Skip to main content

Peribahasa "Gōniittehagōnishitagae"=Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung

Sebelum mengunjungi/menempati suatu wilayah alangkah baiknya kita dapat mengetahui terlebih dahulu suatu kebiasaan yang terdapat di wilayah tersebut, hal ini akan mempermudah kita agar dapat beradaptasi, berinteraksi dan pada akhirnya dapat di terima dengan baik di mana tempat yang akan kita tuju nanti. Dalam peribahasa Jepang disebut郷に入っては郷に従えGōniittehagōnishitagae =Hampir mirip peribahasa Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung ]. Atau dalam pengartiannya jika memasuki suatu wilayah/kota maka ikuti peraturan/kebiasaan nya pula.

Saya akan coba mengulas beberapa manner ketika saya hidup di Jepang, meskipun hal ini bukan suatu kebiasaan yang asing bagi kita akan tetapi masyarakat Jepang sangat memegang teguh kebiasaan mereka. Sensei saya menyampaikan dalam kelas bahasa dan culture Jepang perihal banyaknya kebiasaan-kebiasaan kecil yang pada hakikatnya akan berpengaruh dalam kualitas kehidupan kita sehari hari, yang mungkin kebiasaan tersebut belum pernah kita temui di Indonesia ataupun sebenarya sudah ada akan tetapi tidak terlaksana dengan baik.

Seiring dengan kehidupan di Jepang yang pernah saya alami, banyak hal yang dapat saya peroleh dalam hal manner kehidupan sehari-hari dengan dedikasi dan kesadaran yang sangat tinggi bersama masyarakat Jepang saya menemukan nilai nilai luhur dalam mendapatkan kualitas dan cara hidup yang lebih baik.

1. GENKAN 玄関
 Di setiap rumah Jepang selalu terdapat sebuah serambi yang di sebut "GENKAN". Genkan ini terdapat di pintu masuk yang berfungsi untuk meletakkan sepatu berganti menggunakan sandal selop khusus untuk di dalam ruangan atau yang dikenal dengan bahasa Jepang "SURIPA". Jadi sudah barang tentu masuk rumah Jepang tidak boleh dalam kondisi menggunakan sepatu.
Untuk itu bagi para pelancong yang ingin berkunjung ke Jepang dan singgah di rumah orang Jepang diharapkan untuk berhati-hati.

2. GOMINODASHIKATAごみの出し方
 Di Jepang, dalam kehidupan sehari-hari kita di tuntut untuk menciptakan suatu keadaan lingkungan yang bersih, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Oleh karena itu pemerintah Jepang sangat ketat sekali perihal [ Cara membuang sampah ] GOMINODASHIKATA.
Disetiap tempat tinggal baik apartemen/maupun rumah Jepang akan di sediakan tempat pembuangan sampah dengan jadwal/hari pembuangan yang nantinya akan memisahkan jenis sampah apa saja yang seharusnya di buang pada hari itu. Pada umumnya pembuangan sampah di Jepang di bagi sebagai berikut;

   a. KANENGOMI/MOERUGOMI 可燃ごみ「燃えるごみ」   
Sampah ini terdiri dari sampah yang dapat di bakar、Seperti sampah kertas, kertas pembungkus, sampah dapur, tissu dll. Sampah ini biasanya dapat di buang pada hari 月、水、金曜日 「Senin, Rabu, dan hari Jumat」。

 b. FUNENGOMI/MOENAIGOMI不燃ごみ「燃えないごみ」   
ampah ini terdiri dari sampah yang tidak dapat di bakar , seperi sampah barang-barang yang terbuat dari kaca,plastik,barang yang dipakai di dapur dan terbuat dari logam. Sampah ini biasanya dapat dibuang pada hari 木曜日/Kamis.

    c. SODAIGOMI粗大ごみ   
Sampah ini terdisi dari sampah sampah besar contohnya meliputi, perabot rumah tangga ; lemari, meja, barang-barang elektronik, sepeda, dan peralatan bekas. Sampah ini biasanya dapat dibuang pada hari 第3火曜日・Hari Selasa minggu ke 3.

   d. SHIGENGOMI資源ごみ   
Sampah ini terdiri dari sampah-sampah yang dapat di daur ulang, contohnya meliputi kaleng bekas, botol bekas, koran bekas, buku buku bekas, kertas yang masih tersusun dengan rapi tabloid dll. Untuk hari pembuanganya sampah ini bisanya dapat dilakukan pada hari 第2.第4火曜日/.Selasa minggu ke 2 dan ke 4.

Nah, itu sahabat semua dari sebagian contoh manner yang saat ini dapat saya share, mungkin setelah membaca artikel ini suatu saat pergi ke Jepang kita sudah mengetahuinya. Selain itu kita juga dapat menerapkan di Indonesia disiplin dalam cara membuang sampah yang baik dan benar sehingga terciptanya lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman demi meningkatkan kwalitas hidup yang lebih baik.

Salam sehat

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Halo halo apa kabar semua selamat datang kembali di angintropis.com, hari ini saya akan shear tentang ungkapan simple bahasa Jepang yang bisa digunakan pada saat perpisahaan. Biasanya pada saat perpisahan kita ditunjuk untuk menyampaikan  kesan dan pesan ketika berada di tempat kerja tentang kondisi pengalaman kehidupan di sana.                                                                  Tentu saja kondisi masing masing pengalaman berbeda, untuk kali ini saya menggunakan kalimat yang biasa dan mungkin pas untuk digunakan untuk para pekerja, trainee di Jepang yang ingin kembali ke tanah air. Beda lagi jika ucapannya seperti berpidato sehingga memerlukan kalimat dan kosa kata yang banyak, namun ungkapan perpisahan dibawah ini hanya sekedar contoh simple saja, Anda semua tentu saja bisa menambahkan atau memodifikasi untuk menyesuaikan jika diperlukan. Berikut ungkapan kalimat dalam bahasa Jepang pada saat perpisahaan; Versi Hiragana, Kanji ; みんなさん、1年間同僚として一緒に仕事ができたこと、嬉しく思います。初めて日本来た

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ