Skip to main content

Yayoi Jidai [弥生時代] Awal Peradaban Terbentuknya Negara Jepang

 Yayoi jidai [弥生時代]    
                                            
       Zaman Yayoi adalah salah satu zaman dalam pembagian periode sejarah jepang yang mengacu pada abad ke-8 sebelum Masehi hingga abad ke-3 Masehi. Ciri khas pada barang peninggalan berupa tembikar gaya zaman Yayoi dan penguasaan teknik penanaman padi di sawah.
Setelah periode pengumpulan zaman Joumon produksi utama hasil pertanian adalah padi. Pertanian padi telah dilakukan pada akhir periode Jomon.

                                                     Image by : http://rekishi-memo.net

       Pada tahun 2013, museum nasional sejarah dan cerita rakyat  (Hibo) menerbitkan hasil pengukuran beras karbonisasi pada tembikar yayoi dengan penanggalan radiokarbon, dan mengungkapkan bahwa periode Yayoi dimulai pada abad ke-10 SM. Pada saat itu, periode Yayoi seharusnya dimulai pada abad ke-5 SM dan pandangan baru tentang sejarah kembali sekitar 500 tahun dari pengakuan ini. Pada awalnya ada pro dan kontra diantara para sejarah eksposisi. Namun sebagian dari hasil penelitian selanjutnya, pandangan ini secara umum telah divalidasi, dan banyak peneliti telah kembali keawal era Yayoi.

     
      Barang-barang peninggalan pada zaman ini pertama kali di temukan di situs penggalian tumpukan kulit kerang di Yayoi-cho (sekarang distrik Bunkyo di Tokyo) sehingga dinamakan zaman Yayoi. Kebudayaan zaman Yayoi berkembang dari pulau Kyushu sampai sebelah timur pulau Honshu.

    Sejalan dengan kemajuan dalam bidang pertanian dikenal dengan perbedaan kelas dan perbedaan kaya, miskin sehingga hal ini melahirkan pengelompokan wilayah. Pada saat inilah bisa dibilang sebagi bentuk awal negara yang dikenal dengan sebutan kuni ( negara-negara kecil ). Yang kemudian nantinya tebentuklah menjadi negara Jepang.   
  
   Perebutan air dan tanah untuk memperluas lahan penanaman padi di sawah menumbuhkan pemukiman penduduk , wilayah terbentuk sebagai bentuk perang antar desa, usaha perluasan dan penguasaan daerah menimbulkan perang antar negara-negara kecil yang meluas diseluruh kepulauan Jepang. 

   Pada saat itu berhasil terbentuk negara negara kecil berdasarkan daerah seperti Kyushu bagian utara, Kibi, San-in, Kinki, Tokai, dan Kanto. Pertempuran untuk mencari sekutu dan menyatukan wilayah kekuasaan yang terjadi berulang ulang kali merupakan proses untuk membentuk negara Jepang zaman kuno.

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

ZuttoRide Indonesia #For All Riders

ZuttoRide Indonesia merupakan perusahaan Jepang yang berpusat di Nagoya, Jepang bergerak di bidang pelayanan konsultasi untuk sepeda motor, dan telah hadir di Indonesia sejak tahun 2012 bertujuan untuk memberikan pelayanan nomer 1 bagi pengendara yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Seperti dengan motonya "For All Riders" PT ZuttoRide Indonesia memberikan pelayanan selama 24 jam kepada pengendara sepeda motor yang telah masuk ke dalam keikutsertaan [member].

      ZuttoRide  membangun jaringan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai merek sepeda motor dan dealer. Selain di Indonesia ZuttoRide juga hadir di Vietnam untuk membuat dan menyediakan layanan keanggotaan kepada seluruh pengendara. Melalui berbagai program layanan yang di sediakan, produsen dan delaer memungkinkan untuk meningkatkan citra merek masing-masing merek sepeda motor. Di Indonesia sendiri  pengendara sepeda motor yang telah dalam keikutsertaan/member dapat menerima pelayanaan selama 24 jam di bebe…

Tanggal Perayaan Hari Besar di Jepang

Hari libur besar dalam setahun menurut kalender Jepang yang di sahkan dalam undang-undang negara Jepang cukup banyak, belum lagi jika ada libur pergantian musim. Bagi yang ingin melakukan kunjungan ke negeri matahari terbit mungkin artikel ini dapat menjadi acuan menentukan agenda perjalanan, supaya setelah sampai di Jepang bisa menikmati dengan melihat secara langsung perayaan hari besar tersebut. Dalam mengisi hari besar tersebut beberapa ivent festival perayaan atau yang sering di sebut [Matsuri] diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai wilayah Jepang. Berikut tanggal perayaan hari besar di Jepang; TanggalNama hari libur dalam Bahasa IndonesiaNama hari libur dalam Bahasa JepangKeterangan dan tradisi yang terkait1 JanuariTahun Baru元日 (Ganjitsu)Di hari-hari awal tahun baru terdapat tradisi melakukan hatsumode (kunjungan pertama ke kuil).Senin minggu ke-2 bulan JanuariHari Kedewasaan成人の日 (Seijin no hiComing of Age DayUpacara bernama Seijin shiki diadakan di seluruh Jepang untuk men…

Daftar Isi