Skip to main content

Misoshiru (味噌汁), Sup Jepang Yang Enak Dan Bikin Nagih

Mengenal makanan Jepang yang tentunya sudah tak asing lagi bagi beberapa pecinta masakan/makanan Jepang, sup misoshiru (味噌汁) adalah masakan Jepang berupa sup dengan bahan dasar dasi katsuobushi (serutan ikan cakalang) kacang kedelai, beras atau biji-bijian seperti gandum yang difermentasi dengan menambah garam dan ragi [koji]. 




Tambahan atau isi topping yang digunakan untuk menyajikan misoshiru ini beraneka macam, namun yang paling sering di gunakan yaitu rumput laut atau ワカメ (wakame) dan tahu 豆腐 (tofu). Misoshiru memiliki rasa yang khas segar dan nikmat dihidangkan panas, sangat cocok pula untuk lauk makan dengan nasi panas. 

Selain wakame, ada pula seperti kerang あさり (asari), lobak 大根 (daikon)、ataupun ikan laut juga sering di gunakan sebagai tambahan isi/topping dalam menyajikan sup misoshiru ini. Di Jepang misoshiru memiliki rasa yang khas dan ada pula misoshiru yang dibuat secara khas mewakili dari citarasa beberapa daerah di Jepang.

Penyajian sup ini sangat sederhana dan simple, ini akan menjadi menu yang pasti di setiap rumah, restaurant jepang sehingga dimanapun misoshiru dapat dengan mudah ditemui. Pada umumnya sup ini sudah menjadi menu utama dengan nasi sejak jaman dulu atau yang disebut Ichiju isshai  hidangan satu set berupa nasi, sup miso, dan satu jenis lauk.

Aroma dari misoshiru yang khas bagi orang jepang akan menambah selera nafsu makan, begitu pula orang asing yang memang banyak peminatnya. Dasi yang menjadi bahan utama racikan misoshiru ini terasa asin jika langsung dicicipi, maka memasaknya dengan air mendidih secukupnya setelah itu  beberapa isi/topping yang disebutkan diatas seperti rumput laut dimasukkan.

Di Indonesia beberapa toko telah banyak yang menjajakan, impor langsung dari Jepang sehingga dapat dengan mudah kita temui. Apalagi bagi mereka yang tinggal dikota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali ataupun dikota besar lainnya dengan mudah untuk mendapatkan sup misoshiru. 

Toko-toko biasanya menjual misoshiru instan sehingga memudahkan untuk membuatnya, tinggal disedu dengan air panas lalu siap dihidangkan, rasanya pun tentu saja terjamin sesuai dengan seperti yang ada di Jepang. Dalam satu bungkus biasanya terdapat beberapa sachet (satu sachet sekali sedu).

Bagaimana, apakah kamu pecinta sup misoshiru? Sebagai pengganti musim dingin, silahkan kamu mencicipi sup misoshiru pada saat musim hujan di Indonesia bikin nagih lohh.., selain simple dan praktis sup ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.
では今日はここまで終わりにしましょう。
ありがとうございます。



Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi