Header Ads

Batik Adalah Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

Membicarakan warisan budaya yang sangat masyur, dan tentu saja menjadi kebanggan rakyat Indonesia yaitu " Batik". Kali ini sedikit saya menulis tentang batik, dimana batik merupakan salah satu dari beraneka macam kekayaan budaya Indonesia. Mengenal tentang batik yang sudah tidak asing lagi, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan malam (suatu zat padat seperti lilin) pada kain itu (biasanya kain mori), kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.


                                                             
                                                             Image: suwitobatik

Secara etimologi, kata batik berasal dari Bahasa Jawa "Ambhatik", amba sendiri berarti lebar, luas (kain) dan tik/titik. Sehingga mengandung sebuah arti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas dan lebar. Membatik biasanya dilakukan di kain mori yang lebar dan panjang.

Batik tidak hanya dikenal didalam negeri melainkan batik sudah makin dikenal diberbagai negara. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan Dan Nonbendawi atau dalam Bahasa Inggrisnya ( Masterpieces Of The Oral And Intangible Heritage Of Humanity ) sejak 2 Oktober 2009. Dengan di akuinya batik sebagai warisan oleh UNESCO tentu saja ini menjasi suatu nilai tambah batik Indonesia, dan tentusaja kita sebagai masyarakat Indonesia harus memperjuankan, menjaga dan melestarikan sehingga nama batik dari Indonesia akan tetap ada.

Walaupun "batik" berasal dari bahasa Jawa, namun hampir seluruh wilayah Indonesia / masing masing wilayah memiliki karya batik dengan motif/corak sendiri-sendiri, sehingga menambah nilai keaneragaman dan kekhasan disetiap wilayah Indonesia. Batik memiliki nilai seni yang tinggi karena didalam hasil karya batik terdapat berbagai macam jenis motif yang memiliki nama, seperti contohnya, batik motif mega mendung, truntum, batik parang dan masih banyak lagi motif lainnya.  Masing-masing motif/corak biasanya memiliki makna. 

Menurut jenisnya batik dibedakan menjadi 3
Pertama   : Batik Tulis, batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan dengan alat bantu canting.Pembuatan batik jenis ini akan memakan waktu kurang lebih 2 sampai dengan 3 bulan.

Kedua     : Batik Cap, batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan Cap (biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2 sampai dengan 3 hari.

Ketiga        : Batik Lukis, batik lukis adalah batik yang proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Dahulu kala batik  digunkan  pada orang orang tertentu identik digunakan pada saat upacara resmi saja, akan tetapi dengan perkembangan zaman saat ini batik sudah berubah yang mempengaruhi akan gaya hidup. Batik menjadi lebih bebas digunakan sehari hari, berkantor maupun udacara resmi lainnya, baik di kenakan oleh anak-anak, remaja maupun usia dewasa.
                                           
Kita sebagai orang Indonesia merasa memiliki dan bangga berbatik, dengan dijadikannya Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu tentu saja membuat kita semakin Cinta dan antusias untuk mengenakan batik salah satu kekayaan budaya milik kita.
#mariberbatik
#jika Anda tertarik dengan batik istimewa beli di Sini ya.




No comments

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu