Skip to main content

Perayaan Hari Kucing Di Beberapa Negara

Diluar sana beberapa negara sangatlah peduli terhadap perlindungan hewan, tentusaja ini mengingatkan kita untuk kembali peduli dengan lingkungan sekitar.

Siapa yang tak kenal dengan binatang yang satu ini, lucu, imut tapi kadang njengkelin juga. Ya sebut dia ''Kucing'' binatang mamalia karnivora ini terdiri dari bermacam jenis seperti persia, silam manz, dan sphink [wikipedia], kucing-kucing ini juga sudah berbaur dengan kehidupan manusia sejak 6000 tahun SM dan tentu saja kucing sering kita jumpai di rumah-rumah sebagai binatang piaraan [pet] akan tetapi ada juga kucing liar yang malang atau yang kita sebut ''Kucing Garong'' .

Disekitar kita juga kadang kita jumpai seseorang yang memang menyukai kucing, kadang mereka sengaja memberi makan kucing yang tak bertuan di luar sana, ini bukti kedekatan manusia dengan kucing itu sendiri sebagai makhluk hidup. Namun tidak sedikit pula yang tidak suka tentang keberadaan nya, karena berbagai alasan.

Berikut ini kita ambil contoh beberapa negara yang memiliki hari kucing nasional, diantaranya sebagai berikut;

1. Jepang

Kali ini kita sedikit akan mengulas tentang hari kucing di Jepang [ Neko no hi ] atau juga merka sering menyebutnya hari Nyan-nyan-nyan (seperti suara kucing meong, meong, meong). Tepatnya hari perayaan neko no hi adalah 22 Februari, tanggal tersebut di tetapkan sebagai hari kucing nasional di Jepang. 

Mereka memperingatinya untuk menghormati kucing, untuk pertama kalinya perayaan neko no hi ini dilakukan pada tahun 1987. Masyarakat pun menyambutnya dengan senang hati, pada saat peryaan tersebut akan banyak ivent dilakukan baik di pusat-pusat perbelanjaan. Sedangkan di toko-toko hewan peliharaan kebanyakan akan memberikan diskon, ini tentu saja membuat gembira ungtuk para owner binatang piaraannya. 

Dahulu perayaan neko no hi ini sebelum ditetapkannya tanggal hari kucing nasional mereka melakukan survey ke 9000 orang. Kapan waktu yang tepat untuk penetapan hari kucing nasional di Jepang dan pada hasilnya kebanyakan masyarakat disana memilih pada tanggal 22, sedangkan untuk bulannya yang dipilih adalah Februari (bulan ke 2) kenapa demikian alasannya karena penyebutan bahasa Jepang (二) dibaca ni yang artinya dua, mereka beranggapan bahwa ni di ucapkan seperti terdengar "nyan" yang artinya meong. Orang Jepang suka mereka menggunakan gabungan-gabungan kata untuk mengingat sebuah angka agar tidak mudah lupa.

2. Amerika

Amerika memiliki hari terbanyak tentang penerapan hari kucing di negaranya, ada 4 hari penerapan hari kucing dalam 1 tahun, woww .. juga ya ini membuktikan bahwa minat terhadap perlindungan hewan sangatlah tinggi, berikut rincian hari kucing di Amerika;

  •                  Tanggal 4 Juni         : Hari memeluk kucing
  •                  Tanggal 17 Agustus : Hari thanksgiving kucing hitam
  •                  Tanggal 16 Oktober : Hari kucing liar
  •                  Tanggal 29 Oktober : Hari kucing nasional

 3. Rusia

Di Rusia, yang dikatakan memiliki jumlah kucing terbesar di dunia, 1 Maret ditetapkan sebagai Hari Kucing. Ini didirikan pada tahun 2004 oleh Museum Kucing di Moskow. Ngomong-ngomong, di museum Rusia, banyak kucing aktif sebagai penjaga untuk menangkap tikus hmm luar biasa ini.

4. Taiwan

Di Taiwan, yang juga dikenal sebagai tempat kelahiran kafe kucing, 4 April ditetapkan sebagai Hari Kucing melalui pemungutan suara dari organisasi swasta "Asosiasi Keluarga Kucing". Di samping "Kyufun", yang dikenal sebagai tujuan wisata populer, "Houton" disebut "Nekomura" dan sedang menarik perhatian.

5. Italia

Pada tahun 1990, majalah Italia "Tuttogatto" memilih seorang pembaca dan menetapkannya sebagai Hari Kucing. Karena dikatakan bahwa "Februari adalah bulan kucing dan penyihir" dan "17 adalah angka kebahagiaan", maka diputuskan pada 17 Februari. Tidak hanya di Italia, tetapi juga di negara-negara Eropa, hari tersebut dikenal sebagai Hari Kucing. Selain itu, pada tanggal 17 November bertajuk "Black Cat Day", akan diadakan kegiatan pencerahan untuk mencegah pembantaian kucing hitam.

6. Inggris

Di Inggris Raya, "National Cat Award" diadakan setiap tahun pada Hari Kucing Sedunia (8 Agustus). Kucing yang menjadi topik hangat tahun itu dinominasikan, dan penghargaan diberikan kepada kucing di setiap kategori seperti "Miracle Cat Award" dan "Hero Cat Award". Selain itu, 27 Oktober ditetapkan sebagai "Hari Kucing Hitam" dengan tujuan meningkatkan status kucing hitam * hmm mungkin status kucing hitam tidak sepopuler kucing dengan warna yang lain atau bagaimanaya..

Dinegara lain tentang rasa kepedulian dengan bianatang sangatlah luar biasa, bagaimana di Indonesia?. Tulisan ini untuk mengingatkan saya pribadi karena pecinta binatang dan tentu saja sebagai ajakan bahwa binatang juga perlu dilindungi keberadaanya. Pun seandainya tidak menyukai setidaknya tidak menyakiti, kecuali hama. 

Terima kasih dan sampai jumpa lagi ditulisan berikutnya.

Comments

Sering Di Baca

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini;


イスラム教は一日に五回お祈りします [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu] =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                  日本人は魚を食べるのが好きです [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                        私はあなたにお会いできて嬉しく思います [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu] =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                            私はビールは飲みませんが、ジュースを飲みます [Watashi wa biru wa nomimasenga, jyusu wo nomimasu] =…

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya!
Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.


Menyampaikan Gejala : 症状を伝える:しょうじょうをつたえる :Shoujou wo tsutaeru
Di Rumah Sakit            : 病院で   :びょういんで      :Biyouin de
Pemeran Percakapan
リナ : Rina (Nama Orang)
受付 : Uketsuke : Resepsionis
医者 : Isha         : Dokter

{病院の窓口で}Byouin no madoguchide :Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit

会話:Kaiwa :Percakapan

リナ :お願いします :Onegaishimasu : Tolong
受付 :初診ですか  :Shoshindesuka : Periksakah?
リナ :はい     :Hai : Ya
受付 :じゃ、これに記入してください :Jya, kore ni kinyushitekudasai
Silahkan diisi ini
リナ :はい     :Hai : Ya
受付 :順番が来たら、お名前をお呼びしますから、そちらでお待ちください。
Junban ga kitara, onamae o oyobishimasukara, sochirade omachikudasai
Jika …

Situ Sangiang Talaga Manggung: Danau Yang Dahulunya Merupakan Sebuah Kerajaan.

Kabupaten Majalengka banyak menyimpan tempat wisata alam yang indah, selain udara yang sejuk, makanan lezat khas Sundapun dapat kita  nikmati dengan harga yang bersahabat pula. Jika berkunjung ke kota ini jangan lewatkan untuk mengunjungi salah satunya obyek wisata yang di sebut Situ Sangiang, terletak disebelah selatan Kabupaten Majalengka. Jarak Kabupaten Majalengka jika di tempuh dari Jakarta masih bisa ditempuh hanya cukup dengan kurang lebih 3 jam 8 menit dengan jarak tempuh kira-kira 189,9 Km jadi sangat hemat waktu jika menginginkan traveling dekat biaya terjangkau.

Kembali mengulas tentang Situ Sangiang, Situ Sangiang merupakan sebuah danau yang menyimpan tentang sejarah kerajaan Talaga Manggung  (berdiri kira-kira pada abad ke-14), tepatnya letak Situ Sangiang berada di desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Posisi Situ Sangiang, Majalengka berada dikawasan hutan lindung wisata alam, oleh penduduk setempat Situ Sangiang ini merupakan tempat yang dikramatkan…

Daftar Isi