Header Ads

Yayoi Jidai [弥生時代] Awal Peradaban Terbentuknya Negara Jepang

 Yayoi jidai [弥生時代]    
                                            
       Zaman Yayoi adalah salah satu zaman dalam pembagian periode sejarah jepang yang mengacu pada abad ke-8 sebelum Masehi hingga abad ke-3 Masehi. Ciri khas pada barang peninggalan berupa tembikar gaya zaman Yayoi dan penguasaan teknik penanaman padi di sawah.
Setelah periode pengumpulan zaman Joumon produksi utama hasil pertanian adalah padi. Pertanian padi telah dilakukan pada akhir periode Jomon.

                                         Image by : http://rekishi-memo.net

       Pada tahun 2013, museum nasional sejarah dan cerita rakyat  (Hibo) menerbitkan hasil pengukuran beras karbonisasi pada tembikar yayoi dengan penanggalan radiokarbon, dan mengungkapkan bahwa periode Yayoi dimulai pada abad ke-10 SM. Pada saat itu, periode Yayoi seharusnya dimulai pada abad ke-5 SM dan pandangan baru tentang sejarah kembali sekitar 500 tahun dari pengakuan ini. Pada awalnya ada pro dan kontra diantara para sejarah eksposisi. Namun sebagian dari hasil penelitian selanjutnya, pandangan ini secara umum telah divalidasi, dan banyak peneliti telah kembali keawal era Yayoi.
     
      Barang-barang peninggalan pada zaman ini pertama kali di temukan di situs penggalian tumpukan kulit kerang di Yayoi-cho (sekarang distrik Bunkyo di Tokyo) sehingga dinamakan zaman Yayoi. Kebudayaan zaman Yayoi berkembang dari pulau Kyushu sampai sebelah timur pulau Honshu.

    Sejalan dengan kemajuan dalam bidang pertanian dikenal dengan perbedaan kelas dan perbedaan kaya, miskin sehingga hal ini melahirkan pengelompokan wilayah. Pada saat inilah bisa dibilang sebagi bentuk awal negara yang dikenal dengan sebutan kuni ( negara-negara kecil ). Yang kemudian nantinya tebentuklah menjadi negara Jepang.   
  
   Perebutan air dan tanah untuk memperluas lahan penanaman padi di sawah menumbuhkan pemukiman penduduk , wilayah terbentuk sebagai bentuk perang antar desa, usaha perluasan dan penguasaan daerah menimbulkan perang antar negara-negara kecil yang meluas diseluruh kepulauan Jepang. 

   Pada saat itu berhasil terbentuk negara negara kecil berdasarkan daerah seperti Kyushu bagian utara, Kibi, San-in, Kinki, Tokai, dan Kanto. Pertempuran untuk mencari sekutu dan menyatukan wilayah kekuasaan yang terjadi berulang ulang kali merupakan proses untuk membentuk negara Jepang zaman kuno.

No comments

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu