#Dahsyat, ini manfaat ampuh buah naga

angintropis.com
By -
0
                                                   

Hampir diseluruh nusantara buah naga dapat kita temui, pada saat musimnya tiba, di setiap pinggiran jalan baik diperkotaan maupun di pedesaan banyak pedagang yang menjajakan buah ini. Selain buahnya yang manis dan enak harganya pun relatif murah, buah naga dari berbagai penelitian menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Sebelum kita mengupas manfaat buah naga, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu buah yang satu ini. Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Asal buah naga yaitu dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dan dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Buah naga juga dapat di temui di Okinawa, Israel, Australia Utara, dan Tiongkok Selatan. 
Ada beberapa buah naga menurut jenisnya adalah sebagai berikut; 
  • Hylocereus undatus : Kulit berwarna merah dengan daging buah didalamnya berwarna putih 
  • Hylocereus polyrhizus: Kulit buahnya berwarna merah muda dengan daging buah didalamnya berwarna merah
  • Selenicereus megalantus: Kulit buah kuning daging buah didalamnya berwarna putih
  • Hylocereus Costaricensis: Buah naga dengan warna buah yang sangat merah.
Tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah yang tumbuh mengglantung di bagian batang menyeruak. Tumbuhnya buah naga akan mulai tumbuh melalui akar yang masuk dalam golongan tanaman akar serabut, akar akan tumbuh di sepanjang batang pada bagian sirip disudut batang. Bila sudah memasuki masanya bagian ruas berduri akan tumbuh bunga yang nantinya akan menjadi buah naga. 

Kenapa tananman ini disebut buah naga, karena buah pada bagian luarnya (kulit) dianalogikan menyerupai sisik naga. Sedangkan proses budidaya buah naga tergolong mudah, umumnya penanaman dengan cara stek atau dengan penyemaian biji. Tanaman buah naga akan tumbuh subur bila di tanam dengan media porous ( tidak becek ), kaya akan unsur hara (nutrisi/makannan yang di perlukan tumbuhan), berpasir, cukup dengan sinar matahari antara 38°-40°C.


Tanaman buah naga jika di rawat dan dipelihara dengan baik pada usia 11-17 bulan akan mulai berbuah, sebenarnya di Indonesia sendiri budidaya buah naga belum begitu banyak, contoh beberapa daerah pembudidaya buah naga meliputi;

  1. Mojokerto
  2. Jember
  3. Malang
  4. Pasuruan
  5. Banyuwangi
  6. Ponorogo
  7. Wonogiri
  8. Kalibawang
  9. Kulonprogo
  10. Batam
  11. Bandung
Namun karena mungkin tanaman ini mudah tumbuh dan dapat dengan mudah menyesuaikan suhu di berbagai wilayah Indonesia, banyak para pengusaha yang bergerak di bisnis agrikultur membudidayakan buah naga sehingga terkadang kita dapat dengan mudah menjumpai tanaman ini. 

Kembali ke topik, banyak yang tak sadar begitu dahsyatnya manfaat buah naga, berikut ini manfaat dari buah naga yang jarang diketahui oleh masyarakat; 
  1. Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker                                                    Kandungan vitamin kompleksnya direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
  2. Menjaga sel-sel kulit tetap terjaga,dengan kandungan vitamin C buah naga akan menjaga kondisi kulit kita tetap sehat dan kulitnya pun dapat digunakan sebagai bahan lulur.
  3. Menjaga stamina dan kesehatan karena vitamin dan kandungan antioksidannya.
  4. Mencegah penyakit pengapuran pada tulang (Osteoporosis) karena buah naga banyak mengandung kalsium organik.
  5. Berfungsi menurunkan kadar kolestrol karena kandungan B3 nya
  6. Membantu mengobati sakit batuk
  7. Membantu mengobati sakit asma, dan
  8. Mengatasi tekanan darah tinggi.
Beberapa manfaat lainnya kemungkinan dapat di temukan dari buah naga, jangan khawatir karena memang di Indonesia sudah banyak dan mudah di temui jika tiba musimnya, apakah anda termasuk pengemar buah naga? 
Tags:

Post a Comment

0Comments

Ayo Berikan Komentar Terbaikmu 👍🐱‍🏍

Post a Comment (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more
Ok, Go it!