Misoshiru (味噌汁), Sup Jepang Yang Enak Dan Bikin Nagih

Mengenal makanan Jepang yang tentunya sudah tak asing lagi bagi beberapa pecinta masakan/makanan Jepang, sup misoshiru (味噌汁) adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dasi katsuobushi (serutan ikan cakalang) kacang kedelai, beras atau biji-bijian seperti gandum yang difermentasi dengan menambah garam dan ragi [koji]. 




Tambahan atau isi topping yang digunakan untuk menyajikan misoshiru ini beraneka macam, namun yang paling sering di gunakan yaitu rumput laut atau ワカメ (wakame) dan tahu 豆腐 (tofu). Misoshiru memiliki rasa yang khas segar dan nikmat dihidangkan panas, sangat cocok pula untuk lauk makan dengan nasi panas. 

Selain wakame, ada pula seperti kerang あさり (asari), lobak 大根 (daikon)、ataupun ikan laut juga sering di gunakan sebagai tambahan isi/topping dalam menyajikan sup misoshiru ini. Di Jepang misoshiru memiliki rasa yang khas dan ada pula misoshiru yang dibuat secara khas mewakili dari citarasa beberapa daerah di Jepang.

Penyajian sup ini sangat sederhana dan simple, ini akan menjadi menu yang pasti di setiap rumah, restaurant jepang sehingga dimanapun misoshiru dapat dengan mudah ditemui. Pada umumnya sup ini sudah menjadi menu utama dengan nasi sejak jaman dulu atau yang disebut Ichiju isshai  hidangan satu set berupa nasi, sup miso, dan satu jenis lauk.

Aroma dari misoshiru yang khas bagi orang jepang akan menambah selera nafsu makan, begitu pula orang asing yang memang banyak peminatnya. Dasi yang menjadi bahan utama racikan misoshiru ini terasa asin jika langsung dicicipi, maka memasaknya dengan air mendidih secukupnya setelah itu  beberapa isi/topping yang disebutkan diatas seperti rumput laut dimasukkan.

Di Indonesia beberapa toko telah banyak yang menjajakan, impor langsung dari Jepang sehingga dapat dengan mudah kita temui. Apalagi bagi mereka yang tinggal dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali ataupun dikota besar lainnya dengan mudah untuk mendapatkan sup misoshiru. 

Toko-toko biasanya menjual misoshiru instan sehingga memudahkan untuk membuatnya, tinggal disedu dengan air panas lalu siap dihidangkan, rasanya pun tentu saja terjamin sesuai dengan seperti yang ada di Jepang. Dalam satu bungkus biasanya terdapat beberapa sachet (satu sachet sekali sedu).

Bagaimana, apakah kamu pecinta sup misoshiru? Sebagai pengganti musim dingin, silahkan kamu mencicipi sup misoshiru pada saat musim hujan di Indonesia bikin nagih lohh.., selain simple dan praktis sup ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.
では今日はここまで終わりにしましょう。
ありがとうございます。



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Batik Adalah Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

Download [ SKB 3 Menteri ] Libur Nasional Tahun 2020 Terbit, Mulai Rencanakan Jadwal Liburanmu Sekarang