Skip to main content

#Dahsyat, ini manfaat ampuh buah naga

                                                   

Hampir diseluruh nusantara buah naga dapat kita temui, pada saat musimnya tiba, di setiap pinggiran jalan baik diperkotaan maupun di pedesaan banyak pedagang yang menjajakan buah ini. Selain buahnya yang manis dan enak harganya pun relatif murah, buah naga dari berbagai penelitian menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Sebelum kita mengupas manfaat buah naga, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu buah yang satu ini. Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga hylocereus dan selenicereus. Asal buah naga yaitu dari negara Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dan dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia dan Indonesia. Buah naga juga dapat di temui di Okinawa, Israel, Australia Utara, dan Tiongkok Selatan. 
Ada beberapa buah naga menurut jenisnya adalah sebagai berikut; 
  • Hylocereus undatus : Kulit berwarna merah dengan daging buah didalamnya berwarna putih 
  • Hylocereus polyrhizus: Kulit buahnya berwarna merah muda dengan daging buah didalamnya berwarna merah
  • Selenicereus megalantus: Kulit buah kuning daging buah didalamnya berwarna putih
  • Hylocereus Costaricensis: Buah naga dengan warna buah yang sangat merah.
Tanaman buah naga terdiri dari akar, batang, duri, bunga, dan buah yang tumbuh mengglantung di bagian batang menyeruak. Tumbuhnya buah naga akan mulai tumbuh melalui akar yang masuk dalam golongan tanaman akar serabut, akar akan tumbuh di sepanjang batang pada bagian sirip disudut batang. Bila sudah memasuki masanya bagian ruas berduri akan tumbuh bunga yang nantinya akan menjadi buah naga. 

Kenapa tananman ini disebut buah naga, karena buah pada bagian luarnya (kulit) dianalogikan menyerupai sisik naga. Sedangkan proses budidaya buah naga tergolong mudah, umumnya penanaman dengan cara stek atau dengan penyemaian biji. Tanaman buah naga akan tumbuh subur bila di tanam dengan media porous ( tidak becek ), kaya akan unsur hara (nutrisi/makannan yang di perlukan tumbuhan), berpasir, cukup dengan sinar matahari antara 38°-40°C.


Tanaman buah naga jika di rawat dan dipelihara dengan baik pada usia 11-17 bulan akan mulai berbuah, sebenarnya di Indonesia sendiri budidaya buah naga belum begitu banyak, contoh beberapa daerah pembudidaya buah naga meliputi;

  1. Mojokerto
  2. Jember
  3. Malang
  4. Pasuruan
  5. Banyuwangi
  6. Ponorogo
  7. Wonogiri
  8. Kalibawang
  9. Kulonprogo
  10. Batam
  11. Bandung
Namun karena mungkin tanaman ini mudah tumbuh dan dapat dengan mudah menyesuaikan suhu di berbagai wilayah Indonesia, banyak para pengusaha yang bergerak di bisnis agrikultur membudidayakan buah naga sehingga terkadang kita dapat dengan mudah menjumpai tanaman ini. 

Kembali ke topik, banyak yang tak sadar begitu dahsyatnya manfaat buah naga, berikut ini manfaat dari buah naga yang jarang diketahui oleh masyarakat; 
  1. Buah naga merah membantu menyembuhkan penyakit kanker                                                    Kandungan vitamin kompleksnya direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.
  2. Menjaga sel-sel kulit tetap terjaga,dengan kandungan vitamin C buah naga akan menjaga kondisi kulit kita tetap sehat dan kulitnya pun dapat digunakan sebagai bahan lulur.
  3. Menjaga stamina dan kesehatan karena vitamin dan kandungan antioksidannya.
  4. Mencegah penyakit pengapuran pada tulang (Osteoporosis) karena buah naga banyak mengandung kalsium organik.
  5. Berfungsi menurunkan kadar kolestrol karena kandungan B3 nya
  6. Membantu mengobati sakit batuk
  7. Membantu mengobati sakit asma, dan
  8. Mengatasi tekanan darah tinggi.
Beberapa manfaat lainnya kemungkinan dapat di temukan dari buah naga, jangan khawatir karena memang di Indonesia sudah banyak dan mudah di temui jika tiba musimnya, apakah anda termasuk pengemar buah naga? 

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Kalimat Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Konnichiwa, apa kabar semuanya? hari ini kita akan sedikit mengulas tentang beberapa contoh kalimat dalam bahasa Jepang yang mungkin tergolong sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bagi teman-teman yang baru pertama kali mempelajari bahasa Jepang jangan khawatir karena untuk contoh kalimat dibawah ini masih tergolong kalimat sederhana, ok langsung saja mari kita coba pelajari kalimat dibawah ini; ใ‚คใ‚นใƒฉใƒ ๆ•™ใฏไธ€ๆ—ฅใซไบ”ๅ›žใŠ็ฅˆใ‚Šใ—ใพใ™  [Isuramukyo wa ichinichi ni gokai oinorishimasu]  =Agama Islam sembahyang 5 kali dalam sehari.                                                   ๆ—ฅๆœฌไบบใฏ้ญšใ‚’้ฃŸในใ‚‹ใฎใŒๅฅฝใใงใ™ [Nihonjin wa sakana wo taberunoga sukidesu]     =Orang Jepang suka makan ikan                                                                                                         ็งใฏใ‚ใชใŸใซใŠไผšใ„ใงใใฆๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™ [Watashi wa anata ni                oaidekiteureshikuomoimasu]  =Saya merasa senang dapat bertemu dengan Anda                             ็งใฏใƒ“ใƒผใƒซใฏ้ฃฒใฟใพใ›ใ‚“ใŒ、ใ‚ธใƒฅใƒผใ‚นใ‚’้ฃฒใฟใพใ™ [Watashi wa biru wa nomimasenga,

Mengungkapkan Kesan Saat Perpisahan Dalam Bahasa Jepang

Halo halo apa kabar semua selamat datang kembali di angintropis.com, hari ini saya akan shear tentang ungkapan simple bahasa Jepang yang bisa digunakan pada saat perpisahaan. Biasanya pada saat perpisahan kita ditunjuk untuk menyampaikan  kesan dan pesan ketika berada di tempat kerja tentang kondisi pengalaman kehidupan di sana.                                                                  Tentu saja kondisi masing masing pengalaman berbeda, untuk kali ini saya menggunakan kalimat yang biasa dan mungkin pas untuk digunakan untuk para pekerja, trainee di Jepang yang ingin kembali ke tanah air. Beda lagi jika ucapannya seperti berpidato sehingga memerlukan kalimat dan kosa kata yang banyak, namun ungkapan perpisahan dibawah ini hanya sekedar contoh simple saja, Anda semua tentu saja bisa menambahkan atau memodifikasi untuk menyesuaikan jika diperlukan. Berikut ungkapan kalimat dalam bahasa Jepang pada saat perpisahaan; Versi Hiragana, Kanji ; ใฟใ‚“ใชใ•ใ‚“、๏ผ‘ๅนด้–“ๅŒๅƒšใจใ—ใฆไธ€็ท’ใซไป•ไบ‹ใŒใงใใŸใ“ใจ、ๅฌ‰ใ—ใๆ€ใ„ใพใ™。ๅˆใ‚ใฆๆ—ฅๆœฌๆฅใŸ

Contoh Percakapan Bahasa Jepang Pada Saat Periksa Ke Dokter

Hallo semuanya! Jumpa lagi dengan angintropis.com, apakabar semua semoga di tengah kondisi dari pengaruh merebaknya pandemi Covid-19 ini teman-teman semua selalu diberi kesehatan dan keselamatan. Jangan lupa tetap menjaga kesehatan cuci tangan, pakai masker, dan tetap dirumah saja. Kali ini saya akan membagikan tentang contoh percakapan pada saat periksa ke dokter dengan bahasa Jepang.                                                                                                                                     Menyampaikan Gejala : ็—‡็Šถใ‚’ไผใˆใ‚‹:ใ—ใ‚‡ใ†ใ˜ใ‚‡ใ†ใ‚’ใคใŸใˆใ‚‹ : Shoujou wo tsutaeru Di Rumah Sakit            : ็—…้™ขใง   :ใณใ‚‡ใ†ใ„ใ‚“ใง      : Biyouin de Pemeran Percakapan ใƒชใƒŠ : Rina (Nama Orang) ๅ—ไป˜ : Uketsuke : Resepsionis ๅŒป่€… : Isha         : Dokter {็—…้™ขใฎ็ช“ๅฃใง}Byouin no madoguchide : Di Tempat pelayanan (resepsionis) Rumah Sakit                                                       ไผš่ฉฑ: Kaiwa  :Percakapan ใƒชใƒŠ :ใŠ้ก˜ใ„ใ—ใพใ™ : Onegaishimasu : Tolong ๅ—ไป˜ :ๅˆ่จบใงใ™ใ‹  : Shoshindesuka : Periksakah? ใƒชใƒŠ