Citra Payung Adalah "milik perempuan" Mulai Runtuh Di Jepang

Saat ini di Jepang, image "Citra payung adalah milik perempuan" mulai runtuh, karena  panas yang tidak sesuai dengan musimnya terus berlanjut. Permintaan akan payung sebagai tindakan pencegahan sengatan matahari yang panas semakin meningkat.

Akhir-akhir ini memasuki musim panas, masyarakat Jepang mengeluhkan kondisi cuaca yang sangat panas di berbagai wilayah Jepang. Mereka berfikir ada baiknya memakai payung jika kondisi diluar begitu panas dirasakan.

Bahkan siapapun itu serasa ingin menggunakan payung saat keluar rumah, termasuk para lelaki di Jepang. Hanya saja sebagian besar payung dipasaran memiliki desain yang lucu dan cenderung diperuntukkan wanita, tentusaja ini membuat kaum lelaki tidak ingin membelinya.

Seperti di laporkan Reuters, pada Sabtu, 25/06/2022 menurut JMA (Badan Meteorologi Jepang), suhu disana bisa menembus angka 40,2  derajat celcius. Luar biasa panas itu Guyss
Menurut JMA, satu stasiun cuaca mencatat suhu 40,2 derajat celcius tersebut terdeteksi pada Sabtu sore di kota Isesaki salah satu kota yang terletak 86 Km barat laut kota Tokyo.

Tidak ada alasan lain, meskipun tidak hujan sebagian masyarakat mulai mengatasinya dengan menggunakan payung saat kondisi sinar matahari terlalu kuat (panas). Saat ini jumlah laki-laki yang menggunakan payung semakin bertambah.

Mereka menggunakan payung yang bisa di lipat dan dapat disimpan dalam tas, sehingga saat kondisi panas yang ekstrim atau tiba-tiba hujan, payung dapat digunakan sebagai payung biasa.

Harga payung semakin berfariasi dari yang murah berkisar 1000 Yen hingga 4950 Yen. Pabrikan payung Jepang mulai memperhatikan design yang pas bagi laki-laki yang ingin menggunakan payung untuk mengatasi paparan sinar matahari langsung, meski kondisi saat tidak turun hujan.

Dijepang, beberapa beranggapan bahwa menggunakan payung merupakan barang yang dikenakan oleh seorang perempuan. Namun, anggapan itu mulai tidak berlaku dan berbagai pengembangan tentang design payung yang diperuntukkan laki-laki pun semakin banyak.

Digunakan Sebagai Peluang Bisnis.


 Image: https://www.i-kasa.com/

Ada juga peluang bisnis yang dilakukan oleh pengembang aplikasi sebagai usaha pelayanan jasa "Rental Payung". Seperti yang dikembangkan oleh i-kasa .

i-kasa adalah layanan jasa rental payung yang dimana anda memungkinkan untuk menggunakan payung dan dapat di temukan dari 1000 tempat di 13 prefektur nasional Jepang melalui aplikasi.

Ada sekitar 700 tempat di Tokyo, dan sekitar 20 payung disediakan pada setiap tempatnya. Pengguna bisa meminjam payung dari lokasi yang di inginkan ketika ingin menggunakannya dan mengembalikan ketempat yang di inginkannya pula.

Biaya penggunaanya adalah 70 Yen (termasuk pajak), berapa kalipun kalian menyewa payung dalam waktu 24 jam (hingga dua payung dapat disewa sekaligus). Biaya penggunaan maksimum pada bulan yang sama adalah 420 Yen (termasuk pajak), dan biaya tidak berubah berapa kalipun kalian menggunakannya.

Ada juga paket berlangganan yang bisa digunakan berkali-kali dalam sebulan dengan biaya sebesar 280 Yen atau jika di rupiahkan saat ini kurang lebih Rp. 31.000.-  (sudah termasuk pajak) cukup murah bukan.

Payung rental i-kasa,sebenarnya dirancang khusus sebagai pelindung dari cahaya panas matahari tapi tentu saja payung ini juga bisa digunakan saat hujan datang atau bisa digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Meskipun jumlah penggunaan sedikit dibandingkan dengan saat hujan, penggunaan payung saat musim panas secara bertahap terus meningkat dari sekitar bulan April 2022 (penggunaan pada jam-jam cuaca cerah), dan digunakan terus berlanjut saat cuaca panas beberapa hari terakhir ini.

Sejak tahun 2020 i-kasa bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup Jepang untuk melakukan kampanye memberikan payung secara gratis saat peringatan heat stroke (Kondisi medis yang disebabkan karena terlalu panas dalam tubuh. Jika tidak diobati, bisa merusak otak, jantung, ginjal, dan otot).

Ketika ditanya tentang upaya tahun ini dari Kementerian Lingkungan Hidup, i-kasa menjawab ''Kami ingin melanjutkan upaya kami pada tahun 2022, tetapi dalam proses penyesuaian dan pertimbangan". 

Dengan latar belakang ini i-kasa sedang mempertimbangkan untuk memperluas jenis payung yang dapat digunakan sebagai payung yang bersifat melindungi tubuh dari panasnya suhu tinggi sinar matahari. Tampaknya jumlah pengguna payung kedepannya akan terus meningkat.

Konsep bisnis ini dirasa menolong bagi seseorang yang tidak ingin membawa payung saat beraktifitas.
Sebuah ide yang bagus, terima kasih i-kasa.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter