Mudik ngak nih ?

Setelah setahun lebih  Covid-19 meneror kita semua, semakin hari dampaknya semakin sangat terasa, tidak hanya dalam perekonomian melainkan dalam cara kita beraktivitas sehari-hari. Sudah terasa jenuh juga mungkin dengan kondisi ini tapi harus bagaimana lagi. Ditambah beberapa kebijakan untuk menekan pertumbuhan virus ini, kembali di perayaan hari lebaran tahun 2021 pemerintah melarang kita untuk mudik. Dampaknya pro dan kontra yang luar biasa dalam masyarakat. Dokumentasi pribadi Larangan ini sangat terasa untuk para perantau seperti saya yang masih punya kampung halaman, bisa jadi bukan hanya kita yang menginginkan kita untuk pulang tetapi keluarga di kampung sana pasti banyak orang tua, keluarga dan kerabat menunggu untuk kita pulang kampung. Sebenarnya tujuan pemerintah ada benarnya juga, demi keselamatan kita bersama dan keluarga, cuman mungkin ini memiliki dampak yang cukup serius juga untuk masyarakat ditanah rantau maupun keluarga didesa yang benar benar ingin bertemu keluarga.

Perayaan Hari Kucing Di Beberapa Negara

Diluar sana beberapa negara sangatlah peduli terhadap perlindungan hewan, tentusaja ini mengingatkan kita untuk kembali peduli dengan lingkungan sekitar.

Siapa yang tak kenal dengan binatang yang satu ini, lucu, tapi kadang njengkelin juga. Ya sebut dia ''Kucing'' binatang mamalia karnivora ini terdiri dari bermacam jenis seperti persia, silam manz, dan sphink [wikipedia], kucing-kucing ini juga sudah berbaur dengan kehidupan manusia sejak 6000 tahun SM dan tentu saja kucing sering kita jumpai di rumah-rumah sebagai binatang piaraan [pet] akan tetapi ada juga kucing liar yang malang atau yang kita sebut ''Kucing Garong'' .

Disekitar kita juga kadang kita jumpai seseorang yang memang menyukai kucing, kadang mereka sengaja memberi makan kucing yang tak bertuan di luar sana, ini bukti kedekatan manusia dengan kucing itu sendiri sebagai makhluk hidup. Namun tidak sedikit pula yang tidak suka tentang keberadaan nya, karena berbagai alasan.

Berikut ini kita ambil contoh beberapa negara yang memiliki hari kucing nasional, diantaranya sebagai berikut;

1. Jepang

Yang pertama kita akan mengulas tentang hari kucing di Jepang [ Neko no hi ] atau juga mereka sering menyebutnya hari Nyan-nyan-nyan (seperti suara kucing meong, meong, meong). Tepatnya hari perayaan neko no hi adalah 22 Februari, tanggal tersebut di tetapkan sebagai hari kucing nasional di Jepang. 

Mereka memperingatinya untuk menghormati kucing, untuk pertama kalinya perayaan neko no hi ini dilakukan pada tahun 1987. Masyarakat pun menyambutnya dengan senang hati, pada saat peryaan tersebut akan banyak ivent dilakukan baik di pusat-pusat perbelanjaan. Sedangkan di toko-toko hewan peliharaan kebanyakan akan memberikan diskon, ini tentu saja membuat gembira ungtuk para owner binatang piaraannya. 

Dahulu perayaan neko no hi ini sebelum ditetapkannya tanggal hari kucing nasional mereka melakukan survey ke 9000 orang. Kapan waktu yang tepat untuk penetapan hari kucing nasional di Jepang dan pada hasilnya kebanyakan masyarakat disana memilih pada tanggal 22, sedangkan untuk bulannya yang dipilih adalah Februari (bulan ke 2) kenapa demikian alasannya karena penyebutan bahasa Jepang (二) dibaca ni yang artinya dua, mereka beranggapan bahwa ni di ucapkan seperti terdengar "nyan" yang artinya meong. Orang Jepang suka mereka menggunakan gabungan-gabungan kata untuk mengingat sebuah angka agar tidak mudah lupa.

2. Amerika

Amerika memiliki hari terbanyak tentang penerapan hari kucing di negaranya, ada 4 hari penerapan hari kucing dalam 1 tahun, woww .. juga ya ini membuktikan bahwa minat terhadap perlindungan hewan sangatlah tinggi, berikut rincian hari kucing di Amerika;

  •                  Tanggal 4 Juni         : Hari memeluk kucing
  •                  Tanggal 17 Agustus : Hari thanksgiving kucing hitam
  •                  Tanggal 16 Oktober : Hari kucing liar
  •                  Tanggal 29 Oktober : Hari kucing nasional

 3. Rusia

Di Rusia, yang dikatakan memiliki jumlah kucing terbesar di dunia, 1 Maret ditetapkan sebagai Hari Kucing. Ini didirikan pada tahun 2004 oleh Museum Kucing di Moskow. Ngomong-ngomong, di museum Rusia, banyak kucing aktif sebagai penjaga untuk menangkap tikus hmm luar biasa ini.

4. Taiwan

Di Taiwan, yang juga dikenal sebagai tempat kelahiran kafe kucing, 4 April ditetapkan sebagai Hari Kucing melalui pemungutan suara dari organisasi swasta "Asosiasi Keluarga Kucing". Di samping "Kyufun", yang dikenal sebagai tujuan wisata populer, "Houton" disebut "Nekomura" dan sedang menarik perhatian.

5. Italia

Pada tahun 1990, majalah Italia "Tuttogatto" memilih seorang pembaca dan menetapkannya sebagai Hari Kucing. Karena dikatakan bahwa "Februari adalah bulan kucing dan penyihir" dan "17 adalah angka kebahagiaan", maka diputuskan pada 17 Februari. Tidak hanya di Italia, tetapi juga di negara-negara Eropa, hari tersebut dikenal sebagai Hari Kucing. Selain itu, pada tanggal 17 November bertajuk "Black Cat Day", akan diadakan kegiatan pencerahan untuk mencegah pembantaian kucing hitam.

6. Inggris

Di Inggris Raya, "National Cat Award" diadakan setiap tahun pada Hari Kucing Sedunia (8 Agustus). Kucing yang menjadi topik hangat tahun itu dinominasikan, dan penghargaan diberikan kepada kucing di setiap kategori seperti "Miracle Cat Award" dan "Hero Cat Award". Selain itu, 27 Oktober ditetapkan sebagai "Hari Kucing Hitam" dengan tujuan meningkatkan status kucing hitam * hmm mungkin status kucing hitam tidak sepopuler kucing dengan warna yang lain atau bagaimanaya..

Dinegara lain tentang rasa kepedulian dengan binatang sangatlah luar biasa, bagaimana di Indonesia?. Tulisan ini untuk mengingatkan saya pribadi karena pecinta binatang dan tentu saja sebagai ajakan bahwa binatang juga perlu dilindungi keberadaanya. Pun seandainya tidak menyukai setidaknya tidak menyakiti, kecuali hama. 

Terima kasih dan sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.

Comments

ABOUT