Skip to main content

Batik Adalah Warisan Budaya Indonesia Yang Diakui Dunia

Membicarakan warisan budaya yang sangat masyur, dan tentu saja menjadi kebanggan rakyat Indonesia yaitu " Batik". Kali ini sedikit saya menulis tentang batik, dimana batik merupakan salah satu dari beraneka macam kekayaan budaya Indonesia. Mengenal tentang batik yang sudah tidak asing lagi, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan malam (suatu zat padat seperti lilin) pada kain itu (biasanya kain mori), kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.


                                                             
                                                             Image IG: @suwitobatik

Secara etimologi, kata batik berasal dari Bahasa Jawa "Ambhatik", amba sendiri berarti lebar, luas (kain) dan tik/titik. Sehingga mengandung sebuah arti menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas dan lebar. Membatik biasanya dilakukan di kain mori yang lebar dan panjang.

Batik tidak hanya dikenal didalam negeri melainkan batik sudah makin dikenal diberbagai negara. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan Dan Nonbendawi atau dalam Bahasa Inggrisnya ( Masterpieces Of The Oral And Intangible Heritage Of Humanity ) sejak 2 Oktober 2009. Dengan di akuinya batik sebagai warisan oleh UNESCO tentu saja ini menjasi suatu nilai tambah batik Indonesia, dan tentusaja kita sebagai masyarakat Indonesia harus memperjuankan, menjaga dan melestarikan sehingga nama batik dari Indonesia akan tetap ada.

Walaupun "batik" berasal dari bahasa Jawa, namun hampir seluruh wilayah Indonesia / masing masing wilayah memiliki karya batik dengan motif/corak sendiri-sendiri, sehingga menambah nilai keaneragaman dan kekhasan disetiap wilayah Indonesia. Batik memiliki nilai seni yang tinggi karena didalam hasil karya batik terdapat berbagai macam jenis motif yang memiliki nama, seperti contohnya, batik motif mega mendung, truntum, batik parang dan masih banyak lagi motif lainnya.  Masing-masing motif/corak biasanya memiliki makna. 

Menurut jenisnya batik dibedakan menjadi 3
Pertama   : Batik Tulis, batik tulis adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik menggunakan tangan dengan alat bantu canting.Pembuatan batik jenis ini akan memakan waktu kurang lebih 2 sampai dengan 3 bulan.

Kedua     : Batik Cap, batik cap adalah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik yang dibentuk dengan Cap (biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2 sampai dengan 3 hari.

Ketiga        : Batik Lukis, batik lukis adalah batik yang proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Dahulu kala batik  digunkan  pada orang orang tertentu identik digunakan pada saat upacara resmi saja, akan tetapi dengan perkembangan zaman saat ini batik sudah berubah yang mempengaruhi akan gaya hidup. Batik menjadi lebih bebas digunakan sehari hari, berkantor maupun udacara resmi lainnya, baik di kenakan oleh anak-anak, remaja maupun usia dewasa.
                                           
Kita sebagai orang Indonesia merasa memiliki dan bangga berbatik, dengan dijadikannya Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober 2009 yang lalu tentu saja membuat kita semakin Cinta dan antusias untuk mengenakan batik salah satu kekayaan budaya milik kita.
#mariberbatik


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; ใ‚คใ‚นใƒฉใƒ ๆ•™ใฏไธ€ๆ—ฅใซไบ”ๅ›žใŠ็ฅˆใ‚Šใ—ใพใ™  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   ๆ—ฅๆœฌไบบใฏ้ญšใ‚’้ฃŸในใ‚‹ใฎใŒๅฅฝใใงใ™ [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         ็งใฏใ‚ใชใŸใซใŠไผšใ„ใงใใฆๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™ [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             ็งใฏใƒ“ใƒผใƒซใฏ้ฃฒใฟใพใ›ใ‚“ใŒ、ใ‚ธใƒฅใƒผใ‚นใ‚’้ฃฒใฟใพใ™ [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Halo halo apa kabar semua selamat datang kembali di angintropis.com, hari ini saya akan shear tentang ungkapan simple bahasa Jepang yang bisa digunakan pada saat perpisahaan. Biasanya pada saat perpisahan kita ditunjuk untuk menyampaikan  kesan dan pesan ketika berada di tempat kerja tentang kondisi pengalaman kehidupan di sana.                                                                  Tentu saja kondisi masing masing pengalaman berbeda, untuk kali ini saya menggunakan kalimat yang biasa dan mungkin pas untuk digunakan untuk para pekerja, trainee di Jepang yang ingin kembali ke tanah air. Beda lagi jika ucapannya seperti berpidato sehingga memerlukan kalimat dan kosa kata yang banyak, namun ungkapan perpisahan dibawah ini hanya sekedar contoh simple saja, Anda semua tentu saja bisa menambahkan atau memodifikasi untuk menyesuaikan jika diperlukan. Berikut ungkapan kalimat dalam bahasa Jepang pada saat perpisahaan; Versi Hiragana, Kanji ; ใฟใ‚“ใชใ•ใ‚“、๏ผ‘ๅนด้–“ๅŒๅƒšใจใ—ใฆไธ€็ท’ใซไป•ไบ‹ใŒใงใใŸใ“ใจ、ๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™。ๅˆใ‚ใฆๆ—ฅๆœฌๆฅใŸ

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : ็—‡็Šถใ‚’ไผใˆใ‚‹:ใ—ใ‚‡ใ†ใ˜ใ‚‡ใ†ใ‚’ใคใŸใˆใ‚‹ : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : ็—…้™ขใง   :ใณใ‚‡ใ†ใ„ใ‚“ใง      : Biyouin de Pemeran Percakapan ใƒชใƒŠ : Rina (Nama Orang) ๅ—ไป˜ : Uketsuke : Resepsionis ๅŒป่€… : Isha         : Dokter {็—…้™ขใฎ็ช“ๅฃใง}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       ไผš่ฉฑ: Kaiwa  :Percakapan ใƒชใƒŠ :ใŠ้ก˜ใ„ใ—ใพใ™ : Onegaishimasu : Tolong ๅ—ไป˜ :ๅˆ่จบใงใ™ใ‹  : Shoshindesuka : Periksakah? ใƒชใƒŠ