Header Ads

Osoji : Bersih-Bersih Akhir Tahun Ala Jepang

Osoji adalah budaya bersih-bersih masyarakat Jepang. Pada saat menjelang akhir tahun masyarakat Jepang memiliki budaya bersih-bersih, yang dilaksanakan baik dirumah, apartement, sekolah, tempat ibadah, maupun perusahaan. Bahasa "Soji" sudah digunakan sejak masa Heian (平安時代).


Budaya Osoji sudah diajarkan sejak dini, sehingga anak-anakpun sudah terbiasa. Di akhir tahun, budaya osoji menjadi kegiatan rutin setiap tahun, setiap rumah tangga akan membersihkan rumahnya sendiri-sendiri sebelum datangnya tahun baru.

Dalam bahasa Jepang ada suatu ungkapan "Osoji Wa Jibun Jishin Wo Migaku Koto'' yang berarti ''Membersihkan adalah memoles diri sendiri". Meskipun orang Jepang memiliki budaya bersih-bersih kurang lebih 5 menit dalam sehari, namun dalam Osoji akhir tahun ini masyarakat Jepang akan melakukanya dengan besar-besaran hampir disetiap sudut seluruh ruangan akan dibersihkan secara total.

Dengan budaya bersih-bersih ini akan dapat menjernihkan pikiran, sehingga menyambut tahun baru dengan kondisi yang fresh. Kegiatan osoji ini menjadi sebuah ritual tahunan yang mereka harus lakukan untuk membuat ruangan benar-benar bersih. 
Seseorang yang pernah tinggal di Jepang lebih dari satu tahun mungkin pernah memiliki pengalaman Osoji, berbagai macam pengalaman tentu saja penah dialami baik di lingkungan tempat tinggal maupun tempat kerja. 

Di Indonesia memang secara, melakukan kegiatan bersih-bersih diakhir tahun tidak diajarkan. Namun sebenarnya kita juga memiliki kegiatan bersih bersih yang hampir mirip, contohnya seperti menjelang hari raya lebaran biasanya akan kita dapati masing masing keluarga akan sibuk merapikan rumahnya dari bersih bersih ringan seperti halnya ngepel,  mengecat tembok agar tampil bersih dan terlihat baru.

Banyak nilai positif yang dapat kita pelajari dari budaya Osoji yang dilakukan secara menyeluruh dari lapisan masyarakat maupun instansi di Jepang. Kaitan dengan pelaksanaannya tidak di lingkungan keluarga saja akan tetapi budaya osoji dilakukan menyeluruh, dari lapisan masyarakat dan instansi melakukannya. Mungkin bagi karyawan yang bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia kegiatan osoji ini sudah tidak asing lagi mereka akan terbiasa dengan budaya ini.

Diuntungkan lagi saat ini bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di kota-kota besar seperti di Jakarta, tidak perlu khawatir lagi jika ingin bersih bersih, banyak pelayanan jasa yang memberikan service berbagai macam. Contohnya saja seperti yang ditawarkan sejasa.com kebutuhan jasa apa saja yang dibutuhkan tinggal pilih, praktis, tidak ribet dan harga yang ditawarkan pun sangat menarik. 

Kebiasaan osoji atau bersih bersih ala Jepang dapat kita adopsi juga untuk diterapkan dirumah, kantor, hasilnya selain terasa bersih dan fresh, kesehatan juga akan tetap terjaga. Bagaimana dengan teman semua, apakah sudah pernah ada pengalaman osoji? bagikan ceritanya yaa.

Kebetulan saat ini saya juga bekerja disalah satu perusahaan Jepang, kegiatan bersih-bersih ala Jepang ini juga kami lakukan setiap akhir tahun. Mulai dari menyabu, ngepel, mengelap berbagai sudut ruangan membereskan file dan benda yang sudah tidak dipakai sudah menjadi agenda tahunan kami.

Okay untuk artikel tentang Osoji mungkin sementara cukup dulu, silahkan berbagi pengalamannya di kolom komentar. Salam dan selamat bersih bersih " An-nadhafatu Minal Iman ".

No comments

#Mari berkomentar yang baik dan berbagi ilmu