Skip to main content

Yayoi Jidai [弥生時代] Awal Peradaban Terbentuknya Negara Jepang

 Yayoi jidai [弥生時代]    
                                            
       Zaman Yayoi adalah salah satu zaman dalam pembagian periode sejarah jepang yang mengacu pada abad ke-8 sebelum Masehi hingga abad ke-3 Masehi. Ciri khas pada barang peninggalan berupa tembikar gaya zaman Yayoi dan penguasaan teknik penanaman padi di sawah.
Setelah periode pengumpulan zaman Joumon produksi utama hasil pertanian adalah padi. Pertanian padi telah dilakukan pada akhir periode Jomon.

                                                     Image by : http://rekishi-memo.net

       Pada tahun 2013, museum nasional sejarah dan cerita rakyat  (Hibo) menerbitkan hasil pengukuran beras karbonisasi pada tembikar yayoi dengan penanggalan radiokarbon, dan mengungkapkan bahwa periode Yayoi dimulai pada abad ke-10 SM. Pada saat itu, periode Yayoi seharusnya dimulai pada abad ke-5 SM dan pandangan baru tentang sejarah kembali sekitar 500 tahun dari pengakuan ini. Pada awalnya ada pro dan kontra diantara para sejarah eksposisi. Namun sebagian dari hasil penelitian selanjutnya, pandangan ini secara umum telah divalidasi, dan banyak peneliti telah kembali keawal era Yayoi.

     
      Barang-barang peninggalan pada zaman ini pertama kali di temukan di situs penggalian tumpukan kulit kerang di Yayoi-cho (sekarang distrik Bunkyo di Tokyo) sehingga dinamakan zaman Yayoi. Kebudayaan zaman Yayoi berkembang dari pulau Kyushu sampai sebelah timur pulau Honshu.

    Sejalan dengan kemajuan dalam bidang pertanian dikenal dengan perbedaan kelas dan perbedaan kaya, miskin sehingga hal ini melahirkan pengelompokan wilayah. Pada saat inilah bisa dibilang sebagi bentuk awal negara yang dikenal dengan sebutan kuni ( negara-negara kecil ). Yang kemudian nantinya tebentuklah menjadi negara Jepang.   
  
   Perebutan air dan tanah untuk memperluas lahan penanaman padi di sawah menumbuhkan pemukiman penduduk , wilayah terbentuk sebagai bentuk perang antar desa, usaha perluasan dan penguasaan daerah menimbulkan perang antar negara-negara kecil yang meluas diseluruh kepulauan Jepang. 

   Pada saat itu berhasil terbentuk negara negara kecil berdasarkan daerah seperti Kyushu bagian utara, Kibi, San-in, Kinki, Tokai, dan Kanto. Pertempuran untuk mencari sekutu dan menyatukan wilayah kekuasaan yang terjadi berulang ulang kali merupakan proses untuk membentuk negara Jepang zaman kuno.

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; イスラム教は一日に五回お祈りします  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      : Biyouin de Pemeran Percakapan リナ : Rina (Nama Orang) 受付 : Uketsuke : Resepsionis 医者 : Isha         : Dokter {病院の窓口で}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       会話: Kaiwa  :Percakapan リナ :お願いします : Onegaishimasu : Tolong 受付 :初診ですか  : Shoshindesuka : Periksakah? リナ 

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Telepon [Meminta tolong sampaikan pesan]

Apa kabar hari ini teman-teman semua , semoga semua genki dalam lindungan Allah SWT lancar segala urusan amin, amin. Tidak terasa kita sudah dua minggu lebih menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan 2020 mudah-mudahan belum ada yang batal ya, kalau ada yang batal jangan lupa bayar hutang (puasanya) ya hehe. Terima kasih sudah berkunjung kembali di blog saya, untuk kali ini saya ingin berbagi tentang contoh percakapan bahasa Jepang pada saat menelepon karena beberapa waktu yang lalu ada request "mas ada contoh percakapan bahasa jepang saat telepon gak? nah sekalian saja saya coba tulis diartikel hari ini, jadi mari kita coba bersama ya..langsung aja yuk; 会話:かいわ : Kaiwa  :Percakapan 佐藤:さとう : Sato   :Nama orang Jepang (Tn.Sato) スシ:Susi             :Susi           :Orang Indonesia (Mb.Susi) Penjelasan: Percakan kali kita akan mengulas tentang 伝言のお願いすること: Dengon no onegaisurukoto (Meminta tolong sampaikan pesan), jadi mbak Susi yang berasal dari Indonesia ini ceritanya sedang menelepon

Daftar Isi