Header Ads

60 Tahun Partnership [Indonesia-Jepang]

                                                                       
      
Indonesia dan Jepang sepertinya terus memacu semangat bersama, menginjak 60 tahun hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang pada tahun 2018 ini bisa kita ketahui kerja sama diberbagai bidang, bisnis strategis antara kedua negara pun semakin pesat tak bisa di pungkiri saat ini bermacam bisnis perdagangan baru telah muncul di pasar Indonesia, restaurant, retail, kesenian, berbagai proyek besar misalnya pelabuhan, MRT, Insfratuktur [Jalan Tol], properti dan masih banyak lainnya.
     Memang Sejak di tanda tanganinya perjanjian perdamaian antara Indonesai-Jepang pada tanggal 20 Januari 1958 kedua belah pihak sepakat untuk lebih mementingkan terjalinya hubungan diplomatik yang  saling menguntungkan bagi masa depan, hal ini selalu di perkuat dengan berbagai macam kerjasama yang dari masa ke masa semakin lebih baik tidak hanya ekonomi dan politik, sosial dan budaya pun menjadi target bagi kedua negara untuk menjalin sinergi, mempererat persahabatan, dan meningkatkan pembangunan di berbagai sektor. Momentum perayaan hubungan bilateral yang genap 60 tahunn ini dalam bahasa Jepang bsa kita sebut dengan istilah 還暦「Kanreki」yaitu suatu perayaan yang memiliki arti khusus sebagai titik dimana suatu masa menjadi lengkap dilihat dari berbagai sudut setelah menginjak usia tersebut.

     Keadaan perkembangan hubungan diplomatik-bilateral kedua negara yang semakin pesat, dalam bidang investasi, negeri matahari terbit tersebut adalah investor terbesar ke-2 dan salah satu mitra dagang utama Indonesia. Kedua negara telah melakukan Strategic Partnership for Peaceful and Prosperous Future yang di tandatangani pada tanggal 28 November 2016 serta Indonesia-Japan Ekonomic Parnership Agreement [IJEPA] yang di tandatangani pada tanggal 20 Agustus 2007. 
Nilai investasi Jepang di Indonesia pada tahun 2016 telah mencapai USD 5,4 miliar, menginjak kuarter ke-3 tahun 2017 nilai investasi Jepang di Indonesia telah mencapai USD 4 miliar, dan indeks bisnis di Indonesia melonjak dari posisi ke-114 pada tahun 2015 menjadi 72 di tahun 2017.
Sebagai bahan edukasi berikut lima besar penanaman modal asing pada triwulan 1 2017 yakni;
  

 

Sebagai generasi muda dan pelaksana, kita harus menyikapi hal ini dengan sebaik-baiknya, bekerja dengan sungguh-sungguh bisa menjadi partner yang saling menguntungkan, yang saling memberikan dampak positif agar tercapainya tujuan yang di harapkan untuk masa depan.
頑張れインドネシア日本!💕🏃

No comments

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu