Arti Kuuki Wo Yomenai [空気を読めない] Secara Simple Ini Pengertiannya

angintropis.com
By -
0

Kuuki Wo Yomenai adalah suatu ungkapan berasal dari "Ba no Kuuki wo Yomu"(場の空気を読む) yaitu ungkapan yang berarti memahami suasana tempat, menangkap yang di minta secara diam-diam dan memenuhinya saat berinteraksi dengan seseorang.

Arti harfiahnya Kuuki Wo Yomu adalah "membaca udara" sehingga arti "Kuuki Wo Yomenai"(空気を読めない)yang sesungguhnya menjadi kalimat negatif bemakna "Tidak membaca udara" atau lebih tepatnya jika di Bahasa Indonesiakan artinya menjadi "Orang yang tidak bisa membaca keadaan".

Contoh kalimatnya:

このチィームの中は空気を読めない人がいます :Ada orang yang tidak bisa membaca keadaan di dalam tim ini.

空気を読めない人 : Orang yang tidak bisa membaca keadaan

Ungkapan "Ba no Kuuki wo Yomu"(場の空気を読む)"memahami situasi tanpa kata kata" atau merasakan perasaan seseorang, adalah konsep yang sangat penting untuk memahami budaya Jepang. 

Merasakan dan mempraktikkan "Ba no Kuuki wo Yomu" dianggap sebagai perilaku sosial atau kecerdasan sosial di Jepang. 

Agak berbeda dengan budaya individualitas dan expresif di negara-negara barat, masyarakat di Jepang diharapkan untuk berfikir secara kolektif, memahami situasi tanpa perlu penjelasan dan berperilaku sesuai dengan posisinya. 

Jika Anda tidak bisa "Membaca Udara" selain tidak bisa menjalankan bisnis dengan sukses, Anda akan kesulitan untuk berfungsi sebagai anggota karyawan, atau tim disuatu organisasi.

Kerja tim kolektif  dalam pertanian padi dan lokasi geografis pulai-pulau di Jepang mungkin telah mengembangkan budaaya "Ba no Kuuki wo Yomu"(場の空気を読む)"kemampuan merasakan perasaan seseorang" menghasilkan perhatian dalam budaya Jepang dan "memahami situasi tanpa kata-kata" dapat berkontribusi untuk membangun organisasi yang kuat dalam bisnis.

Tentunya untuk kondisi diatas di Indonesia pun terkadang kita menemukan dalam berbagai komunikasi seseorang saat menyampaikan pendapat tanpa disadarinya bahwa yang disampaikan ternyata mengandung "Kuuki Wo Yomenai" "Orang yang tidak bisa membaca keadaan".
Jangan sampai ya, yuk kita juga bisa menyesuaikan keadaan saat berkomunikasi dengan siapapun agar komunikasi berjalan dengan baik

Dalam beberapa tahun terakhir , kata-kata slang yang disebut "kata-kata KY" menjadi populer di masyarakat Jepang, dan telah digunakan dengan berbagai arti.

Demikian semoga bermanfaat.

ありがとうございます。
またお会いしましょう。
Reference:
https://www.weblio.jp/
Pic: https://www.pexels.com/

Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!