Mudik ngak nih ?

Setelah setahun lebih  Covid-19 meneror kita semua, semakin hari dampaknya semakin sangat terasa, tidak hanya dalam perekonomian melainkan dalam cara kita beraktivitas sehari-hari. Sudah terasa jenuh juga mungkin dengan kondisi ini tapi harus bagaimana lagi. Ditambah beberapa kebijakan untuk menekan pertumbuhan virus ini, kembali di perayaan hari lebaran tahun 2021 pemerintah melarang kita untuk mudik. Dampaknya pro dan kontra yang luar biasa dalam masyarakat. Dokumentasi pribadi Larangan ini sangat terasa untuk para perantau seperti saya yang masih punya kampung halaman, bisa jadi bukan hanya kita yang menginginkan kita untuk pulang tetapi keluarga di kampung sana pasti banyak orang tua, keluarga dan kerabat menunggu untuk kita pulang kampung. Sebenarnya tujuan pemerintah ada benarnya juga, demi keselamatan kita bersama dan keluarga, cuman mungkin ini memiliki dampak yang cukup serius juga untuk masyarakat ditanah rantau maupun keluarga didesa yang benar benar ingin bertemu keluarga.

Benarkah Uang Kuno Harganya Fantastis Dan Siapa Yang Membeli ?

Akhir-akhir ini banyak pemberitaan tentang harga uang kuno yang cukup fantastis, lalu sebenarnya kenapa sih bisa bernlai mahal? atau bahkan anda salah satu pemiliknya. Kelihatannya jadul dan nampak seperti usang, bisa jadi untuk beli sesuatu ke warung tak akan laku.

Tapi jangan salah, meski tampak jadul beberapa uang kuno memiliki harga yang tinggi. Uang kuno yang memiliki kelangkaan dan ciri khas tersendiri banyak di buru oleh pedagang atau kolektor barang antik.

Berbagai pendapat menurut mereka yang memang menyukai uang kuno selain untuk koleksi barang antik, uang kuno disebut tanda mata untuk mengingat sejarah peradaban setiap periode. Selain itu beberapa koin juga di sinyalir memiliki kandungan emas, motif unik atau bahan-bahan tertentu sehingga menarik untuk di koleksi.

Contohnya uang kuno Indonesia Rupiah menurut penelusuran di beberapa toko online, jenis uang kertas 100 rupiah yang dicetak pada tahun 1948 bernilai jual yang cukup fantastis yaitu bisa laku mencapai 100 juta rupiah. Bahkan jika kondisinya masih bagus dan tampak seperti baru taksiran harga bisa mencapai 150 jutaan, WOWW juga nih beruntung banget orang yang memilikinya dan masih banyak uang kuno yang harganya menggiurkan. Sepertihalnya uang koin dibawah ini;


    Ilustrasi penjualan uang koin kuno secara online

Setelah saya cek sendiri memang benar adanya uang kuno ternyata memiliki harga yang cukup fantastis. Saat ini yang menjadi tranding harga tinggi dalam jual beli uang kuno dikalangan kolektor masih dipegang uang seri wayang 100 Gulden, seri Soekarno pecahan 1.000 tahun 1960, seri barong pecahan 10.000, seri Jendral Sudirman pecahan 10.000 dan uang seri hewan, dan uang seri budaya pecahan 1.000. Jika beruntung kolektor akan membeli hingga ratusan juta rupiah.

  
 Koleksi pribadi

Seperti gambar diatas saya juga ada beberapa uang kuno, iseng juga sedikit demi sedikit  koleksi uang kuno terkumpul meski tidak banyak. Barangkali dikemudian hari bisa laku berlipat haha.

Nah mulai sekarang jika punya uang yang sudah tidak laku jangan digletakin begitu saja, alangkah baiknya kita simpan siapa tau beberapa tahun kedepan ada kolektor yang menghubungi Anda dan tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan harga jual berilai tinggi.

Sebenarnya tidak hanya di Indonesia, diluar negeripun perdagangan uang kuno juga banyak ditemukan baik secara online atau bisa ditemukan dalam toko barang antik.

Semoga bermanfaat.

Comments

ABOUT