

ZuttoRide Indonesia merupakan perusahaan Jepang yang berpusat di Nagoya, Jepang bergerak di bidang pelayanan konsultasi untuk sepeda motor, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 bertujuan untuk memberikan pelayanan nomer 1 bagi pengendara yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Seperti dengan motonya "For All Riders" PT ZuttoRide Indonesia memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengendara sepeda motor yang telah masuk ke dalam keikutsertaan [member].

      ZuttoRide  membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai merek sepeda motor dan dealer. Selain di Indonesia ZuttoRide juga hadir di Vietnam untuk membuat dan menyediakan layanan keanggotaan kepada seluruh pengendara. Melalui berbagai program layanan yang di sediakan, produsen dan delaer memungkinkan untuk meningkatkan citra merek masing-masing merek sepeda motor. Di Indonesia sendiri  pengendara sepeda motor yang telah dalam keikutsertaan/member dapat menerima pelayanaan selama 24 jam di bebe…

Hanko atau juga disebut Inkan "Cap Stempel Ala Jepang"

Kali ini saya akan berbagi kembali tentang budaya Jepang, bagaimana orang Jepang menggunakan stempel sebagai alat pengganti tanda tangan, ya orang Jepang jika melakukan tanda tangan biasanya mereka akan lebih sering menggunakan HANKO atau bisa di sebut juga dengan INKAN. Apa itu hanko? Hanko adalah stempel pribadi yang berfungsi sebagai alat pengganti tanda tangan dalam pengesahan berbagai dokumen. Hangko digunakan untuk menyetempel berbagai bukti pengakuan legalitas dokumen, contohnya seperti dokumen pribadi, dokumen kantor, kontrak perjanjian, hasil karya seni, surat nikah, dan lain sebagainya. Meskipun beberapa tetap menggunakan tanda tangan huruf kanji, tetapi penggunaan hanko juga sering di gunakan oleh orang Jepang. 


Secara historis hanko/stempel khas Jepang ini sudah di gunakan untuk mengidentifikasi individu/orang yang terlibat dalam pemerintahan dan perdagangan dari zaman kuno. Dahulu kala para petinggi jepang seperti kaisar, shogun, samurai, masing-masing memiliki segel/ste…

Daftar Isi